Review Samsung Galaxy Tab S3 (with S Pen): Tablet Premium untuk Produktivitas dan Hiburan

3.3
Cek Harga

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pasar tablet Android di Indonesia saat ini memang tergolong sepi. Meski begitu, Samsung tetap setia menghadirkan tablet terbarunya demi memenuhi keinginan pengguna yang masih membutuhkan perangkat tersebut untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Produk terbaru Samsung di ranah tablet Android adalah Galaxy Tab S3. Ya, ini adalah perangkat premium yang dibanderol dengan harga cukup tinggi, yakni 10 juta rupiah. Apa saja keunggulan yang ditawarkannya? Simak ulasan kami:

Desain khas Samsungsvg%3ETablet bisa dibilang merupakan perangkat yang minim inovasi dari segi desain. Galaxy Tab S3 pun tidak menyajikan sesuatu yang spesial, selain soal ketebalannya saja yang tetap ramping.

Secara keseluruhan, desainnya khas Samsung. Tetap terasa minimalis tanpa ada terobosan-terobosan desain yang tidak perlu. Material metalnya terasa premium sesuai harganya. Di bagian depan Anda masih akan menemukan tombol Home fisik (sekaligus sensor sidik jari) beserta softkey tepat di sebelahnya.

svg%3E

Galaxy Tab S3 memiliki bobot 434 gram. Cukup nyaman untuk dipegang dan tidak terlalu berat. Di bagian belakang, Anda akan menemukan back cover yang dilapisi dengan kaca. Memang mudah kotor jika terkena jari yang berminyak, tapi di sisi lain, penggunaan kaca membuat tampilannya lebih menawan.

Yang menarik, di salah satu sisinya, Galaxy Tab S3 memiliki konektor magnet untuk memudahkan pemasangan keyboard. Ketika Anda butuh perangkat untuk bekerja saat sedang bepergian, cukup hubungan keyboard dengan Galaxy Tab S3 maka Anda siap untuk tetap produktif.

Perlu diketahui bahwa Galaxy Tab S3 dibekali S Pen yang didukung beberapa fungsi berguna layaknya seri Note. Cocok untuk Anda yang kreatif dan membutuhkan perangkat untuk menuangkan ide kapanpun dan di manapun.

Bisa digunakan tanpa baterai, S Pen pada Samsung Galaxy Tab S3 memiliki ujung pena dengan diameter hanya 0,7mm dan mampu mengenali tekanan hingga 4,096 tingkatan. Nilai minusnya, tidak ada tempat khusus untuk menyimpan S Pen tersebut di Galaxy Tab S3, sehingga berpotensi hilang atau ketinggalan di rumah. Untungnya, jika Anda memiliki keyboard-nya, ada tempat untuk menyelipkan S Pen.

POGO Keyboard untuk bekerja secara mobile

Seperti disebutkan di atas, Galaxy Tab S3 juga didukung POGO Keyboard agar memudahkan pengguna menyelesaikan pekerjaan dengan lebih fleksibel. Keyboard ini dapat terhubung melalui konektor berbasis magnet yang mudah dipasang dan dilepas. Selain itu, POGO Keyboard pun tidak memiliki baterai yang artinya pengguna tidak perlu repot mengisi ulang daya.

svg%3E

Jika Anda membutuhkan alat untuk mengetik dengan praktis, POGO keyboard ini bisa menjadi jawabannya. Saat terpasang sebagai cover pun tidak membuat dimensi Galaxy Tab S3 terlihat bongsor dan berat.

Namun yang wajib diingat, Anda tidak akan mendapatkan pengalaman mengetik seperti pada keyboard di PC. Tombol yang tersedia hanya fungsi utama untuk mengetik saja. Tidak ada tombol Home sehingga Anda perlu menjangkau tombol Home fisik pada tablet jika membutuhkan fungsi tersebut. Selain itu, tombol Backspace dan Enter menurut kami ukurannya terlalu kecil.

svg%3E

Memang tidak sempurna, namun jika Anda mencari alternatif untuk menggantikan laptop yang berat untuk dibawa-bawa, Galaxy Tab S3 beserta POGO keyboard adalah pilihan yang menarik.

Layar menawan, audio didukung 4 speaker

Samsung Galaxy Tab S3 mengusung layar Super AMOLED 9,7 inci dengan resolusi 2048 x 1536 pixel (518ppi). Sangat tajam dan memanjakan mata ketika menikmati konten khususnya film dan games, meskipun di sekelilingnya, Anda masih akan menemukan bezel yang cukup tebal.

svg%3E

Kerennya lagi, layar ini sudah mendukung HDR. Dengan konten yang mendukung, Anda bisa menikmati tampilan video yang jauh lebih menawan. Sayangnya, konten HDR adalah sesuatu yang tidak mudah didapatkan. Penyedia konten seperti Netflix pun belum menghadirkan dukungan HDR untuk tablet.

Melihat sektor audio, Galaxy Tab S3 nampaknya memang dirancang dengan fitur hiburan yang menonjol. Terbukti dari keberadaan Quad Stereo Speaker (4 speaker) garapan AKG yang terletak di empat sudut tablet untuk mendukung audio yang mumpuni.

Android 7.0 Nougat dengan fitur pendukung S Pen

Tablet ini mengadopsi sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan user interface khas Samsung. Cukup banyak fitur berguna yang dibenamkan, termasuk untuk mendukung corat-coret menggunakan S Pen.

Anda akan menemukan Smart Select untuk meng-crop bagian tertentu dari tampilan di layar. Ada pula fungsi Translate, yang sesuai namanya dapat menerjemahkan tulisan di layar. Caranya cukup mudah. Tinggal arahkan S Pen ke kata yang ingin diterjemahkan, dan hasil terjemahannya akan langsung ditampilkan.

svg%3E

Agar produktivitas semakin tinggi, Anda bisa melakukan multitasking dengan menampilkan dua aplikasi yang berjalan sekaligus di satu layar. Anda juga disuguhkan berbagai aplikasi garapan Microsoft seperti Word, Excel, PowerPoint, dan sebagainya.

Kamera cukup untuk video call

svg%3E

Samsung membenamkan kamera 13 megapixel f/1.9 (dengan autofocus serta LED flash) di belakang dan 5 megapixel f/2.2 di depan untuk mendukung kebutuhan seperti video call. Kami tidak akan terlalu jauh membahas sektor ini karena menurut kami, tablet bukanlah perangkat yang umum digunakan untuk memotret.

Yang jelas, kamera depannya cukup baik untuk video call. Di saat Anda sedang bekerja secara mobile, Anda tetap bisa terhubung dengan teman atau keluarga di rumah. Apalagi, Galaxy Tab S3 sudah mendukung jaringan 4G sehingga Anda tidak perlu repot mencari sambungan WiFi.

Performa mulus

Untuk urusan performa, Galaxy Tab S3 mengandalkan SoC Qualcomm Snapdragon 820 dan RAM 4 GB. Memori internalnya tidak besar untuk sebuah perangkat seharga 10 juta rupiah, yakni hanya 32 GB. Tapi untungnya, masih ada slot microSD.

Secara keseluruhan, kinerja Galaxy Tab S3 sangat mulus untuk mendukung berbagai kebutuhan. Untuk 3D gaming pun lancar dan tidak ada masalah berarti selama kami menjalankan game seperti Iron Blade yang memiliki tampilan grafis tinggi.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan:

Baterai lumayan

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, baterai Galaxy Tab S3 mengalami sedikit peningkatan menjadi 6000 mAh. Ukuran yang sesungguhnya tidak terlihat besar untuk ukuran tablet. Akan tetapi, baterai tersebut tetap bisa mendukung kegiatan kami dari pagi hingga sore hari.

Proses pengisian dayanya pun cukup cepat. Menggunakan charger bawaanya dengan kondisi baterai kurang dari 10 persen, Galaxy Tab S3 bisa terisi penuh hingga 100 persen dalam waktu sekitar 2 jam.

Tak lupa, kami juga melakukan pengujian menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0 Battery Life. Simak hasilnya:

svg%3E

Kesimpulan

Secara keseluruhan Galaxy Tab S3 adalah perangkat yang menarik. Anda yang mencari alternatif untuk menggantikan laptop yang berat bisa memilih tablet ini beserta POGO keyboard sebagai solusinya.

svg%3E

Namun seperti yang selalu kami tekankan, pasar tablet Android memang tidak lagi menggeliat. Sebagai pengganti laptop berbasis Windows pun, tablet Android jelas tidak bisa memberikan pengalaman yang sama. Apalagi, harga Galaxy Tab S3 menurut kami cukup mahal.

Dibanderol Rp9.999.000 (belum termasuk POGO Keyboard), Galaxy Tab S3 with S Pen cocok untuk Anda yang mencari perangkat premium yang tipis dan ringan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang tidak terlalu rumit, serta mendukung hiburan yang maksimal.

Yang Canggih:

+ Desain bagus dengan bodi tipis dan ringan
+ Layar menawan dan mendukung HDR
+ Audio didukung Quad Stereo Speaker garapan AKG
+ Performa kencang
+ Dibekali S Pen dengan fitur-fitur mirip seri Note
+ POGO Keyboard untuk memudahkan bekerja di manapun

Yang Kurang:

– Harga mahal
– Paket penjualan belum termasuk POGO Keyboard
– Cover belakang mudah kotor oleh sidik jari
– Tidak ada tempat khusus untuk menyisipkan S Pen pada tablet

[table]Spesifikasi;Samsung Galaxy Tab S3 with S Pen
Layar;Super AMOLED 9.7 inci 2048 x 1536 pixel (518ppi), with HDR support
SoC;Qualcomm Snapdragon 820 Quad-core, GPU Adreno 530
RAM;4 GB
Memori internal;32 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang;13 megapixel f/1.9 dengan autofocus dan lampu flash
Kamera depan;5 megapixel f/2.2
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, A-GPS, GLONASS, USB Type-C
Sistem operasi;Android 7.0 Nougat
Baterai;6000 mAh
Fitur;Quad stereo speaker AKG, Sensor sidik jari, S Pen, POGO Keyboard (dijual terpisah)
Dimensi;237.3 x 169 x 6 mm (berat 434 gram)
[/table]

Samsung Galaxy Tab S3
Tablet ini cocok untuk Anda yang mencari perangkat tipis dan ringan untuk tetap produktif dan kreatif sepanjang hari
3.3
Cek Harga