[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Oppo A83: Fitur Mirip F5, Harga Lebih Murah

Oppo belum lama ini telah mengumumkan kehadiran A83 di Indonesia. Dari segi harga, banderolnya beberapa ratus ribu lebih murah dibanding keluarga F5, termasuk F5 Youth. Namun hal itu tidak menghalangi Oppo untuk tetap membenamkan dua fitur andalannya, yakni A.I. Beauty dan layar Fullscreen.

Dalam sebuah acara di Jakarta, Rabu (21/2), Oppo mengajak awak media untuk mencoba langsung smartphone terbarunya. Penasaran? Berikut ulasan singkat tentang kesan pertama kami terhadap Oppo A83:

Desain yang (selalu) menawan

svg%3E

Oppo A83 adalah smartphone dengan layar FullScreen berukuran 5,7 inci 18:9 dan resolusi HD+ atau 720 x 1440 pixel. Dengan aspect ratio yang sama dengan F5, bagian depan A83 nyaris didominasi sepenuhnya oleh layar tersebut.

Smartphone ini memiliki konsep desain yang tidak jauh berbeda dengan keluarga F5. Hanya saja, di bagian belakang Anda tidak akan menemukan sensor sidik jari. Ya, sesuatu yang mungkin akan cukup disayangkan oleh sebagian orang. Tapi sebagai gantinya, Face Unlock tetap tersedia.

Secara keseluruhan desain Oppo A83 amat menawan di kelasnya, dan ini bukan kali pertama kami memuji desain smartphone keluaran Oppo. Selama kami mengulas produk-produk mereka, hampir semuanya memang mengusung desain yang bagus.

svg%3E

Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia mengatakan, A83 ditujukan untuk pengguna dengan rentang usia 17 hingga 25 tahun. Untuk penjualannya di Tanah Air, Oppo menyediakan dua pilihan warna, yakni Black dan Gold.

Dengan desainnya yang cantik, Oppo A83 terlihat lebih cocok digunakan oleh wanita, terutama yang warna Gold. Tapi tidak menutup kemungkinan kaum Adam pun memakainya. Apalagi, menurut Aryo, smartphone ini tetap bisa diandalkan untuk gaming.

svg%3E

Sedikit membahas tentang kemudahan pengoperasiannya, dengan layar yang cukup besar, A83 termasuk masih mudah digunakan dengan satu tangan. Ketika digenggam tidak licin. Material yang digunakan pun tidak terasa murahan dan kualitas rancang bangunnya amat baik.

Kamera selfie dengan A.I. Beauty

Fitur andalan yang membuat keluarga F5 tampil begitu menarik untuk menggaet hati para penggemar selfie adalah teknologi A.I. Beauty Recognition. Di A83, Oppo kembali membenamkan fitur tersebut.

svg%3E

svg%3E

Sekadar mengingatkan, teknologi kecerdasan buatan ini dapat memindai 200 titik wajah dan mengenali detail wajah unik seperti hidung, lekuk pipi dan bentuk dagu untuk memastikan hasil selfie tetap alami. Intinya, A.I Beauty akan menyajikan pengaturan terbaik sebelum Anda memotret.

Hasil Kamera Oppo A83 (7)

Hasil Kamera Oppo A83 (8)

Meski Oppo A83 hanya dibekali kamera depan 8 megapixel, kami cukup puas dengan hasil jepretan selfienya. Tidak hanya tajam, sesuai janjinya foto yang ditampilkan pun terlihat natural.

Bahkan untuk pemotretan di lokasi acara yang cahaya sedikit remang-remang, hasil foto selfie-nya tetap bagus. Yang lebih menarik, ternyata Oppo kembali menanamkan mode Portrait untuk menciptakan efek blur pada foto selfie.

Hasil Kamera Oppo A83 (4)

Hasil Kamera Oppo A83 (6)

Beralih ke kamera belakang, Oppo mengandalkan sensor 13 megapixel yang ditemani lampu flash. Hasil jepretan kembali harus diacungi jempol untuk kelas harganya. Tajam dan reproduksi warnanya cukup akurat.

Performa melebihi F5 Youth

Oppo menjanjikan bahwa meski harganya lebih murah, A83 tetap bisa menjalankan game-game terkini dengan baik. Tak heran karena ternyata SoC yang dibenamkan masih sama dengan keluarga F5, yakni MediaTek Helio P23 octa-core 2.5Ghz dan ditemani RAM 3 GB. Sedangkan Memori internalnya 32 GB lengkap dengan slot microSD.

svg%3E
Oppo A83 vs Oppo F5 Youth

Hasil pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark yang dipamerkan Oppo menunjukkan bahwa A83 meraih skor lebih tinggi dari F5 Youth yang harganya lebih mahal. Ini kemungkinan disebabkan karena A83 menggunakan resolusi HD+, bukan Full HD+, yang membuat beban menjadi lebih ringan dan kinerjanya lebih optimal.

Sementara dari sektor daya, Oppo A83 didukung baterai 3180 mAh. Smartphone dengan ColorOS 3.2 berbasis Android Nougat ini juga dibekali fitur bawaan untuk meningkatkan pengalaman gaming yaitu Game Acceleration.

Kesimpulan awal

svg%3EHarus diakui, beberapa smartphone terakhir yang diluncurkan oleh Oppo memang terlihat semakin menarik dari segi harga dan fitur-fiturnya. A83 pun demikian. Dengan banderol Rp2.999.000, ini merupakan opsi yang jauh lebih terjangkau jika Anda ingin merasakan teknologi layar FullScreen dan A.I. Beauty.

Verified by MonsterInsights