AndroidAplikasiNews

Hoax Buster Tools: Aplikasi untuk Dapatkan Informasi Akurat Bebas Hoaks

Seiring dengan banyaknya hoaks yang beredar di dunia maya, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) baru-baru ini meluncurkan aplikasi bernama Hoax-Buster Tools. Sesuai namanya, aplikasi ini ditujukan untuk memerangi hoaks.

Mudah mencari informasi yang benar

Hoax Buster Tools pada dasarnya mirip dengan mesin pencarian yang mirip dengan Google. Pengguna bisa mencari berita, gambar, atau video dari sumber yang bisa dipercaya. Selama melakukan pencarian, semua konten yang sifatnya hoaks tidak akan dimunculkan.

Pengguna juga dapat memasukkan konten apapun yang mereka ingin cari tahu kebenarannya. Bukan cuma untuk mengecek kebenaran berita, foto, atau video, Hoax Buster Tools pun dapat mendeteksi akun media sosial yang dianggap menyebarkan berita bohong.

Aplikasi ini memiliki database anti-hoaks dari turnbackhoax.id. Selain itu, semua informasi yang ditampilkan berasal dari media-media resmi yang sudah diakui oleh Dewan Pers.

Yang lebih menarik, Hoax Buster Tools juga bisa digunakan sebagai tempat untuk melaporkan penyebaran hoaks. Jadi, pengguna bisa ikut berpartisipasi memerangi banyaknya berita bohong yang beredar di media sosial atau platform lainnya.

Download gratis

Aplikasi Hoax Buster Tools saat ini sudah bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Ya, untuk sekarang, aplikasi tersebut hanya tersedia bagi pengguna perangkat Android. Belum ada informasi kapan Hoax Buster Tools akan dirilis untuk iOS.

Perlu diketahui bahwa kehadiran aplikasi Hoax Buster Tools mendapat apresiasi dari Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara. Dikutip dari Kominfo.go.id, Senin (12/2), Rudiantara berharap Mafindo dan kalangan masyarakat lainnya terus peduli terhadap perbaikan kualitas bangsa dalam penggunaan internet dan merespon perkembangan teknologi digital.

Komentar

Beri komentar

Close