AndroidAplikasi

Google Assistant Go: Versi Hemat Data untuk Android Go

Fitur berbeda namun pengalaman penggunaan tetap sama

Google terus menambah deretan aplikasi andalannya untuk melengkapi sistem operasi Android versi ringan, Android Go. Setelah Youtube Go, Google Go, Gboard Go dan Maps Go, kini giliran asisten virtual Google Assistant yang muncul versi hematnya dengan nama Google Assistant Go.

Serupa tapi tak sama

Meski Google Assistant Go adalah versi hemat dari Google Assistant, Google menjamin pengguna tetap bisa menikmati pengalaman yang sama seperti menggunakan Google Assistant. Bedanya, Google Assistant Go lebih irit RAM dan hemat daya jika dibandingkan Google Assistant.

Untuk melakukan penghematan tersebut Google terpaksa harus memangkas beberapa fitur yang dimiliki Google Assistant. Jadi, dari segi fitur keduanya punya perbedaan.

Fitur pertama yang dipangkas adalah dukungan bahasa. Di Google Assistant Go Anda harus puas dengan satu pengaturan bahasa saja yaitu bahasa inggris. Kemudian Google Assistant Go juga tidak memungkinkan pengguna untuk mengatur pengingat. Fitur terakhir yang dihilangkan Google Assistant Go tidak memiliki kemampuan mengendalikan perangkat pintar seperti Google Assistant.

Secara teori ketiga fitur yang hilang tersebut memang tidak akan berdampak pada pengalaman berinteraksi dengan asisten virtual ini secara keseluruhan. Pasalnya, sebagai asisten virtual Google Assistant Go tetap bisa diminta untuk melakuan pencarian di internet, mengendalikan beberapa fitur di smartphone lewat perintah suara, atau Anda bisa memintanya untuk menavigasi peta.

Saat ini Google Assistant Go sudah tersedia dan bisa diunduh secara gratis melalui PlayStore.

Komentar

Beri komentar

Close