KomputerLaptop GamingReview

Review Dell Inspiron 15 7577: Laptop Gaming dengan Layar IPS 4K dan GTX 1060 Max-Q

Cek harga

Dell punya jagoan baru untuk menggaet hati para gamer PC di Indonesia. Produk bernama Inspiron 15 7577 yang merupakan versi upgrade dari generasi sebelumnya ini menawarkan performa lebih tinggi.

Dibanding pendahulunya, peningkatan paling menonjol yang disajikan adalah kartu grafis GTX 1060 6GB DDR5 Max-Q. Penasaran seperti apa kinerjanya untuk menjalankan game-game terkini? Simak ulasan kami:

Desain keren, tapi bongsor dan berat

Dell Inspiron 15 7577 adalah laptop gaming berlayar 15,6 inci. Bodinya menggunakan bahan magnesium alloy yang tangguh dengan finishing matte black yang keren. Yang juga penting, laptop ini tidak mudah kotor oleh sidik jari.

Secara desain Dell meracik Inspiron 15 7577 dengan tampilan yang tidak terlalu ‘gaming banget’. Ada kesederhanaan yang sekaligus menimbulkan kesan premium. Artinya, ketika Anda membawa laptop ini untuk kerja pun masih oke.

Walaupun demikian, Dell tetap ingin sedikit menonjolkan nuansa gaming terutama lewat desain lubang ventilasi baru yang besar di bagian belakang dan depan bodinya. Konsep satu engselnya memberikan jarak antara layar dengan ventilasi untuk pengeluaran hawa panas.

Yang pasti, Dell Inspiron 15 7577 merupakan perangkat yang besar. Dimensinya 24.95 x 389 x 274.7mm. Ukuran yang bongsor untuk sebuah laptop berlayar 15,6 inci. Sedangkan bobotnya mulai dari 2,85 Kg.

Ya, membawanya di dalam tas cukup merepotkan dan tentunya akan membuat bahu Anda cepat pegal. Padahal, referensi desain Max-Q adalah untuk menciptakan laptop gaming dengan performa yang lebih efisien dan bodi yang ramping. Tapi dengan bodi yang besar ini, Dell dapat menyisipkan kipas dan ventilasi yang mumpuni agar sistem pendingingan berjalan dengan maksimal.

Soal ketersediaan port dan slot, laptop ini tergolong komplit. Anda akan menemukan 1 port HDMI 2.0, 3 port USB 3.1 Gen 1 Type-A, 1 port Thunderbolt 3, slot SD card reader, slot Noble Lock, ethernet, dan audio combo 3.5mm.

Selain itu, Inspiron 15 7577 juga didukung WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.2. Di atas layar, Anda akan menemukan webcam widescreen 720p lengkap dengan Dual Array Digital Microphone.

Satu hal yang mungkin tidak akan Anda temukan di seri Inspiron Gaming sebelumnya, Dell kali ini menggandakan fungsi tombol Power dengan menambahkan sensor sidik jari. Letaknya ada di kanan atas keyboard.

Layar 4K yang tajam dan memanjakan mata

Dell menyediakan Inspiron 15 7577 dengan dua opsi resolusi layar, yakni Full HD dan UHD alias 4K. Versi yang kami review adalah yang 4K. Mengusung teknologi IPS, layar laptop ini terlihat sangat tajam dan keluaran warnanya juga memukau.

Dengan kontras yang tinggi, layar Inspiron 15 7577 sangat cocok untuk menikmati konten-konten multimedia seperti film, atau untuk meng-edit foto. Menariknya lagi, Dell menambahkan panel anti-glare agar layar tersebut lebih nyaman dipandang di kondisi apapun.

Apakah layar tersebut sudah mendukung sentuhan? Tidak. Sejauh informasi yang kami gali dari website resmi Dell, tidak ada seri Inspiron Gaming yang menggunakan teknologi layar sentuh.

Sedikit membahas resolusinya, layar 4K memang mampu menampilkan konten dengan super tajam. Namun menurut kami, karena sebagian besar dari Anda yang ingin membeli Inspiron 15 7577 pastinya ingin menggunakannya untuk bermain game, opsi resolusi Full HD bisa saji terlihat lebih menarik.

Pasalnya, GTX 1060 Max-Q yang dibenamkan rasanya kurang bertenaga untuk menjalankan game-game AAA masa kini di resolusi 4K. Apalagi dengan setting grafis medium ke atas. Selain itu, varian layar Full HD tentunya dibanderol lebih murah.

Lalu bagaimana dengan kualitas audionya? Dell menempatkan dua speaker di kiri dan kanan tepat di bawah keyboard. Kedua speaker ini menghadap ke depan, dan performa audionya didukung Waves MaxxAudio Pro. Hasilnya, suara yang dikeluarkan juga cukup bagus dan menggelegar.

Keyboard kurang oke

Dell Inspiron 15 7577 menggunakan keyboard fullsize bergaya chiclet lengkap dengan numeric pad. Keyboard ini sudah spill-resistant, yang artinya Anda tidak perlu khawatir jika ketumpahan air. Untuk memudahkan mengetik dalam gelap, Dell tak lupa menyediakan lampu backlit.

Sayangnya, keyboard dari laptop gaming ini menurut kami terasa terlalu datar (atau dangkal?) dan feedback-nya tidak mantap. Untuk mengetik khususnya di kecepatan tinggi bagi kami kurang nyaman. Untungnya jarak antar tombol cukup lebar dan mengurangi kemungkinan typo.

Di bawah keyboard, Anda akan menemukan touchpad yang ukurannya lumayan lebar. Teksturnya smooth dan enak ketika bersentuhan dengan jari.

Sanggup jalankan game-game terkini

Masuk ke sektor hardware pendukung performa, sebagai laptop gaming tentunya Dell tak main-main dalam meracik spesifikasi Inspiron 15 7577. Anda masih akan menemukan prosesor Intel Core i7-7700HQ yang pastinya tidak perlu diragukan lagi kemampuannya.

Sama seperti pendahulunya, Anda bisa menyisipkan RAM DDR4 hingga 32 GB. Untuk storage, versi yang kami review sudah dibekali SSD PCIe berkapasitas 512GB dan HDD 1TB. Dan yang paling membuatnya berbeda dibanding seri sebelumnya adalah kartu grafis Nvidia GTX 1060 6GB GDDR5 Max-Q.

Kombinasi seperti ini tentunya sudah cukup memadai untuk menjalankan game-game AAA terkini. Berikut beberapa game yang kami coba:

– Assassin’s Creed: Origins

Assassin’s Creed: Origins tergolong game AAA yang berat. Dengan hardware yang dimilikinya, laptop gaming ini bisa menjalankannya dengan cukup baik. Kami menggunakan setting grafis High di resolusi Full HD. Skor yang kami dapat seperti di bawah ini:

– Pro Evolution Soccer 2018

Game sepak bola paling populer ini sangat lancar dimainkan di Dell Inspiron 15 7577. Anda bisa mengatur ke setting grafis paling maksimal, dan terbukti game berjalan amat stabil. Sayangnya, frame rate-nya dikunci di 60fps,

– PlayerUnknown’s Battlegrounds

Tak lengkap rasanya jika tidak mencoba game yang bisa dibilang salah satu yang paling populer di dunia saat ini. Kami menjalankan PUBG di setting High (resolusi Full HD), hasilnya frame rate yang kami dapat berada di kisaran 60 hingga 70an fps. Di kondisi scene yang berat, terkadang frame rate-nya turun ke 40-50an fps. Masih playable!

– Rainbox Six: Siege

Game kompetitif ini masih ramai dimainkan meski sudah dirilis beberapa tahun yang lalu. Grafisnya pun terlihat memukau dan memang menuntut hardware yang lumayan. Di Dell Inspiron 15 7577, kami dapat menjalankan Rainbow Six: Siege di setting Ultra dengan hasil benchmark yang mantap seperti di bawah ini:

Secara keseluruhan, performa Dell Inspiron 15 7577 cukup memuaskan. Tapi yang wajib kami garisbawahi, ketika menjalankan game berat yang butuh tenaga tinggi, dua kipas pada laptop gaming ini bekerja keras dan terdengar lumayan berisik.

Namun nilai plusnya, kipas dan ventilasi pada Dell Inspiron 15 7577 terbukti mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Selama bermain game, kami tidak merasakan panas yang mengganggu di area keyboard maupun palm-rest.

Selain itu, kami juga tak lupa menjalankan beberapa software benchmark untuk memudahkan Anda mendapat gambaran lebih jauh tentang performa Dell Inspiron 15 7577. Simak hasilnya:

Baterai standar

Dell Inspiron 15 7577 menggunakan baterai 56 Wh 4-cell yang lebih rendah dari pendahulunya, Inspiron 15 7567 (74 Wh). Saat digunakan untuk bekerja seperti browsing dan mengetik, laptop ini bisa menyala selama sekitar 3 hingga 3,5 jam. Namun untuk gaming tentunya daya tahan baterainya lebih rendah. Berikut hasil pengujian baterai menggunakan PC Mark 8:

Kesimpulan

Untuk sebuah laptop yang memang ditujukan untuk para gamer, Inspiron 15 7577 terbukti bisa diandalkan. Dell mampu mengemas laptop ini dengan desain yang sederhana tapi tetap keren, serta menyajikan hardware kelas atas yang mampu memberikan pengalaman gaming memuaskan.

Dibanderol 22 hingga 23 jutaan rupiah, Dell Inspiron 15 7577 cocok untuk Anda yang mencari laptop untuk gaming sekaligus untuk menikmati konten-konten multimedia.

Yang Canggih:

  • Performa gaming mumpuni di kelasnya
  • Layar IPS 4K
  • Storage sudah dibekali SSD PCIe
  • Sistem pendinginan bekerja dengan baik
  • Posisi dua speaker menghadap ke depan
  • Ada pembaca sidik jari
  • Desain minimalis, tidak ‘terlalu gaming’

Yang Kurang:

  • Keyboard dangkal, feedback kurang mantap
  • Kipas berisik saat kinerja maksimal
  • Bodi bongsor dan lumayan berat
Spesifikasi Dell Inspiron 15 7577
Layar IPS 15,6 inci 4K
Prosesor Intel Core i7-7700HQ
Kartu grafis Nvidia GTX 1060 6GB GDDR5 Max-Q
RAM 32 GB DDR4
Storage SSD PCIe 512 GB dan HDD 1 TB
Sistem operasi Windows 10
Baterai 56 Wh 4-cell
Port dan slot 1x HDMI 2.0, 3x port USB 3.1 Gen 1 Type-A, 1x port Thunderbolt 3, slot SD card reader, slot Noble Lock, ethernet, dan audio combo 3.5mm
Konektivitas WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.2
Dimensi 24.95 x 389 x 274.7mm (berat mulai 2,85 Kg)
Dell Inspiron 15 7577
Laptop ini cocok untuk para gamer yang mencari perangkat gaming dengan layar 4K
Cek harga

Komentar

Beri komentar

Close