[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Vivo V7, Smartphone Berlayar FullView dengan Kamera Selfie 24 Megapixel

Persaingan smartphone selfie di Indonesia semakin panas. Dengan pasar yang begitu menjanjikan, para produsen pun terlihat rajin meluncurkan produk anyar dengan kamera depan sebagai nilai jual utamanya.

Yang terbaru adalah Vivo V7. Tapi bukan cuma soal kamera selfie, Vivo V7 yang tak lain merupakan varian yang lebih terjangkau dari V7+ juga menawarkan layar FullView dengan bezel tipis.

Dalam acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Kamis (16/11), Yangcanggih.com berkesempatan mencoba langsung smartphone ini. Penasaran seperti apa? Simak ulasan singkat kami:

Desain yang lebih ramping dan nyaman digenggam

svg%3E

Sekadar mengingatkan, satu hal yang paling membedakan Vivo V7 dengan Vivo V7+ adalah ukuran layarnya. Jika V7+ mengusung layar 5,99 inci, V7 menggunakan 5,7 inci. Vivo tetap mengedepankan teknologi layar FullView dengan aspect ratio 18:9 dan resolusi HD+ (720 x 1440 pixel).

Dengan layar yang lebih kecil, artinya dimensi bodi secara keseluruhan pun lebih ramping dibanding saudaranya. Menurut Vivo, dimensi Vivo V7 sama dengan smartphone berlayar 5,2 inci. Kami menilai Vivo V7 lebih nyaman digenggam dan enak dioperasikan dengan satu tangan. Dan yang tak kalah penting, tidak licin.

Desainnya mirip dengan V7+. Bagian depan nyaris didominasi layar seluruhnya, ratio-nya mencapai 83,6 persen. Sementara sensor sidik jari terletak di bagian belakang. Cover belakangnya tampil sederhana tanpa banyak elemen-elemen yang mengganggu kesan elegan yang ingin ditonjolkannya. Secara keseluruhan menurut kami Vivo V7 tampil cukup menawan.

Kamera selfie 24 megapixel

Selain layar FullView, sektor fotografi, khususnya kamera depan, sangat dikedepankan oleh Vivo ketika meluncurkan V7 di Indonesia. Vivo cukup percaya diri mampu memberikan hasil selfie yang maksimal berkat keberadaan sensor 24 megapixel f/2.0 di depan.

svg%3E

Kamera ini didukung fitur Face Beauty 7.0 untuk menyesuaikan efek wajah pada pria dan wanita dengan natural, serta Portrait Mode untuk membuat foto selfie dengan efek bokeh. Kami sempat mencoba memotret dengan kamera depan Vivo V7 dan hasilnya memang bagus.

Foto selfie yang disajikan nampak tajam dengan kontras warna yang baik. Detail foto juga cukup tinggi, meski kami melakukan pemotretan di area event di dalam ruangan dengan bantuan cahaya lampu.

svg%3E

Perlu diketahui, menurut Vivo, Face Beauty 7.0 ternyata juga bisa berfungsi saat pengguna sedang melakukan video call di beberapa aplikasi seperti WhatsApp, LINE, BBM, dan Facebook Messenger. Sayangnya untuk fitur yang satu ini, kami tidak sempat mencobanya karena keterbatasan waktu. Namun agar Anda tidak penasaran, berikut kami tampilkan beberapa hasil foto menggunakan kamera depan Vivo V7:

Hasil foto Vivo V7 (2)

Hasil foto Vivo V7 (3)

Hasil foto Vivo V7 (1)

Performa didukung Snapdragon 450

Mungkin sebagian dari Anda menilai Vivo cukup berani meluncurkan sebuah produk dengan harga nyaris 4 juta rupiah, tapi ‘hanya’ menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 450. Padahal, Snapdragon 450 memiliki performa yang cukup baik dan cocok digunakan oleh smartphone kelas menengah.

Selama kami mencoba Vivo V7, pengoperasian berjalan mulus dan tak ada masalah sama sekali. Ditemani RAM 4 GB, Android 7.1 Nougat dengan UI FunTouch OS 3.2 terasa gesit dan cocok untuk multitasking. Vivo menyediakan beberapa fitur bawaan yang menarik seperti Smart Split 3.0 untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus, Face Access, serta App Clone.

Kesimpulan awal

svg%3E

Vivo V7 bermain di area yang panas terkait banderol harganya yang berada di angka Rp3.799.000. Di level harga ini, calon pembeli memiliki pilihan cukup beragam dan beberapa di antaranya juga mengedepankan kamera selfie sebagai penawaran utamanya.

Meski begitu, menurut kami Vivo V7 tetap mempunyai daya saing yang tinggi terlebih karena sejauh pengujian kami di lokasi acara, kamera selfie smartphone ini bisa dibilang mumpuni di kelasnya. Layar FullView-nya pun tampil cukup baik meski resolusinya masih HD+.

Yang pasti, keputusan akhir untuk memilih smartphone mana yang terbaik berdasarkan budget tetap berada di tangan konsumen. Kita tunggu saja bagaimana kiprah Vivo V7 nanti di pasar Indonesia!

[table]Spesifikasi;Vivo V7
Layar;FullView 5,7 inci 18:9 dengan resolusi HD+
SoC;Qualcomm Snapdragon 450 octa-core 1.8 GHz
RAM;4 GB
Memori internal;32 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang;16 megapixel (PDAF dan LED flash)
Kamera depan;24 megapixel dengan Face Beauty 7.0 dan Portrait Mode
Sistem operasi;Android 7.1 Nougat (Funtouch OS 3.2)
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 4.2, WiFi, 802.11 b/g/n, A-GPS, GLONASS
Baterai;3000 mAh
Fitur;Face Access, sensor sidik jari
Dimensi;149.3 x 72.8 x 7.9 mm (berat 139 gram)
[/table]

Verified by MonsterInsights