[Hands-On] Sennheiser GSP 300: Cocok untuk Gaming dan Mendengarkan Musik

Sennhesier dikenal sebagai produsen headphone yang menawarkan kualitas audio mumpuni untuk para penggemar musik. Meski begitu, Sennheiser juga memiliki lini produk khusus untuk gaming. Salah satunya adalah GSP 300 yang kompatibel dengan PC maupun konsol.

Headphone ini dibanderol dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Yang menarik, GSP 300 masih dijejali berbagai fitur yang membuatnya layar dilirik. Penasaran? Simak ulasan singkat kami:

Desain sederhana tapi tetap keren

Sennheiser GSP 300 adalah headphone gaming dengan kabel sepanjang 2 meter. Tampilannya sederhana tapi tetap menyajikan nuansa gaming dalam balutan warna hitam dan aksen biru (ada pula varian warna lainnya).

svg%3E

Material yang digunakan dominan plastik. Memang tidak terlihat mewah, tapi juga tidak murahan. Hal ini juga membuat bobot dari GSP 300 terasa ringan dan tidak membebani ketika dipakai di kepala. Selain itu, bagian headband-nya juga bisa diatur sesuai ukuran kepala Anda.

Earcup berdesain over-ear dari headphone ini lumayan nyaman dengan bantalan yang empuk. Tapi menurut kami, ukurannya tidak terlalu besar. Anda yang memiliki telinga lebar mungkin tidak masuk ke dalam earcup seluruhnya.

 

Untuk mendukung komunikasi, GSP 300 memiliki microphone permanen (tidak bisa dilepas) di sebelah kiri, yang posisinya hanya bisa diatur ke atas atau bawah.

svg%3E

Ketika sedang tidak digunakan, Anda bisa menekuk mic ke atas dan otomatis fungsi mute aktif. Sementara di kanan, Sennheiser menyediakan kenop yang bisa diputar untuk mengatur volume.

Cocok untuk gaming dan mendengarkan musik

Sennheiser GSP 300 dirancang untuk memberikan pengalaman gaming yang oke di level harganya. Selama kami mencobanya, performa audionya memang cukup baik.

svg%3E

Mid dan high terdengar cukup tajam di telinga. Sementara suara bass yang agak datar. Kombinasi yang menurut kami paling cocok karena detail suara akan semakin jelas terdengar saat bermain game.

svg%3E

Keuntungannya, Anda lebih bisa mengetahui dari mana musuh datang dengan lebih akurat, karena langkah kaki pun terdengar jelas. Microphone-nya juga mampu mengirimkan suara dengan jernih ke teman bermain Anda, sembari menghalau suara dari luar yang berpotensi mengganggu komunikasi.

Untuk mendengarkan musik, GSP 300 tergolong lumayan. Untuk lagu-lagu dengan genre pop, blues, jazz, maupun rock menurut kami cocok. Namun jika Anda termasuk penyuka bass yang nendang, kami tidak menyarankan GSP 300 untuk mendengarkan lagu favorit Anda.

Lalu, bagaimana soal kenyamanannya? Kami menggunakan Sennheiser GSP 300 baik untuk gaming maupun mendengarkan musik dalam waktu 5-6 jam. Headphone ini cukup nyaman asalkan ukuran telinga Anda tidak lebih besar dari earcup-nya.

Kesimpulan

svg%3E

Sennheiser terbukti jago meracik perangkat audio untuk segala kebutuhan. Bukan cuma di kelas audiophile, di sektor gaming pun mereka bisa diandalkan.

GSP 300 memang tidak dibekali fitur-fitur kelas atas maupun desain yang menyajikan nuansa gaming kental. Namun untuk harga 1,5 jutaan rupiah, headphone ini bisa menjadi opsi yang menarik untuk Anda.

Yang Canggih:

  • Desain sederhana tapi tetap keren
  • Cocok untuk gaming dan musik
  • Detail audio cukup tinggi
  • Kualitas microphone baik
  • Ada kenop untuk mengatur volume

Yang Kurang:

  • Ukuran earcup kurang lebar untuk yang bertelinga besar
  • Tidak cocok untuk penyuka bass