Microsoft Surface Pro Kini Mendukung Koneksi LTE Advanced Hingga 450Mbps

Microsoft merilis versi terbaru dari laptop convertiblenya yaitu Surface Pro. Di Surface Pro versi baru ini, Microsoft melengkapinya dengan modem LTE Advanced sehingga perangkat ini bisa terkoneksi dimana pun tanpa ketergantungan terhadap koneksi WiFi.

svg%3E

Perangkat bernama Microsoft Surface Pro with LTE Advanced ini dilengkapi dengan modem X16 dari Qualcomm. Modem LTE ini mendukung koneksi 20 band global yang membuatnya kompatibel dengan berbagai operator di seluruh dunia yang menyediakan koneksi LTE. Qualcomm X16 mendukung koneksi LTE Cat 9 yang menjanjikan kecepatan download hingga 450Mbps yang menjadi kecepatan paling tinggi saat ini.

svg%3E

Secara desain dan spesifikasi, tak ada yang berubah dari Microsoft Surface Pro with LTE Advanced. Perangkat ini masih memiliki spesifikasi yang sama dengan Surface Pro tanpa koneksi LTE yang ada sekarang ini. Akan tersedia dua pilihan varian Surface Pro yang mendukung koneksi LTE yang harganya akan lebih mahal US$150 dari varian yang tidak mendukung LTE.

Microsoft Surface Pro with LTE Advanced akan dijual dengan harga US$1149 atau sekitar juta rupiah untuk varian dengan prosesor Core i5, RAM 4GB, dan SSD 128GB, dan US$1449 untuk varian prosesor Core i5, RAM 8GB, dan SSD 256GB. Sayangnya Surface Pro with LTE Advanced sepertinya tidak akan tersedia dengan varian prosesor Core i7. Perangkat ini akan tersedia di pasaran pada bulan Desember.