[Hands-On] Asus ZenFone 4 Selfie Lite: Varian Selfie Paling Murah dengan Baterai 4100 mAh

Asus meramaikan persaingan smartphone selfie di tahun 2017 lalu dengan meluncurkan duo ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro. Keduanya tampil cukup menarik di kelasnya, terutama karena kamera depannya yang bisa diandalkan.

Namun tahukah Anda bahwa Asus memiliki satu varian Selfie lainnya yang dibanderol jauh lebih murah? Ya, dia adalah ZenFone 4 Selfie Lite. Meski spesifikasinya lebih rendah, smartphone ini tetap menjanjikan sektor fotografi yang cukup oke.

Penasaran? Simak ulasan singkat kami:

Desain ramping dan cukup elegan

svg%3E

ZenFone 4 Selfie Lite adalah smartphone berlayar IPS 5,2 inci dengan resolusi HD. Bagian depan layar dilapisi kaca curved 2.5D, sedangkan bagian belakang dibalut bahan metalik.

Dari segi desain, smartphone ini mengusung kerangka yang sama dengan ZenFone 4 Max. Tak heran jika keduanya mirip. Di bagian belakang, Anda akan menemukan ruang melingkar di pojok kiri atas untuk kamera ganda.

Tapi karena ZenFone 4 Selfie Lite hanya menggunakan satu kamera belakang saja, ada ruang kosong di sebelahnya yang akhirnya justru diisi oleh tulisan 16 megapixel.

svg%3E

Masih sama dengan ZenFone 3 Max, di bawah layar Asus menanamkan tombol Home yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari, dan ditemani dua tombol kapasitif di kiri dan kanannya.

Secara keseluruhan, ZenFone 4 Selfie Lite merupakan smartphone yang ramping dan elegan. Ketebalannya 8,73mm. Bukan yang paling tipis, tapi tidak juga berlebihan. Smartphone ini enak digenggam dan tidak licin, serta mudah dioperasikan dengan satu tangan.

svg%3E

Bobotnya pun cukup ringan, hanya 156 gram sehingga nyaman untuk dimasukkan ke dalam saku celana. Yang kami suka, Asus menyediakan total tiga slot (bukan hybrid), satu khusus untuk microSD dan dua untuk SIM-card.

Namun satu hal yang perlu diketahui, bodi Asus ZenFone 4 Selfie Lite mudah kotor oleh sidik jari. Solusinya, Anda bisa menambahkan jelly case yang untungnya sudah termasuk dalam paket penjualan.

Kamera selfie 16 megapixel dengan portrait mode

svg%3E

Dari segi spesifikasi, Asus ZenFone 4 Selfie Lite dibekali SoC Qualcomm Snapdragon 425 dengan prosesor quad-core dan GPU Adreno 308. RAM yang dibenamkan berkapasitas 3 GB, sementara memori internalnya 32 GB.

Kombinasi yang di atas kertas kurang menjanjikan performa yang bertenaga. Sekadar informasi, SoC ini lebih rendah dibanding versi non-Lite yang menggunakan Snapdragon 430 octa-core.

Tapi yang menjadi bintang utama dari ZenFone 4 Selfie Lite bukan sektor performa, melainkan fotografi. Asus membenamkan kamera belakang 16 megapixel f/2.0 dan kamera selfie 16 megapixel f/2.0.

svg%3E

Kedua kamera tersebut masing-masing sudah ditemani LED flash untuk membantu pemotretan di kondisi cahaya temaram. Selain itu, keduanya juga memiliki mode portrait untuk menciptakan foto dengan efek bokeh (background blur).

Hasil foto Asus ZenFone 4 Selfie Lite (9)

Hasil foto Asus ZenFone 4 Selfie Lite (3)

Bagaimana hasil fotonya? Sejauh yang kami coba, tidak buruk tapi juga tidak terlalu memuaskan. Foto menggunakan kamera belakang tergolong lumayan untuk pemotretan outdoor. Dengan catatan, tangan harus stabil dan obyek yang difoto tidak bergerak.

Kamera selfienya sendiri juga bisa diandalkan untuk pemotretan dengan cahaya yang memadai. Bahkan, dalam beberapa percobaan di indoor dengan cahaya temaram, foto selfie yang dihasilkan terlihat terang dan masih sangat layak untuk dipamerkan ke media sosial. Padahal, kami tidak memakai lampu flash.

Hasil foto Asus ZenFone 4 Selfie Lite (12)

Hasil foto Asus ZenFone 4 Selfie Lite (11)

Hasil foto Asus ZenFone 4 Selfie Lite (10)

Namun sedikit catatan, mode portrait kurang mampu menciptakan efek bokeh yang natural. Selain itu mode auto-nya terkadang memberikan reproduksi warna yang kurang realistis sehingga Anda harus mengutak-atik sedikit lewat mode Pro untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Hasil foto Asus ZenFone 4 Selfie Lite (7)

Hasil foto Asus ZenFone 4 Selfie Lite (6)

Baterai besar

Salah satu nilai jual lainnya yang ditawarkan oleh ZenFone 4 Selfie Lite adalah baterai 4100 mAh, lengkap dengan dukungan teknologi PowerMaster. Lebih besar dari ZenFone 4 Selfie yang ‘hanya’ dibekali baterai 3000 mAh.

Kami memang belum sempat mencoba daya tahan baterainya, tapi Asus mengklaim, baterai ini dapat membuat ZenFone 4 Selfie Lite menyala hingga 31 jam untuk talk time dan hingga 21 jam untuk web browsing dengan WiFi.

Kesimpulan awal

svg%3E

Kesan pertama yang kami dapatkan selama mencoba ZenFone 4 Selfie Lite cukup positif. Meski dari segi performa nampak kurang menjanjikan, setidak statusnya sebagai salah satu anggota varian Selfie dari Asus masih bisa dipertanggungjawabkan. Memang kameranya belum sebaik ZenFone 4 Selfie apalagi ZenFone 4 Selfie Pro. Tapi setidaknya, baterai 4100 mAh membuatnya tetap terlihat menarik di kelasnya.

Dengan harga Rp2.199.000, ZenFone 4 Selfie Lite bisa menjadi opsi yang lebih terjangkau untuk Anda yang ingin memiliki smartphone selfie sekaligus malas membawa power bank selama beraktivitas.