Tantang Panasonic Lumix GF9, Olympus Umumkan PEN E-PL9

Menggantikan Olympus Pen E-PL8 yang diumumkan 2 tahun silam, Olympus resmi menghadirkan penggantinya yakni PEN E-PL9. Kamera ini masih tetap mempertahankan konsep kamera mirrorless berbodi mungil dengan desain retro. Tapi, dengan sederetan fitur baru yang dibawanya PEN E-PL9 semakin menjanjikan dan nampaknya bisa menjadi pesaing ketat kamera mirrorless mungil besutan Panasonic, Lumix GF9.

svg%3E

Desain lebih ergonomis

Olympus PEN E-PL9 tidak hanya mendapat pembaruan fitur tapi juga desain bodi yang lebih ergonomis. Jika dibandingkan dengan PEN E-PL8, E-PL9 kini hadir dengan desain grip yang lebih besar agar lebih nyaman digenggam tangan. Tombol putar untuk memilih mode pemotretatan di bagian atas bodinya pun turut diperbesar. Tidak hanya itu saja, E-PL9 juga menjadi kamera E-PL series pertama yang dilengkapi dengan flash internal.

Seperti PEN E-PL8 di bagian belakangnya masih tetap bisa ditemukan layar sentuh fleksibel yang berukuran 3-inci. Layarnya ini bisa dilipat kebawah untuk mempermudah foto selfie atau vlogging.

Spesifikasi mirip Olympus E-M10 Mark III

Olympus PEN E-PL9 tambah menarik karena disiapkan dengan spesifikasi yang sama persis dengan Olympus E-M10 Mark III. Untuk memotret dan merekam video kamera ini mengandalkan sensor Live MOS 16 megapixel yang dipasangkan dengan prosesor TruePic VIII. PEN-PL9 juga membawa teknologi autofokus contrast-detect yang sama seperti E-M10 Mark III lengkap dengan dukungan 121 titik fokus.

svg%3E

svg%3E

Satu peningkatan fitur yang signifikan dari PEN E-PL9 dibandingkan generasi lawasnya adalah kemampua rekam video yang kini lebih mumpuni. Dengan spesifikasinya ini Olympus PEN E-PL9 merupakan mirrorless PEN E-PL series pertama Olympus yang bisa merekam video hingga resolusi 4K 30fps.

Untuk menunjang kemampuan rekam videonya tersebut Olympus turut menambahkan dukungan fitur penstabil. Berbeda dengan E-M10 Mark III yang dilengkapi fitur penstabil 5-axis, kamera ini hanya dilengkapi dengan fitur penstabil 3-axis. Meski berbeda kehadiran fitur penstabil di kamera ini tetap cukup memadai untuk meminimalkan blur akibat goyangan tangan saat pengambilan gambar.

Dilengkapi dengan Bluetooth dan mode pemotretan yang lebih lengkap

svg%3E
Untuk semakin mempermudah pengguna sektor konektivitasnya turut mendapat pembaruan dengan tambahan dukungan Bluetooth. Berkat tambahan Bluetooth pengguna kini dimungkinkan untuk selalu terhubung dengan PEN E-PL9. Untuk sekedar memindahkan foto ke smartphone bahkan Anda tidak perlu mengaktifkan kamera ini.

Tambahan lain, Olympus juga menghadirkan sederetan mode pemotretan baru di PEN E-PL9. Termasuk mode Sweep Panorama, beragam pilihan filter Instant film yang artistik, dan mode Advanced Photo untuk mempermudah proses pengambilan foto yang lebih kreatif seperti misalnya membuat foto light painting, HDR dan multi exposure.

svg%3E
Desain retro yang tampil gaya

Olympus PEN E-PL9 akan tersedia dalam pilihan warna putih, hitam, dan cokelat. Kamera ini akan mulai tersedia di pasaran pertengahan bulan Maret 2018 dengan harga jual bodi saja US$585. Untuk paket dengan lensa kit M.Zuiko Digital ED 14-42mm F3.5-5.6 EZ harganya US$674.

[table]Spesifikasi; Olympus PEN E-PL9
Sensor; Live MOS MFT 16 megapixel
Prosesor; TruePic VIII
ISO; Auto, 200-6400 (bisa diekspansi dari ISO100-25600)
Autofocus; 121 titik
Layar; 3 inci (1 juta titik) yang bisa diputar
Penstabil; 3-axis
Video; hingga resolusi 4K 30fps
Konektivitas; Bluetooth, Wi-Fi, USB, micro-HDMI
Dimensi; 117 x 68 x 39 mm
Bobot; 380 gram
[/table]

Verified by MonsterInsights