Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Kamera OPPO F5 Youth: Varian F5 Paling Murah, Kamera Tetap Oke

Hasil foto tetap oke walaupun lebih murah

Mendekati penghujung tahun 2017, kemampuan memotret pada ponsel ternyata masih menjadi salah satu pertimbangan utama bagi konsumen saat membeli ponsel baru. Salah satu produsen smartphone yang “menjual” kemampuan kamera pada produknya adalah OPPO.

Jika sebelumnya kami sudah mengulas kemampuan kamera OPPO F5 yang dipasarkan seharga 4 juta rupiah, kini giliran kamera OPPO F5 Youth yang kami ulas.

Sekilas spesifikasinya cukup identik dengan kakaknya, yaitu adanya layar 6 inci Fullview beresolusi Full HD+, chipset Mediatek MT6763T Helio P23, serta sidik jari di bawah kamera belakang. Perbedaan utamanya terletak pada RAM yang hanya 3GB (F5 4GB), serta kamera depan 16 megapixel dengan lensa f/2 dan kamera utama 13 megapixel dengan lensa f/2.2. Selain itu, OPPO F5 Youth juga dijual dengan harga lebih terjangkau di kisaran 3,6 juta rupiah.

Tetap mengandalkan Teknologi A.I Beauty di depan

Sama seperti OPPO F5, varian F5 Youth juga dibekali teknologi A.I. Beauty Recognition. Pada praktiknya, fitur ini diaktifkan dengan menghidupkan Auto Beauty Mode seperti pada di gambar. Sama seperti di ponsel OPPO terdahulu, Beauty Mode ini akan memperhalus kulit dan membuat Anda tampak lebih cantik atau lebih ganteng saat dipotret dengan kamera depan.

Saat dicoba, kamera depan OPPO F5 Youth termasuk memuaskan. Foto selfie yang dihasilkan memiliki ketajaman dengan detail dan warna yang baik. Warna kulit dapat direproduksi baik, dengan kecenderungan menghasilkan warna kulit yang cerah. Hasil foto selfie di dalam ruangan atau kondisi minim cahaya termasuk baik, dengan noise dan detail yang cukup berimbang seperti di foto berikut.

OPPO F5 Youth

Untuk foto selfie di kondisi minim cahaya, pastikan tangan tetap stabil dan minim guncangan agar hasil foto tetap tajam. Alat bantu seperti tongsis juga dapat digunakan agar lebih stabil seperti hasil foto berikut.

OPPO F5 Youth

Walaupun belum terlalu rapi, juga ada blur mode yang dapat menciptakan bokeh di latar. Berikut beberapa hasil foto selfie yang diambil dengan OPPO F5 Youth dalam berbagai mode.

Selfie f5 youth 2
selfie F5 youth 6
selfie f5 youth 8

selfie f5 yout h 9

OPPO sendiri merancang kamera depan F5 (semua varian) agar memrioritaskan wajah manusia. Ini berarti exposure wajah akan diutamakan sehingga kadang pada kondisi cahaya di latar yang kuat, wajah akan tetap terang sementara latar akan overexposed (terlalu terang) seperti pada foto di bawah ini. Jika tidak menginginkan hal itu, Anda tinggal menekan area selain wajah sehingga exposure lebih berimbang.

selfie f5 youth 7

Jika dibandingkan dengan OPPO F5 dan F5 6GB, hasil foto dalam kondisi cahaya ideal cukup identik. Perbedaan baru sedikit terasa saat kondisi minim cahaya, dengan hasil foto kamera depan OPPO F5 dan F5 6GB terlihat sedikit lebih tajam akibat bukaan lensa yang lebih besar. Namun setelah mengambil ratusan foto selfie dengan kamera depan OPPO F5 Youth, kami bisa menyimpulkan bahwa kamera depan OPPO F5 Youth mampu mengungguli kamera depan ponsel lain di kelas harganya.

Hasil foto kamera belakang tetap asyik

Dibandingkan dengan kamera OPPO F5, lensa OPPO F5 Youth memiliki bukaan f/2.2 yang lebih kecil. Ini berarti DOF (depth of field) yang dihasilkan tidak akan sedangkal kamera OPPO F5. Ini tentunya bisa jadi kelebihan mengingat dengan DOF yang tidak terlalu tipis, area blur akan lebih mundur ke belakang.

OPPO F5 Youth

Untuk mengujinya, kami membawanya ke Malang dan Batu dan memotret dengan OPPO F5 Youth dari pagi hingga malam hari. Dari pengujian tersebut, kamera utama OPPO F5 Youth mampu menghasilkan foto dengan warna yang matang dan ketajaman yang baik pada mode Auto.

IMG20170108185259

OPPO F5 Youth

Performa di kondisi malam hari memang sedikit di bawah OPPO F5, jika dalam mode Auto. Hasilnya cukup lumayan untuk kamera ponsel di kelasnya, dengan saturasi warna yang tidak terlalu memudar. Noise juga tidak terlalu merusak detail, dengan catatan subyek diam dan tidak bergerak terlalu banyak.

OPPO F5 Youth

OPPO F5 Youth

Jika dibutuhkan, flash juga dapat menerangi subyek dengan baik pada jarak yang cukup dekat seperti contoh foto di bawah ini.

OPPO F5 Youth

Beralih ke mode Expert dan pengaturan manual, serta ditemani tripod, kamera utama OPPO F5 Youth mampu menghasilkan foto yang bersih pada setting ISO 100 seperti contoh foto di bawah ini.

OPPO F5 Youth

OPPO F5 Youth

OPPO F5 Youth

Kesimpulan

Walaupun harganya lebih murah, OPPO F5 Youth ternyata memiliki kamera dengan kemampuan yang tidak terpaut jauh dibandingkan kakaknya yang lebih mahal. Dari pengujian kami, pengalaman memotret dengan OPPO F5 Youth identik dengan OPPO F5 dan OPPO F5 6GB.

Untuk hasil foto dari kamera utama, ada beberapa skenario saat kami malah lebih menyukai F5 Youth yang memiliki bukaan diafragma lebih kecil. Dengan DOF yang tidak terlalu tipis, detail pada subyek yang ada di bagian belakang akan lebih terlihat tajam saat dipotret.

Jadi bagi yang membutuhkan smartphone untuk memotret dan mengambil foto selfie di kelas harga 3 jutaan rupiah, OPPO F5 Youth rasanya amat layak dipertimbangkan.

Yang Canggih:
+ Hasil foto selfie dari kamera depan amat baik, dengan exposure dan saturasi warna yang terjaga
+ Kinerja kamera gegas
+ Hasil foto dari kamera belakang amat baik di segala kondisi cahaya
+ Noise cukup minim di kondisi minim cahaya

Yang Kurang:
– Opsi pengaturan kamera terbatas
– Hasil rekam video tidak menjadi prioritas
– A.I. Beauty Recognition tidak selalu menghasilkan foto selfie yang diinginkan
– UI pada Expert Mode kadang tidak begitu jelas

Kamera OPPO F5 Youth
Hasil foto keren dari kamera depan dan belakang
Sama seperti OPPO F5, OPPO F5 Youth mampu mengambil foto keren menggunakan kamera depan maupun belakang.
Hasil foto tetap oke walaupun lebih murah

Komentar

Beri komentar

Close