[CES 2018] DJI Ronin-S: Handheld Stabilizer Pertama DJI untuk DSLR dan Mirrorless

Tidak hanya populer dengan produk drone, DJI, juga populer dengan produk penstabil kamera miliknya yang ditujukan untuk videografi. Di CES 2018 selain mengumumkan generasi kedua DJI Osmo Mobile, DJI juga turut memamerkan handheld stabilizer terbarunya DJI Ronin-S.

svg%3E

Yang pertama untuk kamera DSLR dan mirrorless

Seperti DJI Osmo Mobile, DJI Ronin-S juga mengusung konsep handheld yang sama. Artinya, penstabil ini bisa digunakan dengan lebih mudah dan di bawa kemana saja.

DJI Ronin-S adalah penstabil handheld pertama dari DJI yang kompatibel dengan kamera mirrorless dan DSLR. Untuk kebutuhan tersebut DJI menyediakan 2 ukuran frame. Sebagai tambahan, gimbal 3 axis ini juga kompatibel sepenuhnya dengan penstabil yang ada di bodi kamera dan lensa.

svg%3E

Mudah digunakan, mendukung aksesoris

svg%3E
Dikatakan DJI, Ronin-S dirancang agar mudah untuk digunakan. Proses setup dan kalibrasi juga diklaim bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Fitur bernama Push Mode yang bisa diakses lewat aplikasi Ronin app pun turut dihadirkan untuk mempermudah pengguna mengatur pan dan tilt secara langsung tanpa perlu menonaktifkan Ronin-S terlebih dahulu. Di aplikasinya ini Anda bisa menemukan beberapa fitur lain seperti misalnya Panorama, Hyperlapse, Track dan CamAnchor.

Ronin-S juga telah dilengkapi dengan tombol terpisah untuk mengatur kamera dan gimbal. Termasuk, tombol untuk pengaturan, tombol untuk memulai rekam pada kamera, dan mengatur posisi kamera dengan joystick. Selain itu, DJI juga merancang Ronin-S agar bisa terpasang dengan beragam opsi aksesoris yang masuk ke ekosistem DJI.

DJI Ronin-S akan tersedia di kuartal kedua tahun 2018. Harganya belum diinformasikan lebih lanjut.