Quantcast
KomputerNews

Pine H64-LTS, Single Board Computer yang Mendukung Video 4K dan HDR

Walaupun memiliki bentuk yang kecil, namun perangkat single board computer seperti Raspberry Pi memiliki kegunaan yang beragam untuk berbagai keperluan, termasuk untuk komputer sederhana untuk mengetik atau menonton. Produsen perangkat single board computer Pine64 merilis sebuah perangkat baru yaitu Pine H64-LTS yang memiliki dukungan berbagai fitur canggih.

pine h64 1

Memiliki desain bodi yang ringkas dan sedikit lebih besar dari ukuran board Raspberry Pi 3, Pine H64-LTS menyediakan konektor USB 3.0 dan LAN gigabit. Kemudian perangkat ini juga memiliki port audio jack 3,5mm dan HDMI 2.0. Dan yang menarik, Pine H64-LTS mendukung resolusi 4K dengan frame-rate 60fps.

Pine H64-LTS menggunakan chipset Allwinner H6 quad-cre A53 64-bit yang berkecepatan 1,8GHz serta memiliki RAM LPDDR3 sebesar 2GB. Pengolah grafisnya adalah Mali T-720 MP2 yang mendukung teknologi HDR serta resolusi 4K. Sebagai tambahan, perangkat ini juga mendukung modul eMMC dengan dukungan kapasitas hingga 128GB dan slot microSD sebagai tempat instalasi sistem operasi.

pine h64 2

Sebagai sebuah single board computer yang multifungsi, Pine H64-LTS juga memiliki berbagai konektor lain untuk dihubungkan ke perangkat eksternal seperti port GPIO Bus, UART, SPI, serta port-port lainnya untuk menghubungkan perangkat sensor dan yang lainnya.

Pine H64-LTS menggunakan suplai daya 5V dengan kebutuhan 3A. Perangkat ini dijual dengan harga US$36 atau sekitar 490 ribu rupiah.

Back to top button