Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Tertarik dengan Oppo A83? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Oppo sudah meluncurkan A83 di Indonesia sebagai opsi untuk menikmati beberapa fitur yang mirip dengan Oppo F5, tapi dengan harga lebih terjangkau. Inilah yang membuat A83 bisa menjadi pilihan yang menarik untuk Anda para penggemar selfie.

Kami sendiri sudah sempat mengulas tuntas smartphone ini di dalam sebuah artikel review. Namun apabila Anda masih ragu untuk meminangnya, berikut kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari Oppo A83:

Yang Canggih:

1. Kamera selfie dengan A.I. Beauty

Oppo A83 2

Seperti disebutkan diatas, Oppo A83 hadir dengan beberapa fitur yang sebelumnya lebih dulu ditanamkan pada seri F5. Salah satunya adalah A.I. Beauty. Teknologi pendukung kamera selfie ini secara cerdas akan akan mengenali jenis kulit, warna, jenis kelamin, usia, serta kondisi cahaya ketika memotret.

Tak hanya itu, ia juga dapat memindai lebih dari 200 titik wajah dan mengenali setiap keunikan detail wajah. Jika dibandingkan dengan F5 Youth yang dibekali kamera 16 megapixel, Oppo A83 memang masih di bawahnya karena hanya mengandalkan kamera 8 megapixel f/2.2.

Namun dengan bantuan A.I. Beauty, kamera depan Oppo A83 mampu menghasilkan foto selfie yang baik di kelasnya, serta amat layak untuk Anda pamerkan di media sosial.

2. Face Unlock

Oppo F5 Facial Unlock

Fitur Oppo A83 lainnya yang mirip dengan F5 adalah Face Unlock. Fitur ini hadir sebagai opsi sistem keamanan yang memungkinkan Anda membuka kunci hanya dengan mengarahkan kamera depan ke wajah. Yang menarik, fitur ini dapat bekerja dengan akurat dan cepat, meski Anda menggunakannya di kondisi cahaya yang agak temaram.

3. Layar FullScreen 18:9

Ya, lagi-lagi fitur Oppo F5 yang ditanamkan pada A83. Berbekal layar FullScreen 5,7 inci 18:9 HD+, Anda bisa menikmati konten dengan lebih leluasa termasuk ketika melakukan multitasking misalnya membuka dua aplikasi sekaligus di satu layar.

Oppo A83 2 1

Walaupun resolusinya belum Full HD+, layar Oppo A83 tetap terlihat tajam dan kaya warna. Kontras dan tingkat kecerahannya amat baik. Hasilnya, Anda tidak akan mengalami masalah ketika memandangnnya di bawah sinar matahari. Saat malam hari, Anda pun bisa mengaktifkan fitur Night Shield untuk meminimalisir dampak cahaya biru.

4. Performa mumpuni di kelasnya

Ini termasuk sektor yang paling kami sukai dari Oppo A83. Meski harganya jauh lebih murah, Oppo tetap membenamkan SoC yang sama dengan yang mereka gunakan di seri F5, yakni MediaTek Helio P23. Didampingi RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, performanya sudah mencukupi untuk mendukung kegiatan sehari-hari, bahkan untuk urusan gaming.

Oppo A83 Game Acceleration

Kami sudah mencoba berbagai game, termasuk yang populer seperti Arena of Valor. Hasilnya, game berjalan mulus tanpa banyak lag. Anda juga bisa memanfaatkan fitur Game Acceleration jika ingin menikmati game tanpa gangguan. Yang lebih menarik, hasil benchmark Oppo A83 ternyata mampu mengungguli Oppo F5 Youth yang lebih mahal!

5. Baterai tahan lama

Dengan kapasitas baterai 3180 mAh dan resolusi layar hanya HD+, Oppo A83 mampu memberikan daya tahan yang tergolong lama. Saat kami memakainya dengan gaya pemakaian normal, smartphone ini bisa menyala sejak pagi hingga malam hari. Terbukti, manajemen daya Oppo A83 memang cukup baik.

6. Desain ramping dan menawan

Oppo A83

Sepertinya keunggulan yang satu ini tak perlu dijelaskan panjang lebar. Oppo memang dikenal cukup jago menyajikan smartphone dengan desain menawan, termasuk untuk seri menengah ke bawahnya!

Yang Kurang:

1. Tidak ada sensor sidik jari

Meski Oppo menyediakan Face Unlock, keberadaan sensor sidik jari memang sulit tergantikan. Ada kondisi saat Face Unlock tidak dapat bekerja dengan baik, misalnya ketika berada di tempat gelap. Cukup disayangkan memang, dengan harga Rp2.999.000, smartphone ini belum memiliki fitur yang sebenarnya cukup standar di kelasnya.

Oppo A83 4

2. Posisi speaker yang kurang ideal

Satu lagi kekurangan Oppo A83, posisi speakernya kurang ideal dan sering tertutup jari sendiri. Apalagi, ketika Anda sedang bermain game. Solusinya mudah. Pasang headset!

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda temukan di Oppo A83. Jika Anda merasa kekurangannya tidak terlalu signifikan, tentunya smartphone ini adalah pilihan yang amat menarik di level harganya. Apalagi, banyak kemampuan Oppo F5 yang diturunkan ke A83.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda memantapkan hati untuk membeli Oppo A83!

Back to top button