Google Lens Akhirnya Meluncur untuk Semua Smartphone Android Lewat Google Photos

Google akhirnya meluncurkan Google Lens ke semua smartphone Android yang memiliki aplikasi Google Photos. Bagi yang belum tahu, teknologi berbasis kecerdasan buatan ini menghadirkan kecerdasan buatan pada kamera.

svg%3E

Seperti diketahui, Google Lens pertama kali diperkenalkan tahun lalu pada ajang Google I/O 2017. Sebelumnya Google hanya merilis Lens untuk jajaran smartphone Pixel.

Dikutip dari Ubergizmo, Rabu (7/3), Google Lens memungkinkan pengguna mengarahkan kamera pada perangkat mereka ke sebuah obyek untuk mendapatkan informasi terkait secara real-time. Algoritmanya yang berbasis A.I. dapat mengenali berbagai obyek dari seluruh dunia.

svg%3E

Yang lebih menarik, Google Lens juga dapat digunakan untuk menyimpan informasi dari kartu nama, poster, dan yang lainnya. Misalnya untuk menelepon nomor yang terpajang di kartu nama seseorang secara langsung.

Berbagai tempat atau bangunan pun bisa diidentifikasi. Selain itu, pengguna dapat pula menelusuri informasi langsung dengan mengarahkan kamera ke sampul buku, poster film, lukisan, dan sebagainya.

Saat ini Google Lens sedang dirilis secara bertahap ke berbagai smartphone Android yang memiliki aplikasi Google Photos. Beberapa perangkat juga bisa menikmati fitur ini melalui Google Assistant, misalnya lini flagship garapan Samsung, Sony, Huawei, dan yang lainnya.

Verified by MonsterInsights