Quantcast
NewsOperatorTelkomsel

Telkomsel Implementasikan Teknologi NB-IoT untuk Konsep Bike Sharing di Universitas Indonesia

Telkomsel dan Universitas Indonesia hari ini, Rabu (14/3), memamerkan implementasi teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) untuk konsep bike sharing. Menurut Telkomsel, langkah ini merupakan bagian dari usaha mereka untuk mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT di Indonesia.

Teknologi jaringan yang hemat daya

Telkomsel IoT UI Bike Sharing 1

Uji coba bike sharing merupakan bagian dari pengembangan teknologi NB-IoT untuk melengkapi teknologi IoT sebelumnya, sebagai kelanjutan dari inovasi platform FleetSight dan Connectivity Control Center Telkomsel.

“Uji coba hari ini menunjukkan bagaimana NB-IoT dapat digunakan untuk menghubungkan jutaan sensor yang mendukung produktivitas bisnis dan kualitas hidup,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel.

Sedikit membahas tentang NB-IoT, ini adalah teknologi telekomunikasi terbaru yang dirancang agar komunikasi antar mesin yang masif dengan coverage jaringan telekomunikasi yang luas dapat dilakukan secara efisien dan hemat daya.

Dalam acara temu pers yang digelar di UI, Depok, dijelaskan bahwa NB-IoT merupakan teknologi jaringan Low Power Wide Area (LPWA). Artinya, perangkat dapat beroperasi hingga bertahun-tahun tanpa pengisian daya ulang baterai sehingga sangat menghemat biaya.

Mudah untuk meminjam Spekun

Terkait implementasinya, teknologi tersebut menjadi penyempurnaan dalam pengembangan bike sharing generasi 4+. Bike sharing sendiri merupakan konsep layanan peminjaman sepeda dalam jangka waktu tertentu dari satu titik lokasi ke titik lokasi lainnya.

Dengan dukungan NB-IoT, mahasiswa UI dapat meminjam sepeda lewat aplikasi Spekun di smartphone Android. Caranya pun sangat mudah, cukup masuk ke aplikasi dan login (sementara khusus mahasiswa UI), scan QR-code yang ada pada sepeda, lalu smart lock yang mengunci sepeda ke dock parkir akan terbuka.

Telkomsel IoT UI Bike Sharing 2

Peminjam bisa menggunakan Spekun (Sepeda Kuning) tersebut selama jangka waktu tertentu. Setelah itu, sepeda dapat dikembali ke dock parkir manapun yang terdekat dengan tujuan mereka. Yang lebih menarik, lewat aplikasi ini pengguna dapat melacak ketersediaan jumlah Spekun yang ada di dock parkir sekitar mereka.

Hasil kolaborasi dengan Banopolis dan Huawei

Sistem bike sharing generasi 4+ ini merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Banopolis sebagai penyedia sistem dan Huawei sebagai penyedia infrastruktur jaringan dan teknologi NB-IoT.

Uji coba bike sharing di UI menggunakan teknologi radio akses NB-IoT yang sepenuhnya memenuhi standar 3GPP dan beroperasi pada frekuensi 900 MHz. Untuk tahap awal, Telkomsel bersama mitra mengimplementasikan solusi bike sharing di UI untuk tiga stasiun bike share, 20 sepeda, dan 40 tiang dock parkir.

Back to top button