Intel Rilis Optane 900P, SSD Optane Pertama untuk Komputer Desktop

Intel merilis SSD Optane seri 900P utuk komputer desktop. Intel Optane SSD 900P memiliki kecepatanyang kencang dengan klaim mencapai 2000MB/s.

Intel Optane SSD 900P menggunakan teknologi 3D XPoint yang juga digunakan pada perangkat Optane lainnya. Teknologi ini menjanjikan kapasitas besar seperti SSD serta kecepatan yang kencang seperti DRAM. Sebelumnya, Intel pernah merilis Optane sebagai sebuah solusi caching untuk membantu meningkatkan kecepatan hard disk konvensional dengan menggunakan interface M.2.

svg%3E

Selain sebagai media penyimpanan, karena kecepatannya yang kencang Intel juga menyatakan bahwa Optane SSD 900P dapat juga digunakan sebagai pendukung RAM. Jadi, Anda bisa menggunakan perangkat ini untuk meningkatkan kapasitas RAM Anda jika dirasa kurang.

Intel Optane SSD 900P tersedia dalam 2 pilihan kapasitas yaitu 280GB dan 480GB. Kapasitas 280GB tersedia dalam form factor U.2 yang mirip dengan konektor SATA, dan HHL (PCI-Express half height half length) dan akan dijual dengan harga US$389 atau sekitar 5,2 juta rupiah. Sedangkan kapasitas 480GB hanya akan tersedia dalam form factor HHL dan dijual dengan harga US$599 atau sekitar 8 juta rupiah.