Datascrip Hadirkan Perangkat Global Navigation Satellite System untuk Bantu Para Surveyor Tanah

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat melakukan program sertifikasi tanah untuk mendukung upaya reforma agraria. Untuk mensukseskan program tersebut, pemerintah saat ini sedang mendata bidang-bidang tanah yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

svg%3E

Berdasarkan data dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang, saat ini baru 46 juta dari 130 juta bidang tanah yang telah memiliki sertifikat. Pemetaan tanah yang akurat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang akurat dalam mengukur luas bidang tanah yang akan diterbitkan sertifikatnya.

Untuk mendukung program pemerintah tersebut, PT Datascrip menghadirkan 3 perangkat Global Navigation Satellite System (GNSS) dari CHC Navigation. Perangkat GNSS CHC i80, X91+, dan M5 dapat digunakan untuk menampilkan data koordinat muka bumi dengan akurat dan cepat sehingga data ukuran tanah bisa didapatkan dengan presisi.

svg%3E

svg%3E

Gatot P. Laksono, Division Manager CAD & Survey System, PT Datascrip mengatakan bahwa perangkat GNSS CHC i80, X91+, dan M5 merupakan solusi perangkat pengukuran dan pemetaan lahan yang cepat dan akurat. Perangkat tersebut telah dilengkapi dengan kemampuan pengukuran real time kinematik (RTK) yang dapat menghasilkan data pengukuran yang akurat secara langsung di lapangan.

CHC i80, X91+, dan M5 akan tersedia melalui PT Datascrip selaku authorized distributor untuk perangkat CHC Navigation di Indonesia. Satu paket RTK CHC i80 akan dijual dengan harga Rp350.000.000. Satu paket RTK CHC X91+ dijual dengan harga Rp250.000. Sedangkan satu paket RTK CHC M5 dijual dengan harga Rp200.000.000.