Aksesoris Foto & VideoAksesoris KomputerFoto & VideoKomputerReview

Review Canon Selphy CP1300: Desain Ringkas, Hasil Cetak Foto Memuaskan

Fitur cukup lengkap bisa cetak foto beragam ukuran

Melengkapi ekosistem pencitraan digitalnya, Canon meluncurkan Selphy CP1300. Ini adalah printer khusus untuk mencetak foto yang akan mempermudah Anda mencetak foto berbagai ukuran kapan saja tanpa perlu repot datang ke lab foto.

Desain hemat tempat

Canon Selphy CP1300 hadir dengan desain yang sangat ringkas. Jadi tidak akan menyita banyak tempat di meja Anda dan masih ideal untuk diajak bermobilitas. Agar semakin portabel dan bisa diajak berpergian bahkan printer ini juga hadir dengan aksesoris khusus berupa baterai yang dijual terpisah.

Untuk mencetak Canon Selphy CP1300 dilengkapi dengan kaset tinta. Kaset tintanya bisa diakses dengan membuka panel penutup yang ada di samping kanan bodinya.

Melepas pasang kaset tintanya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menekan tuas Eject, kemudian secara otomatis kaset tintanya akan keluar dengan sendirinya dan siap untuk diganti.

Sementara untuk kertasnya, Canon Selphy CP1300 dilengkapi dengan kertas cetak khusus. Perlu dicatat tempat penampungan kertasnya hanya bisa menampung hingga maksimum 18 lembar kertas foto.

Untuk mempermudah pengguna, Canon melengkapi printer ini dengan layar berukuran 3.2 inci. Layarnya bisa dimiringkan ke atas menyesuaikan kebutuhan pengguna. Sayangnya, layarnya tersebut belum dilengkapi dengan fitur sentuhan.

Jadi, untuk mengakses semua menu dan opsi pengaturan di printer ini Anda harus mengandalkan tombol navigasi yang tersedia. Tombol navigasi yang dibawanya cukup nyaman untuk ditekan namun agak berisik saat ditekan. Absennya fitur sentuhan di layarnya memang membuat navigasi agak cukup merepotkan, tapi untunglah antarmukanya mudah dipahami dan digunakan.

Bisa cetak dari media apa saja

Satu nilai positif dari Canon Selphy CP1300 adalah kemampuannya mencetak dari media apa saja. Anda tidak perlu selalu menghubungkannya ke komputer lewat kabel USB.

Dengan dukungan konektivitas WiFi, Canon Selphy CP1300 bisa mencetak semua foto yang ada di memori internal smartphone atau tablet. Proses pairing ke smartphone pun sangat cepat dan mudah.

Untuk mencetak dari smartphone atau tablet, sebelum memulai mencetak Anda wajib mengunduh aplikasi mobile Canon Print Inkjet/SELPHY yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Untuk pengguna iOS, Canon Selphy CP1300 juga telah mendukung fitur Apple AirPrint.

Selain bisa mencetak secara nirkabel, Anda pun bisa langsung mencetak semua foto yang tersimpan di kartu memori SD. Anda hanya perlu menyisipkan kartu memori SD ke slot kartu SD yang tersedia di bagian depan bodinya. Atau, bisa juga mencetak foto yang tersimpan di flashdisk lewat port USB yang ada di samping kiri bodi.

Kemudian, pemilihan foto bisa dilakukan dengan cara melihat langsung di layarnya. Untuk mempercepat pencarian foto Canon juga melengkapinya dengan fitur pencarian berdasarkan tanggal pengambilan foto.

Ukuran cetak variatif, opsi pengaturan lengkap

Selain bisa mencetak dari media apa saja, Canon Selphy CP1300 juga semakin menarik karena bisa mencetak berbagai ukuran cetak foto.

Jika Anda mencetak dari kartu memori SD atau flashdisk, printer ini bisa mencetak foto dari ukuran pas foto hingga maksimum 4R. Bahkan Anda bisa mengatur layaout dan membuat kolase foto yang sangat menarik.

Opsi ukuran cetak yang didukungnya antara lain:
– 4R (kartu pos). Dalam 1 lembar ukuran 4R dapat diatur hingga 8 gambar yang sama atau berbeda.
– ID Photo atau Pas Foto, dengan 3 fitur pilihan yaitu Standard (ukuran untuk passport 45x35mm), Dual (2 ukuran pas foto dalam 1 lembar kertas 4R), Custom (mulai dari ukuran 25x20mm hingga 90x60mm).
– Layout terbaru berukuran 2×6 inci (2 set untuk 4 gambar dalam area 2×6 inci), memberikan keceriaan layaknya mencetak foto di photo box atau kios foto.
– Layout terbaru 2-up fixed size print. Fitur memudahkan pencetakan foto dengan ukuran mendekati ukuran kartu kredit, dimana dalam 1 lembar 4R akan tercetak 2 foto yang sama atau berbeda.

Hasil akhir cetakan foto dengan printer ini juga bisa dipilih mulai dari cetak glossy atau mengilap, dan hasil cetak doff dengan pilihan pattern 1, pattern 2 dan pattern 3. Tersedia juga beragam opsi pengaturan sederhana seperti crop, brightness, smooth Skin, dan pemilihan output warna (Vivid / Neutral / Positive Film / Sepia / B/W / Off) dan Red-eye Correction.

Satu fitur baru yang bisa ditemukan di SELPHY CP1300 adalah fitur Wi-Fi Shuffle Print. Berkat fitur ini SELPHY CP1300 bisa terhubung hingga ke delapan perangkat pintar secara bersamaan melalui koneksi Wi-Fi. Foto yang diterima dari perangkat yang berbeda-beda tersebut kemudian dapat dikombinasikan menjadi kolase unik dalam satu foto.

Cetak foto cepat, hasil cetak memuaskan

Canon Selphy CP1300 mengusung teknologi cetak dye-sublimation yang diklaim mampu menghasilkan cetakan yang setara dengan kualitas cetakan di lab foto. Printer ini juga bisa mencetak foto dengan relatif singkat.

Untuk mencetak satu foto dari saat mulai printer ini menarik kertas foto hingga selesai dari pengujian kami mencatatkan waktu sekitar 47 detik.

Hasil cetakannya pun tergolong memuaskan dengan kualitas cetak yang terlihat tajam dan cukup detil dengan warna yang cemerlang. Menariknya, setiap hasil cetakan fotonya ini akan langsung terlindung dengan lapisan khusus. Lapisan ini berguna untuk menjaga warna cetakan agar tetap cemerlang dan melindunginya dari debu, sidik jari dan air. Dikatakan Canon, lapisan pelindungnya ini mampu bertahan hingga 100 tahun (merupakan angka perkiraan dengan penyimpanan, kelembapan dan suhu optimal).

Kesimpulan

Canon Selphy CP1300 adalah printer foto berdesain ringkas yang sangat menyenangkan untuk dipakai mencetak foto. Pasalnya, selain mudah digunakan printer ini juga telah membawa fitur yang cukup lengkap dan mampu mencetak foto dengan beragam format ukuran. Hasil cetakannya pun tergolong memuaskan.

Canon Selphy Printer CP1300 yang dijual dengan harga Rp 1.760.000 ini bisa menjadi opsi yang menarik untuk pengguna yang masih ingin menyimpan memori dalam wujud cetakan foto. Atau, bisa juga dijadikan pilihan untuk Anda yang memulai bisnis Photo booth untuk acara skala kecil.

Yang Canggih:
+ Mudah digunakan
+ Hasil cetak foto tajam dengan warna yang cemerlang
+ Dilengkapi WiFi
+ Bisa cetak dari media apa saja
+ Opsi ukuran cetak banyak

Yang Kurang:
– Tombol navigasi cukup berisik saat ditekan
– Layar belum dilengkapi dengan fitur sentuhan
– Aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY minim fitur
– Mencetak dari smartphone atau tablet secara nirkabel tidak bisa memilih opsi ukuran cetak

Canon Selphy CP1300
Selain mudah digunakan printer ini juga telah membawa fitur yang cukup lengkap dan mampu mencetak foto dengan beragam format ukuran.

Komentar

Beri komentar

Close