Samsung, Panasonic, dan 20th Century Fox Umumkan Lisensi Baru untuk Teknologi HDR10+

Samsung, Panasonic, dan 20th Century Fox merilis update terbaru untuk sertifikasi tampilan HDR10+. Standar HDR10+ nantinya akan dibuka untuk umum sehingga vendor-vendor lain dapat merilis perangkat yang mendukung teknologi tersebut.

svg%3E

Teknologi HDR10+ merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi HDR yang ada saat ini. Teknologi tersebut akan meningkatkan kualitas gambar dengan menggunakan teknologi dynamic tone mapping yang dapat mendeteksi perubahan warna dan kontras di setiap adegan untuk menghasilkan tampilan yang maksimal.

svg%3E

Dengan merilis lisensi HDR10+ ini, maka vendor lain yang memproduksi perangkat seperti set-top box, Blu-ray player, maupun televisi dapat membuat perangkat yang dilengkapi dengan teknologi tersebut. Para vendor tidak perlu membayar royalti, hanya perlu membayar biaya administrasi saja untuk mendapatkan spesifikasi serta perangkat-perangkat pendukung untuk mengaplikasikan teknologi HDR10+ di perangkat mereka.

Kemudian, beberapa layanan video streaming juga mulai mengaplikasikan teknologi HDR10+ pada film yang disediakannya. Amazon Prime Video telah mendukung HDR10+ pada seluruh video yang ada pada katalog Prime Video HDR di seluruh dunia. Kemudian Warner Bros juga akan mendukung HDR10+ untuk menyediakan fitur dynamic metadata bagi perangkat Blu-ray dan televisi yang mendukung 4K HDR10+.

Spesifikasi teknis HDR10+ nanti akan dirilis di situs http://www.hdr10plus.org/ untuk kemudian digunakan oleh para vendor perangkat set-top box, Blu-ray player, dan televisi untuk mengadopsi teknologi tersebut ke perangkatnya masing-masing.