RasPad, Tablet Berbasis Raspberry Pi dengan Aplikasi Programming Berbasis GUI

Raspberry Pi merupakan sebuah perangkat yang menarik karena bisa digunakan untuk berbagai proyek-proyek menarik seperti IoT dan masih banyak lagi. Tapi penggunaannya juga cukup sulit karena membutuhkan banyak perangkat pendukung tambahan tergantung perangkat yang Anda buat.

SunFounder Maker Education merilis sebuah tablet unik berbasis Raspberry Pi yaitu RasPad. Perangkat ini adalah sebuah tablet yang menggunakan motherboard Raspberry Pi dan sudah dilengkapi dengan berbagai perangkat pendukung seperti layar touchscreen 10,1 inci, speaker stereo, dan beberapa port pendukung.

SunFounder Maker Education membuat RasPad ini sebagai sebuah perangkat untuk belajar dan membuat berbagai proyek menarik untuk pemula. Untuk mendukung pemula dalam mempelajari Raspberry Pi, RasPad memiliki GUI dan beberapa aplikasi programming yang berbasis visual.

svg%3E

svg%3E

Selain itu RasPad juga memiliki bundel sensor-sensor tambahan untuk mendukung proyek Anda. Walaupun sudah berbentuk tablet, Anda masih tetap bisa menambahan perangkat-perangkat tambahan untuk RasPad melalui port GPIO yang ada di dalam tablet. Cukup buka bagian belakangnya untuk mengakses bagian dalamnya. Bagi pengguna yang sudah mahir, motherboard Raspberry Pi yang ada pun dapat dilepas dan diganti dengan perangkat lain seperti Arduino.

Seperti Raspberry Pi biasa, RasPad juga fleksibel dalam urusan aplikasi dan sistem operasi. Tersedia banyak sistem operasi yang didesain khusus untuk Raspberry Pi termasuk juga Android. Dan bukan hanya untuk belajar, RasPad juga bisa digunakan untuk hiburan dan bermain game, tergantung sistem operasi yang digunakan.

SunFounder Maker Education saat ini tengah mengadakan crowdsourcing untuk RasPad ini di Kickstarter. Sebuah perangkat RasPad dijual dengan harga mulai dari US$189 atau sekitar juta rupiah. Ada juga paket lain yang telah dilengkapi dengan bundel aksesoris dan sensor tambahan sepert lengan robotik. Informasi lebih lengkap bisa Anda lihat di tautan ini.