Hands-on: Philips Shaver Star Wars SW170

Tidak banyak ulasan tentang pencukur elektrik di situs atau media berbahasa Indonesia. Selain tidak ada benchmark yang standar, alat pencukur masih dikategorikan ke produk kesehatan. Tentunya ini hal yang amat disayangkan mengingat cukup banyak fitur inovatif yang dimiliki sebuah pencukur elektrik modern.

svg%3E

Salah satu produk pencukur terbaru yang menarik adalah Philips Shaver Star Wars SW170 berikut. Bekerjasama dengan Star Wars, Philips menghadirkan 3 pencukur elektrik edisi khusus yaitu BB8, X-Wing, dan SW170 Storm Troopers yang saya coba saat ini.

Desain eksklusif dengan bodi ramping

Dari sisi fisik, desain bernuansa Star Wars ini sukses membuatnya tampil beda dibandingkan pencukur kebanyakan. Philips cukup berhasil memasukkan elemen khas Star Wars yang langsung akan diidentifikasi oleh penggemarnya ke dalam sebuah produk yang sepertinya agak jauh dari kisah fiksi tersebut.

svg%3E

Sentuhan detail seperti penutup pisau dengan logo Storm Troopers juga unik dan tidak ditemukan di pencukur lain.

Untuk sebuah pencukur elektrik, Philips Shaver SW170 ini termasuk ramping. Selain itu, desainnya juga termasuk ergonomis dan nyaman di genggaman.

svg%3E

Tidak ada kesan licin atau kekhawatiran pencukur akan tergelincir dari tangan saat digunakan. Ukurannya yang cukup ringkas juga membuatnya dapat dibawa dengan mudah. Adanya tekstur di bagian bodinya membantu penggunanya untuk mendapatkan genggaman yang erat.

Performa cukur yang bagus

Philips memberikan fleksibilitas lebih pada kepala pencukurnya. Dan itu yang saya rasakan saat mencukur. Kepala pencukurnya dapat bermanuver dengan luwes (4 arah menurut Philips), mengikuti lekuk dagu wajah dengan lincah. Mengingat pencukur ini hanya dibekali dua modul pisau bulat, Anda memang harus agak telaten dan sabar untuk dapat mencukur bersih bulu di wajah.

svg%3E

Dari spesifikasinya, Philips menyebutkan bahwa SW170 telah dilengkapi Comfort Blades. Sesuai namanya, pisau pencukur ini mampu memangkas bulu dengan nyaman dan tanpa rasa sakit. Menariknya, SW170 juga bisa digunakan dalam kondisi basah. Ini penting bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah terkena iritasi.

Untuk mendapatkan pencukuran yang lancar dan baik, membersihkan sisa bulu yang ada di kompartemen di bawah modul pisaunya merupakan hal yang wajib dilakukan. Mengingat ukurannya yang cukup kecil, saya menganjurkan untuk membersihkannya tiap 2 atau 3 kali cukur. Satu lagi kompromi yang harus diterima karena ukuran pencukur yang kecil adalah ketahanan baterainya. Dari pengalaman, kinerja pencukur akan melambat setelah 4x cukur. Ini merupakan tanda bahwa Anda harus mengisi baterainya.

svg%3E

Pengisian baterai sendiri dilakukan dengan charger khusus yang disertakan di dalam paket penjualannya. Proses charging berlangsung sekitar 1 jam untuk mengisi penuh baterainya. Membersihkan pisaunya juga mudah. Anda tinggal membilasnya dengan air mengalir.

Kesimpulan

svg%3E
Nyaman digenggam

Kecepatan dan kepraktisan, dua hal yang menjadi perhatian kami saat mengulas produk ini. Philips Shaver SW170 merupakan seri paling dasar dari pencukur elektrik bertema Star Wars. Dengan harga jual sekitar 850 ribu rupiah, pencukur ini mengutamakan kenyamanan pencukuran dalam kemasan yang ringkas dan minimalis.

Dari pengujian kami selama beberapa waktu, hal itu berhasil dipenuhi oleh Philips Shaver SW170. Selain keren, desainnya juga ergonomis dan nyaman di genggaman tangan. Anda tidak perlu mengeringkan wajah setelah cuci muka karena pencukur ini dapat bekerja di kondisi kering dan basah. Philips juga mengklaim bahwa pisaunya baru perlu diganti setelah dua tahun.

Jika ada kompromi yang harus diterima, daya tahan baterainya termasuk singkat sehingga Anda harus membawa charger jika ingin bepergian cukup lama. Kompromi lain dari ukuran ringkasnya, Anda harus rajin membersihkan kompartemen yang menyimpan sisa cukuran untuk mendapatkan performa maksimal.

Di luar itu, Philips Shaver SW170 merupakan pencukur elektrik yang layak menjadi pertimbangan pengguna pemula yang baru beralih dari pencukur biasa.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di tautan berikut.