Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Xiaomi Redmi 5 Plus: Layar Ekstra Lebar, Spesifikasi dan Harga Menarik di Kelasnya

Cek Harga

Xiaomi lagi-lagi memanaskan pasar smartphone murah di Indonesia dengan meluncurkan seri Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Keduanya menawarkan layar kekinian, spesifikasi yang menarik di kelasnya, dan pastinya harga yang terjangkau.

Seri yang akan saya bahas kali ini, Redmi 5 Plus, tampil lebih menggiurkan dengan layar ekstra besar. Penasaran seperti apa keunggulannya? Simak ulasan lengkapnya:

Dimensi lebar, desain khas Xiaomi

Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan smartphone dengan layar 5,99 inci. Dengan ukuran selebar ini, tak heran jika dimensi bodinya besar atau bisa juga dibilang bongsor. Meski begitu, berkat penggunaan aspect ratio 18:9 Bodi Redmi 5 Plus lebih memanjang ke atas dan bawah, bukan ke samping.

Dari segi desain, Redmi 5 Plus menyajikan tampilan yang sama persis dengan versi non-Plus. Perbedaannya hanya soal ukuran saja. Xiaomi masih mengandalkan desain khas mereka yang sangat familiar, terutama jika Anda melihat bagian belakangnya yang mirip dengan Redmi Note 4.

Secara keseluruhan, tidak ada terobosan desain yang signifikan selain bagian depannya yang kini didominasi nyaris seluruhnya oleh layar. Anda masih akan menemukan bodi bagian belakang yang melengkung di kiri dan kanan agar sesuai dengan kontur tangan, serta penempatan sensor sidik jari tepat di bawah kamera.

Ditambah dengan bezel yang tipis, smartphone ini masih nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. Bodinya sedikit licin karena bagian belakangnya menggunakan material metal (kecuali sisi atas dan bawahnya yang memakai plastik).

Jika Anda ingin merasakan genggaman yang lebih mantap, Anda bisa menambahkan casing sesuai selera. Untungnya bagi yang tak mau repot membeli lagi, Xiaomi sudah menyediakan jelly case yang bisa Anda pasang langsung karena sudah termasuk dalam paket penjualannya.

Sangat disayangkan Redmi 5 Plus hanya memiliki dua buah slot saja (tipe hybrid). Anda tetap bisa menyisipkan dua SIM-card sekaligus (micro-SIM dan nano-SIM), tapi konsekuensinya tidak bisa menambahkan microSD. Sebaliknya, jika ingin memasang microSD, Anda hanya bisa memakai satu nomor saja.

Layar memuaskan

Seperti disebutkan di atas, Redmi 5 Plus memiliki layar ekstra lebar IPS 5,99 inci dengan aspect ratio 18:9. Selain mampu menampilkan konten dengan lebih luas, nilai plus lainnya adalah resolusinya sudah Full HD+ alias 2160 x 1080 pixel.

Mengapa saya sebut nilai plus? Bukan cuma soal tajam, tapi dari sekian banyak smartphone di harga 2 jutaan rupiah, sangat jarang ada yang menawarkan layar 18:9 Full HD+. Biasanya, kebanyakan produk di harga segini (ada juga yang lebih mahal) masih dibekali resolusi HD+ saja.

 

Dengan penawaran seperti itu, menurut saya layar Redmi 5 Plus tergolong memuaskan untuk mendukung berbagai kegiatan, mulai dari browsing, multitasking, menonton video, hingga bermain game.

Tingkat kecerahannya juga cukup baik. Penggunaan di bawah sinar matahari masih nyaman dan tidak ada kendala sama sekali. Secara keseluruhan untuk level harganya, layar Redmi 5 Plus menurut saya sudah di atas rata-rata para pesaingnya.

Xiaomi juga tak lupa menambahkan fitur-fitur pendukung pada layar seperti Reading Mode untuk meminimalisir emisi cahaya biru, pengaturan tipe warna dan kontras, serta pengaturan ukuran teks.

Dari sektor audio, tidak ada sesuatu yang spesial yang ingin ditonjolkan oleh Redmi 5 Plus. Kualitas audionya cukup lantang dan jernih. Lumayan untuk menambah keasyikan saat bermain game.

MIUI 9 berbasis Android 7.1.2 Nougat

Xiaomi Redmi 5 Plus mengadopsi sistem operasi MIUI Global 9.2 berbasis Android 7.1.2 Nougat. Belum ada informasi kapan update ke Android 8.0 Oreo akan diterima perangkat ini.

Soal antarmukanya, tampilannya cukup bersih tanpa app drawer dan minim bloatware yang tidak penting. Anda hanya akan menemukan aplikasi standar Xiaomi seperti Mi Drop, Mi Remote, atau MIUI Forum.

Fitur-fitur menarik seperti Second Space tetap tersedia. Bagi yang belum tahu, fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat ruang yang terpisah dan rahasia untuk menyimpan file atau aplikasi apapun. Intinya, seperti memiliki dua smartphone.

Ada pula Dual Apps yang sesuai namanya berguna untuk membuat kloning dari aplikasi tertentu. Misalnya ketika Anda ingin menggunakan dua akun WhatsApp, Facebook, atau Instagram untuk keperluan yang berbeda.

Soal kinerjanya, MIUI 9 terasa cukup gesit dan ringan. Ada banyak kemajuan dibanding versi sebelumnya, contohnya soal manajemen RAM yang lebih baik.

Kamera lumayan di kelasnya

Beralih ke sektor fotografi, Redmi 5 Plus mengandalkan kamera 12 megapixel f/2.2 di belakang yang sudah didukung PDAF, HDR, pengenalan wajah, serta lampu flash ganda (dual-tone). Sementara untuk selfie, ada kamera 5 megapixel di depan.

Kamera belakang smartphone ini menurut saya cukup baik di kelasnya. Kinerjanya gegas di kondisi cahaya yang memadai, dan autofokusnya lumayan cepat saat mengunci titik fokus. Hasil jepretannya pun tergolong tajam meski terkadang di kondisi-kondisi tertentu, akurasi warnanya kurang terjaga.

Hasil Kamera Redmi 5 Plus (3)

Hasil Kamera Redmi 5 Plus (2)

Hasil Kamera Redmi 5 Plus (9)

Hasil Kamera Redmi 5 Plus (11)

Dynamic Range-nya pun tidak selalu memuaskan. Wajar, ini smartphone seharga 2,2 juta rupiah. Terlebih saat memotret di kondisi low light. Kamera sedikit melambat dan tangkapan gambarnya pun kurang tajam serta banyak noise di sana-sini. Untuk mendapatkan hasil yang lebih ideal, ada mode manual untuk mengatur White Balance dan ISO. Namun jika dibandingkan dengan para pesaingnya, kamera belakang Redmi 5 Plus masih layak diacungi jempol.

Hasil Kamera Redmi 5 Plus (5)

Lalu, bagaimana dengan kamera selfie-nya? Juga lumayan. Tidak terlalu spesial dan khas smartphone 2 jutaan. Menurut saya, masih mencukupi untuk sekadar mengabadikan momen sehari-hari lalu Anda pamerkan di media sosial.

Masih penasaran dengan hasil jepretan Xiaomi Redmi 5 Plus? Langsung saja menuju akun Flickr Yangcanggih.com di tautan berikut ini.

Performa apik, enak untuk main game

Biasanya untuk sektor performa, tak banyak yang bisa Anda harapkan dari smartphone seharga 2,2 juta rupiah. Umumnya, smartphone di level harga ini dibekali hardware yang pas-pasan dan kurang ideal untuk gaming.

Namun Xiaomi tahu betul resep yang paling jitu untuk meracik smartphone murah dengan spesifikasi mumpuni di kelasnya. Terbukti, Redmi 5 Plus menawarkan SoC Qualcomm Snapdragon 625 octa-core yang ditemani RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

(catatan: Xiaomi juga menyediakan varian Redmi 5 Plus dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB)

Memang jika melihat SoC-nya, Snapdragon 625 boleh dibilang sudah agak lama. Di saat beberapa produsen mulai beralih ke Snapdragon 630 yang lebih fresh dan GPU-nya lebih baru, Xiaomi masih setia dengan seri ini. Mungkin untuk menekan harga agar tetap murah?

Yang jelas, kombinasi yang disajikan Redmi 5 Plus sudah sangat memadai untuk melibas semua aplikasi standar sehari-hari. Untuk gaming pun masih enak. Saya mencoba menjalankan beberapa game populer seperti Tekken Mobile dan Arena of Valor. Keduanya berjalan mulus dan frame rate-nya stabil dengan catatan tidak di-set ke pengaturan grafis paling tinggi.

Secara keseluruhan, performa Redmi 5 Plus nampak amat menggiurkan dibanding para pesaingnya di harga setara. Berikut saya sajikan pula beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark:

Baterai cukup mantap

Xiaomi Redmi 5 Plus dibekali baterai dengan kapasitas yang besar, yakni 4000 mAh. Untuk smartphone dengan dimensi selebar ini, ukuran baterai tersebut terbilang wajar. Mungkin Xiaomi bisa saja menanamkan baterai yang lebih besar, tapi tentunya akan ada pertimbangan dari segi estetika desain.

Teorinya, dengan layar 5,99 inci dan resolusi Full HD+, smartphone ini butuh baterai yang mumpuni agar tidak mudah kehabisan bensin di tengah jalan. Untungnya dengan Snapdragon 625 yang efisien dan manajemen daya yang baik, baterai Redmi 5 Plus terbukti cukup mantap.

Saya menggunakan smartphone ini untuk beraktivitas seharian penuh sejak pagi hingga malam, dengan gaya pemakaian normal. Hasilnya, Redmi 5 Plus bisa menyala terus tanpa harus tergantung dengan power bank. Namun harus diingat, pastinya lain cerita jika Anda doyan main game. Untuk mengisi ulang daya, dari kondisi di bawah 10 persen butuh waktu sekitar 2 jam agar bisa penuh ke 100 persen menggunakan charger bawaan.

Untuk lebih menggambarkan performa baterai Redmi 5 Plus, simak hasil pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark berikut ini:

Kesimpulan

Banyak yang berpendapat bahwa kedatangan Xiaomi ke Indonesia bisa mengacaukan standar harga smartphone Android yang sudah ada, khususnya di level menengah ke bawah (karena sejauh ini Xiaomi belum membawa produk flagship mereka ke Tanah Air).

Pasalnya, dari beberapa produk yang mereka bawa belakangan ini, semuanya selalu menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding para pesaingnya di level harga yang sama. Dan bukan cuma soal hardware di atas kertas, tapi dari segi pengalaman penggunaan pun cukup baik.

Redmi 5 Plus ini hanyalah bukti lain yang mendukung opini tersebut. Harus saya akui, komposisi yang disajikannya memang nampak menggiurkan. Anda mungkin mudah saja untuk menemukan smartphone dari brand lain dengan spesifikasi yang mirip seperti ini, tapi pastinya sulit untuk mencari yang harganya tidak lebih mahal dari Redmi 5 Plus.

Dibanderol mulai dari Rp2.199.000, Redmi 5 Plus cocok untuk Anda yang membutuhkan smartphone terjangkau berlayar lebar dengan spesifikasi mumpuni untuk mendukung berbagai kebutuhan. Intinya, ini adalah opsi yang amat menarik untuk Anda yang punya budget terbatas tapi ingin punya smartphone bagus.

Namun sayangnya, kendala yang mungkin akan Anda hadapi untuk bisa membelinya dengan ‘harga normal’ adalah harus adu cepat dengan calon pembeli lain saat Xiaomi menggelar flash sale. Semoga di flash sale selanjutnya stok yang disediakan jauh lebih banyak ya, Xiaomi?!

Yang Canggih:

  • Layar lebar dengan aspect ratio 18:9
  • Resolusi sudah Full HD+
  • Performa bagus di kelasnya, cocok untuk gaming
  • Kamera cukup baik di kondisi cahaya memadai
  • Baterai besar dan tahan lama
  • Harga amat menarik

Yang Kurang:

  • Dimensi cukup bongsor
  • Slot hybrid (microSD harus berbagi tempat dengan SIM-2)
  • Akan lebih menarik jika OS sudah Oreo (atau minimal sudah ada kepastian jadwal update)
  • Stok terbatas dan sulit untuk bersaing di flash sale
Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus
Layar 5,99 inci 18:9 Full HD+
SoC Qualcomm Snapdragon 625
RAM 3 GB atau 4 GB
Memori internal 32 GB atau 64 GB
Baterai 4000 mAh
Sistem operasi Android 7.1.2 Nougat (MIUI 9)
Kamera belakang 12 megapixel f/2.2 dengan PDAF dan dual-tone flash
Kamera depan 5 megapixel
Konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.2, microUSB, A-GPS, GLONASS, Infrared
Fitur Sensor sidik jari
Dimensi 158.5 x 75.5 x 8.1 mm (berat 180 gram)
Xiaomi Redmi 5 Plus
Untuk produk seharga mulai dari 2,2 juta rupiah, ini adalah smartphone dengan penawaran yang menggiurkan
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close