Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-On] Mencoba Xiaomi Redmi 5 Plus, Smartphone 2 Jutaan dengan Layar FullScreen 18:9 Full HD+

Beberapa waktu yang lalu Xiaomi kembali memanaskan persaingan smartphone Android di kelas bawah dengan meluncurkan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Keduanya menawarkan spesifikasi dan fitur yang menarik, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Hari ini, Selasa (22/2), Xiaomi siap menggelar flash sale di Lazada, JD.ID, dan Shopee mulai pukul 11.00 WIB. Bagi Anda yang berminat membelinya, simak dulu ulasan singkat kami mengenai Redmi 5 Plus berikut ini:

Desain lebar tapi tetap nyaman digenggam

Xiaomi Redmi 5 Plus Biru 5

Berbeda dengan versi non-Plus, Redmi 5 Plus adalah smartphone dengan layar FullScreen 18:9 berukuran 5,99 inci. Ukuran yang sebenarnya tergolong besar, tapi terbantu berkat aspect ratio 18:9 dan bezel-nya yang tipis.

Sama seperti smartphone berlayar sejenis lainnya, bagian depan Redmi 5 Plus nyaris didominasi layar seluruhnya. Tidak ada tombol sama sekali dan sensor sidik jari diposisikan di bagian belakang.

Xiaomi Redmi 5 Plus Biru 2

Cover belakangnya sendiri didesain sederhana dengan sisi-sisi yang agak melengkung untuk menyesuaikan dengan kontur tangan. Materialnya tidak terasa murahan dan kualitas rancang bangunnya amat baik. Versi yang kami coba berwarna biru dan nampak cukup cantik untuk dilirik oleh kaum hawa.

Dari segi pengoperasian, walaupunnya layarnya cukup besar, dengan bodi yang ramping Xiaomi menjadikan dimensi Redmi 5 Plus seperti perangkat berlayar 5,5 inci. Hasilnya, smartphone ini tetap mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Ketebalannya bodinya 8,05mm. Bukan yang paling tipis tapi juga belum termasuk bongsor. Dengan bodi yang ramping, Xiaomi mampu menjejalinya dengan baterai berkapasitas cukup besar, yakni 4000 mAh.

Layar lega yang tajam

Kami merasa sangat perlu membahas layar dari Xiaomi Redmi 5 Plus meski sesungguhnya konsep seperti ini sudah banyak diadopsi oleh berbagai vendor. Mengapa? Karena Redmi 5 Plus menyajikan layar 18:9 berukuran 5,99 inci dengan resolusi yang sudah Full HD+ alias 2160 x 1080 piksel.

Redmi 5 Plus blue

Hal ini jelas menggiurkan karena Redmi 5 Plus dibanderol mulai dari Rp2.199.000. Biasanya, smartphone berlayar 18:9 di level harga setara atau bahkan sedikit di atasnya masih memakai resolusi HD+ saja.

Hasilnya, layar Redmi 5 Plus tidak hanya mampu menampilkan konten seperti video maupun game dengan lebih luas, tapi juga tajam dan lebih sedap dipandang. Tingkat kecerahan layarnya juga cukup baik dan nyaman dilihat meski berada di bawah sinar matahari.

Fitur lain juga menarik di kelasnya

Xiaomi Redmi 5 Plus hadir dengan SoC Qualcomm Snapdragon 625 dengan prosesor octa-core yang tentunya sanggup diandalkan untuk berbagai kebutuhan termasuk game. Opsi RAM dan memori internalnya ada dua pilihan, 3GB/32GB dan 4GB/64GB.

Dengan harga mulai 2,2 juta, hardware tersebut tergolong amat menarik di kelasnya. Tak hanya itu, Xiaomi juga membenamkan kamera 12 megapixel dengan PDAF dan lampu flash, serta kamera selfie 5 megapixel.

Hasil foto Xiaomi Redmi 5 Plus (4)

Hasil foto Xiaomi Redmi 5 Plus (1)

Kami sudah mencoba sedikit kameranya, dan hasilnya menurut kami biasa saja, sesuai dengan harganya. Lumayan tajam tapi terkadang warnanya kurang akurat dan Dynamic Range-nya kurang bagus saat pemotretan di cahaya yang baik menggunakan mode Auto. Ada mode-mode lain yang sayangnya belum kami coba, seperti HDR atau Manual. Namun pada dasarnya, hasil foto Redmi 5 Plus menurut kami masih memadai untuk Anda pamerkan di media sosial.

Hasil foto Xiaomi Redmi 5 Plus (2)

Kesimpulan awal

Sudah bukan hal baru melihat produk garapan Xiaomi dijual dengan harga yang terjangkau, tapi tetap menawarkan fitur dan spesifikasi paling menarik di kelasnya. Formula andalan Xiaomi yang sejauh ini cukup sukses merebut hati banyak pengguna di Indonesia.

Redmi 5 Plus pun demikian. Dengan harga hanya Rp2.199.000, Anda diberikan layar kekinian dengan aspect ratio 18:9 dan resolusi Full HD, serta hardware pendukung performa yang mumpuni. So,tidak mengherankan jika di flash sale-nya nanti smartphone ini kembali diserbu pembeli.

Back to top button