Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Huawei Nova 2i: Jagoan Bokeh dengan 4 Kamera di Kelas Harga 3 Jutaan

Menutup tahun 2017 Huawei kembali mendobrak pasar smartphone tanah air dengan meluncurkan Nova 2i. Lewat Nova 2i Huawei berhasil membuktikan smartphone bisa hadir dengan 4 kamera. 2 kamera belakang dan 2 kamera di bagian depan menjadi senjata utama dari smartphone yang hadir untuk menyasar segmen kelas menengah ini.

Apakah Huawei Nova 2i bisa mendulang sukses di tengah persaingan smartphone dengan kamera ganda yang semakin ketat? Simak ulasannya di artikel berikut.

Layar Fullview Display sangat menawan


Tidak hanya kamera ganda, jika dicermati tren smartphone saat ini juga tengah memasuki babak baru. Smartphone dengan layar yang agak memanjang dan nyaris tanpa bingkai kini semakin menjadi primadona.

Huawei Nova 2i pun tidak ingin ketinggalan tren ini. Huawei Nova 2i datang dengan layar Huawei FullView Display yang mengusung panel layar IPS berukuran 5,9 inci dengan rasio aspek layar 18:9.

Teknologi layar Huawei FullView Display menawarkan desain bingkai layar yang tipis. Otomatis rasio layar ke bodi Nova 2i bisa mencapai 83%. Artinya, bagian depan Nova 2i ini didominasi oleh layar.

Tidak akan ditemukan tombol atau sensor sidik jari di bagian depannya. Huawei menempatkan sensor sidik jari di bagian belakang. Penempatan sensor sidik jari ini juga tetap mudah dijangkau menggunakan jari telunjuk mengingat bodinya yang tidak terlalu lebar. Untuk sensor sidik jarinya, selain sebagai pengaman juga bisa diatur fungsinya untuk mengambil foto, menjawab panggilan telepon dan mendukung fungsi gestur.

Lalu bagaimana tampilan di layarnya? Dengan resolusi layar Full HD+ 2160 x 1080 pixel, tampilan di layarnya terlihat sangat tajam dan cemerlang. Kontras dan akurasi warna pun amat baik.

Berkat rasio aspek layar 18:9 Anda pun bisa menikmati pengalaman visual yang lebih luas. Menikmati konten multimedia, bermain game atau membuka 2 aplikasi sekaligus di layarnya memang terasa lebih nyaman.

Huawei juga tidak pelit fitur untuk mengoptimalkan layarnya. Di Nova 2i tersedia fitur pengaturan temperatur warna dan Eye Comfort. Fitur Eye Comfort hadir untuk melindungi mata dengan mengurangi pancaran sinar cahaya biru yang bisa membahayakan mata. Fitur Eye Comfort ini juga didukung dengan opsi schedule agar bisa aktif secara otomatis.

Secara keseluruhan dengan ukuran layar 5,9 inci dan desain bodi yang tidak terlalu lebar, Nova 2i terasa sangat pas di tangan dan nyaman digunakan. Rancangan bodinya juga terasa sangat solid. Tapi, seperti kebanyakan smartphone dengan bodi logam lain Huawei Nova 2i masih terasa agak licin di tangan.

Penggunaan casing pelindung dan lapisan pelindung layar yang sudah tersedia di paket penjualannya sangat kami sarankan saat menggunakan smartphone ini.

4 Kamera dengan fitur fotografi lengkap


Membawa 4 kamera Huawei Nova 2i adalah smartphone dengan 4 kamera pertama dari Huawei yang meluncur di pasar smartphone tanah air. 4 kameranya ini mengedepankan satu fitur utama yakni efek bokeh. Walau begitu, fitur kameranya juga didukung dengan beragam fitur dan mode pemotretan yang lengkap untuk mengasah kreativitas Anda.

Nilai plus lain, antarmuka kameranya yang mirip dengan antarmuka kamera Huawei P9 ini sangat mudah sekali digunakan. Untuk memilih mode Anda hanya perlu menyapu layar ke kanan, sementara untuk mengakses opsi pengaturan kamera bisa dengan menyapu layar ke kiri.

Perlu dicatat teknologi kamera ganda Nova 2i berbeda dengan Huawei P9. Di Nova 2i, kamera belakangnya hadir dengan 2 modul kamera yang sensornya 16 megapixel dan 2 megapixel. Sementara kamera depannya menggunakan sensor 13 megapixel dan 2 megapixel.

Berkat konfigurasi kamera ganda inilah Huawei Nova 2i mampu menghasilkan efek bokeh menggunakan kamera depan atau belakang dengan sangat mudah. Efek bokehnya ini pun masih bisa diatur kemudian setelah foto diambil.

Selama menggunakan kameranya untuk memotret kami cukup puas dengan 4 kameranya yang inovatif. Bahkan, Nova 2i juga kami andalkan untuk mengabadikan momen saat pergi liburan.

Untuk selfie misalnya, kamera depan Nova 2i mampu menghasilkan foto selfie yang cukup tajam dengan karakter tonal warna yang agak matang dan sedikit kemerahan tanpa menggunakan efek Beauty.

Tanpa efek beauty
IMG_20171107_132020

IMG_20171117_231739

Jika ingin mendapatkan hasil foto selfie dengan wajah yang lebih cerah dan mulus opsi Beauty bisa dipilih. Namun, patut diwaspadai dengan pengaturan opsi Beauty yang berlebihan wajah Anda akan terlihat sangat mulus dan cerah sehingga terlihat pucat dan tidak natural.

Dengan efek beauty
IMG_20171117_231701

Efek bokeh dengan kamera depannya pun tergolong cukup baik. Di beberapa skenario seperti misalnya di kondisi pencahayaan yang kurang dan backlight efek bokehnya memang belum maksimal dengan efek blur yang akan terlihat kurang rapih.

IMG_20171117_190739

IMG_20171117_190408

Ada juga fitur Selfie Toning Flash yang mampu memberikan pencahayaan sekelas studio untuk tangkapan gambar yang lebih baik saat selfie di kondisi temaram. Selain itu, kamera depan Nova 2i juga didukung dengan mode Panorama, video, time-lapse, filter, efek, watermark, dan audio note.

Beralih ke kamera belakang, kamera belakang Nova 2i tergolong baik di kondisi pencahayaan yang cukup. Ketajaman dan detil amat baik dikelasnya dengan tonal warna yang relatif akurat. Kinerja autofokusnya juga cepat.

IMG_20171118_060254

IMG_20171118_060502

IMG_20171119_115108

IMG_20171118_060702

Kameranya juga sangat mumpuni untuk memotret subyek dengan jarak yang sangat dekat sehingga cukup ideal untuk foto makro.

IMG_20171118_190209

IMG_20171119_135830

Sayangnya, kemampuannya menekan noise di kondisi minim cahaya tergolong cukup agresif. Imbasnya, hasil foto terlihat agak buram dan berkurang ketajamannya.

IMG_20171118_004118

IMG_20171118_211432

Dengan opsi Pro Photo pengaturan ISO manual
IMG_20171118_211623

Saran kami, jika ingin memotret di kondisi temaram bisa memanfaatkan fitur Pro Photo miliknya agar kendali noise bisa diatur untuk mendapatkan hasil foto yang lebih tajam.

Untuk memotret dengan efek bokeh atau mode Portrait hasil fotonya juga cukup memuaskan. Efek bokeh terlihat lumayan rapih dan nyaris sempurna di beberapa kondisi pemotretan.

IMG_20171112_142747

IMG_20171118_141717

IMG_20171118_060405

Perlu diketahui saat memotret dengan efek bokeh atau mode Portrait kamera belakang Huawei Nova 2i ini hanya mengijinkan Anda mengambil foto hingga resolusi 8 megapixel. Berbeda dengan kamera depannya yang masih memungkinkan untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh di resolusi penuh 13 megapixel. Tapi, ini bukanlah masalah yang berarti karena hasilnya pun sudah lebih dari cukup untuk dicetak ukuran kecil atau hanya sekedar eksis di akun sosial media.

Untuk mengasah ketrampilan memotret, Huawei Nova 2i juga telah didukung dengan mode Panorama, Food, HDR, Light Painting, Time Lapse dan masih banyak lagi.

Light Painting
IMG_20171118_005015

IMG_20171118_222125

Panorama
IMG_20171118_050532

Untuk hasil foto Huawei Nova 2i yang lain tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com berikut ini.

Performa sangat memadai

Di balik bodinya yang langsing Nova 2i diotaki chipset octa core HUAWEI Kirin 659. Kinerjanya juga didukung dengan RAM 4GB dan memori internal yang sangat lega yakni 64GB dengan tambahan slot microSD hingga 128GB. Huawei Nova 2i juga ditunjang oleh OS Android 7.0 yang dipadukan dengan antarmuka EMUI 5.1. Antarmuka EMUI 5.1 ini terasa sangat ringan, sederhana dan mudah sekali digunakan.

Untuk beragam kebutuhan sehari-hari dari bermain game, browsing, hingga menikmati konten multimedia smartphone ini sudah bisa diandalkan. Selama menggunakannya pun kami nyaris tidak menjumpai masalah dengan performanya. Untuk hasil benchmark Nova 2i bisa dilihat berikut ini.

Di Nova 2i kami menemukan beberapa aplikasi bawaan atau bloatware. Tapi, untunglah beberapa aplikasi bawaannya ini memang cukup berguna. Sebut saja seperti aplikasi Phone Manager yang berguna untuk mengoptimalkan kinerjanya. Phone Manager hadir dengan menawarkan beberapa opsi pengaturan yang mencakup opsi membersihkan RAM, pemindai virus hingga manajeman daya baterai. Selain itu tersedia aplikasi Huawei Health yang bisa berguna untuk memantau kebugaran.

Huawei Nova 2i juga menyediakan fitur App Twin. Fitur ini memungkinkan Anda masuk ke 2 akun di satu aplikasi di waktu yang sama. Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan untuk aplikasi Facebook dan Facebook Mesenger saja.

Daya tahan baterai lumayan


Sementara untuk daya tahan baterainya, Nova 2i dengan baterainya yang berkapasitas 3340mAh mampu mencatatkan skor benchmark nyaris 9 jam. Walau begitu, saat digunakan sehari-hari baterainya sanggup menemani aktivitas kami seharian tanpa perlu repot mencari powerbank. Daya tahan baterainya ini hanya akan terkuras relatif lebih cepat jika sering digunakan untuk memotret. Selain itu, Huawei juga belum melengkapinya dengan fitur isi ulang cepat.

Kesimpulan

Huawei Nova 2i adalah smartphone yang sangat inovatif dan menggiurkan di kelas menengah. Dijual dengan harga Rp3,99jt Nova 2i tidak hanya menyedot perhatian dengan 4 kameranya, tapi juga tampil menonjol dengan layarnya yang sangat menawan dan kinerjanya yang prima.

Kebolehan 4 kamera di Nova 2i pun terbukti layak diacungi jempol dengan hasil foto yang tergolong baik dan kemampuan menciptakan efek bokeh yang nyaris sempurna di kelasnya. Didukung sejumlah mode pemotretan yang sangat lengkap, Nova 2i wajib dilirik jika Anda sekedar ingin mencicipi smartphone dengan teknologi 4 kamera dan gemar memotret dengan smartphone.

Yang Canggih:
+ Inovatif dengan 4 kamera di kelas harganya
+ Hasil foto oke dengan kamera depan atau belakang
+ Fitur Bokeh nyaris sempurna
+ Fitur dan mode pengambilan gambar lengkap
+ Baterai cukup tahan lama
+ Layar menawan

Yang Kurang
– Kendali noise di ISO tinggi kurang optimal
– Bodi licin
– Layar belum diperkuat dengan pelindung
– Belum dilengkapi fitur isi ulang cepat

Nova 2i wajib dilirik jika Anda sekedar ingin mencicipi smartphone dengan teknologi 4 kamera dan gemar memotret dengan smartphone.

Komentar

Beri komentar

Close