Adobe Rilis Versi Terakhir Photoshop Lightroom Versi Standalone

Adobe merilis aplikasi Photoshop Lightroom versi 6.14. Versi terbaru ini juga sekaligus menjadi versi terakhir Lightroom sebagai aplikasi standalone.

svg%3E

Adobe Photoshop Lightroom versi 6.14 menghadirkan beberapa update baru seperti perbaikan beberapa bug, serta dukungan terhadap kamera dan lensa-lensa terbaru. Peluncuran versi ini juga sekaligus menandai berakhirnya dukungan Adobe terhadap aplikasi Photoshop Lightrom versi standalone dimana Anda dapat membeli aplikasi ini dengan lisensi yang terpisah.

svg%3E

Ke depannya, Adobe akan menggabungkan Photoshop Lightroom ke dalam layanan cloud Adobe Creative Cloud. Adobe telah menyiapkan aplikasi Lightroom Classic CC dan Lightroom CC sebagai pengganti Photoshop Lightroom versi standalone.

Anda tetap dapat menggunakan aplikasi Photoshop Lightroom versi standalone seperti biasa. Namun, Adobe tidak memberikan dukungan serta update lanjutan untuk aplikasi ini sehingga kemungkinan besar kamera-kamera baru yang akan dirilis di masa depan tidak akan didukung lagi, dan Anda harus melakukan upgrade ke Lightroom Classic CC atau Lightroom CC.

Untuk menggunakan Lightroom Classic CC atau Lightroom CC, Anda harus berlangganan paket Adobe Creative Cloud Photography Plan. Paket tersebut berisi aplikasi Lightroom Classic CC, Lightroom CC, Photoshop CC, serta cloud storage untuk menyimpan file Anda. Anda dapat berlangganan paket ini secara bulanan atau tahunan dengan harga mulai dari Rp134.800 per bulan.

Verified by MonsterInsights