KomputerLaptopReview

Review Asus Vivobook S14 S410, Laptop 14 Inci Ringan dalam Bodi 13 Inci

Sejak beberapa bukan terakhir, Asus memperkenalkan sebuah desain baru untuk laptopnya yang disebut NanoEdge. Desain tersebut membuat layar pada laptop memiliki bezel yang tipis sehingga membuat bodi laptip menjadi lebih ringkas.

Kali ini, kami akan membahas sebuah laptop Asus yang menggunakan desain tersebut yaitu Asus Vivobook S14 S410. Selain desain NanoEdge dan bodi yang ringkas, laptop ini juga memiliki spesifikasi yang menarik.

Layar 14 Inci dalam Bodi 13 Inci

Asus Vivobook S14 S410 memiliki layar 14 inci dengan resolusi Full HD. Karena memiliki bezel NanoEdge, maka ukuran total layarnya menjadi lebih kecil daripada laptop 14 inci umumnya. Jadi, walaupun memiliki layar 14 inci, tapi ukuran bodi keseluruhannya kira-kira mirip dengan sebuah laptop berlayar 13 inci.

Bodi laptop ini memiliki kualitas yang oke. Walaupun bodinya masih menggunakan bahan plastik di seluruh bagiannya, namun plastik yang digunakan termasuk berkualitas karena terasa kokoh. Beberapa bagian yang penting seperti belakang layar dan area keyboard juga terasa kokoh dan minim flexing.

Area keyboard juga memiliki kualitas yang bagus. Walaupun memiliki bodi yang kompak, tapi ukuran tombol keyboardnya terasa normal sehingga Anda tidak akan kesulitan atau merasa sempit. Keyboardnya juga memiliki backlight untuk membantu saat mengetik di suasana gelap. Di area trackpad juga terdapat sebuah fingerprint scanner yang kompatibel dengan Windows Hello.

Penyimpanan Kombinasi SSD dan HDD

Asus Vivobook S14 S410 memiliki spesifikasi yang menarik. Laptop ini diposisikan sebagai sebuah laptop mainstream yang bertenaga dengan menggunakan prosesor Intel generasi 8 yaitu Core i5 8250U. Selain itu laptop ini juga memiliki RAM 8GB dan kartu grafis Nvidia GeForce MX150.

Yang menarik, Asus memberikan 2 penyimpanan di laptop ini yaitu SSD M.2 sebesar 128GB dan HDD sebesar 1TB. SSD yang berkapasitas 128GB digunakan untuk menampung sistem operasi Windows 10 agar proses loading dapat berjalan lebih cepat. Sedangkan HDD berkapasitas 1TB dapat digunakan untuk menampung seluruh file Anda.

Bermodalkan prosesor generasi terbaru dari Intel, Asus Vivobook S14 S410 memiliki kinerja yang oke. Gambaran kinerjanya bisa Anda lihat pada hasil benchmark di bawah ini.

Penggunaan SSD sangat membantu untuk membuat laptop ini bekerja semakin cepat. Selain itu, performa GeForce MX150 juga cukup lumayan untuk bermain game. Beberapa game populer seperti CS:GO, DOTA2, Overwatch, dan League of Legends dapat dijalankan dengan baik dan lancar di setting medium.

Baterai dengan Teknologi FastChaging dan SuperBattery

Asus Vivobook S14 S410 memiliki baterai berkapasitas 42WHr, kapasitas yang cukup lumayan. Dalam penggunaan sehari-hari, laptop ini dapat digunakan hingga 6 jam. Namun jika Anda menggunakan laptop ini secara intensif, maka daya tahan baterainya menjadi sekitar 3-4 jam saja dan akan menjadi lebih boros lagi ketika Anda menggunakannya untuk bermain game.

Untungnya Asus memberikan fitur menarik yaitu FastCharging. Fitur tersebut dapat mengisi baterai laptop dengan cepat hingga 60% dalam waktu 49 menit. Kemudian ada juga teknologi SuperBattery yang dapat merawat kondisi baterai hingga 3 kali lipat lebih lama sehingga tidak cepat rusak.

Kesimpulan

Asus Vivobook S14 S410 mengemas sebuah performa yang menarik dalam desain bodi yang ringkas dan berkualitas. Jika Anda mencari sebuah laptop dengan desain bodi yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana untuk mendampingi aktivitas Anda serta membutuhkan performa yang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan, maka laptop ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik.

Ditambah lagi, Asus Vivobook S14 S410 juga telah memiliki sistem operasi Windows 10 di dalamnya. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli sistem operasi tambahan.

Yang Canggih:
+ Bodi ramping yang mampu menampung layar 14 inci di dalam bodi 13 inci
+ Teknologi NanoEdge membuat tampilan bezel layarnya tipis
+ Spesifikasi memadai untuk berbagai kebutuhan dengan menggunakan prosesor Core i5 generasi 8
+ Media simpan SSD 128GB memiliki performa yang bagus dan ditambah HDD 1TB untuk menyimpan berbagai file
+ Telah terinstall Windows 10 sebagai standar
+ Memiliki fingerprint scanner yang juga kompatibel dengan Windows Hello sehingga lebih aman

Yang Kurang:
– Daya tahan baterai hanya sekitar 6 jam, seharusnya bisa lebih lama lagi
– Masih menggunakan bahan plastik di seluruh bodinya

Spesifikasi Asus Vivobook S14 S410
Prosesor Intel Core i5 8250U
RAM DDR4 8GB
Penyimpanan SSD 128GB + HDD 1TB
Kartu grafis Nvidia GeForce MX150
Layar 14 inci Full HD
Konektivitas 1xaudio jack, 1xUSB 3.1 Type C, 1xUSB 3.0 Type A, 2xUSB 2.0, 1xHDMI, WiFi, Bluetooth 4.2, card reader
Sistem operasi Windows 10
Dimensi 326,4×225,5×18,75mm
Berat 1,3kg
Asus Vivobook S14 S410

Komentar

Beri komentar

Close