Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)Tips

Tips Memaksimalkan Fitur di Spotify

Spotify tercatat sebagai aplikasi streaming musik yang paling banyak digunakan. Per bulan Juni tahun ini Spotify berhasil mencatatkan angka 140 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Tapi, meski sebagai aplikasi layanan streaming musik yang paling banyak digunakan ternyata masih banyak fitur di Spotify yang belum banyak diketahui penggunanya. Di artikel berikut Anda akan mengetahui 7 fitur dari Spotify yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pengalaman mendengarkan musik dengan Spotify.

1. Meningkatkan kualitas suara

spotify 4
Spotify memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik dengan kualitas suara yang lebih baik. Kualitas suaranya bisa diatur untuk streaming atau untuk lagu yang ingin diunduh. Ada 4 pengaturan suara yang tersedia yakni Automatic, Normal, High dan Extreme. Untuk kualitas suara terbaik opsi Extreme bisa dipilih.

Perlu dicatat, semakin tinggi kualitas suara yang dipilih akan menyedot lebih banyak paket data Anda terutama saat melakukan streaming musik.

Untuk mengakses opsi ini bisa dengan cara ke menu Settings kemudian pilih Music Quality.

2. Membuat folder playlist (Hanya untuk Spotify versi desktop)

spotify 2
Ingin mengelompokkan playlist lagu favorit Anda di dalam satu folder? Spotify versi desktop saat ini telah memungkinkan hal tersebut.

Anda hanya perlu membuat sebuah folder, buat nama folder, lalu drag dan drop playlist ke dalam folder tersebut. Walau folder ini hanya bisa dibuat di desktop tapi Anda tetap bisa mengakses folder ini di aplikasi Spotify yang ada di smartphone.

Untuk membuat folder di aplikasi desktop Spotify bisa dengan cara pilih opsi File lalu pilih New Playlist Folder.

3. Mencari lagu secara spesifik di playlist

spotify 3
Playlist Spotify tentunya diisi dengan puluhan bahkan ratusan lagu favorit Anda. Nah, untuk mempermudah dan mempercepat melakukan pencarian satu lagu secara spesifik, Anda bisa memanfaatkan fitur filter.

Caranya, saat di Playlist tarik layar kebawah. Kemudian akan muncul kolom pencarian dan ketik judul lagu atau Artis yang ingin diputar.

4. Mengembalikan Playlist yang tidak sengaja terhapus

Membuat Playlist yang berisi lagu-lagu favorit memang cukup membutuhkan waktu. Tapi bagaimana jika secara tidak sengaja playlist tersebut terhapus? Tenang saja, karena playlist tersebut bisa dimunculkan kembali.

Untuk memunculkan kembali playlist yang sudah terhapus Anda bisa menuju laman Spotify kemudian login dengan akun Anda. Setelah itu silahkan menuju opsi Account Setting dan pilih opsi Recovery Playlist.

5. Mendengarkan Lagu atau Artis di Radio dengan Nuansa musik yang sama

spotify 7
Fitur Radio mungkin saja fitur yang paling jarang digunakan oleh pengguna Spotify di Indonesia.

Fitur Radio di Spotify membuat playlist dengan menyamakan artis atau lagu. Kini fitur tersebut bisa aktif secara otomatis. Ketika Anda selesai mendengarkan satu lagu, secara otomatis Spotify akan menyajikan artis atau lagu dengan nuansa musik yang sama seperti lagu sebelumnya.

6. Opsi Private

spotify 6
Layaknya aplikasi jejaring sosial, Spotify juga memungkinkan Anda untuk mengikuti akun orang lain dan sebaliknya akun Anda pun bisa diikuti oleh orang lain.

Semua pengikut akun Anda bisa mengetahui lagu apa yang sedang Anda putar. Nah, jika tidak ingin pengikut Anda mengetahui lagu apa yang sedang diputar, opsi Private bisa dipilih.

Dengan memilih opsi Private ini Spotify tidak akan menampilkan lagu apa yang sedang Anda dengarkan.

Di aplikasi Spotify opsi ini bisa diaktifkan dengan menuju menu pengaturan, pilih Social lalu aktifkan opsi Private Session. Untuk Spotify desktop opsi ini bisa ditemukan di File lalu pilih Private Session (Windows) atau Spotify lalu pilih Private Session (Mac).

7. Discover weekly – Made For You

spotify 5
Ini adalah salah satu fitur yang paling kami gemari. Setiap minggunya, Spotify akan mengkurasi dan membuat sebuah Playlist khusus untuk Anda.

Discover weekly didukung dengan sebuah algoritma yang secara otomatis akan mempelajari semua lagu, genre musik, dan artis yang Anda dengarkan sehari-hari. Dengan demikian semua lagu yang ada di Discover Weekly nanti semuanya akan sesuai dengan selera Anda.

Discover weekly bisa ditemukan di bagian Home aplikasi Spotify.

Back to top button