AMD Rilis Prosesor APU Berbasis Ryzen dan Vega untuk Laptop Berbodi Tipis

Setelah sukses dengan Ryzen di segmen prosesor desktop dan server, AMD kini menghadirkan prosesor terbarunya tersebut dengan meluncurkan APU generasi terbaru yang berbasis Ryzen. APU berbasis Ryzen tersebut juga memiliki kartu grafis berbasis Vega yang merupakan kartu grafis terbaru dari AMD.

APU AMD berbasis Ryzen ini merupakan APU generasi 8 yang menjadi penerus APU Bristol Ridge yang dirilis pada tahun 2016 lalu. AMD mengklaim, APU berbasis Ryzen dan Vega ini dapat memiliki kinerja grafis yang jauh lebih kencang hingga 128 persen dibandingkan chip grafis yang ada pada Bristol Ridge. Selain itu, konsumsi dayanya juga lebih hemat hingga 58 persen. CPU Ryzen yang digunakan pada APU ini menggunakan arsitektur Zen terbaru yang mempunyai kinerja lebih kencang namun konsumsi daya yang lebih irit.

svg%3E

Kali ini, AMD merilis 2 APU pertama yang ditenagai oleh Ryzen dan Vega, yaitu Ryzen 7 2700U, dan Ryzen 5 2500U. Keduanya memiliki prosesor 4 core dengan 8 thread. Huruf U di belakangnya menandakan bahwa 2 APU ini ditujukan untuk laptop ultralight atau yang berbodi tipis.

svg%3E

Ryzen 7 2700U memiliki base speed sebesar 2,2GHz dan boost speed hingga 3,8GHz. Kemudian, Ryzen 7 2700U ini memiliki chip grafis Vega dengan 10 compute unit. Sedangkan Ryzen 5 2500U diposisikan sedikit di bawahnya. APU ini memiliki base speed sebesar 2,0GHz dengan boost speed hingga 3,6GHz. Chip grafis Vega yang terpasang di APU ini memiliki 8 compute unit. Kedua APU tersebut memiliki konsumsi daya 15watt yang juga bisa diatur untuk membuatnya lebih hemat dalam mengkonsumsi baterai dengan teknologi AMD SenseMi.

svg%3E

Kartu grafis Vega pada APU Ryzen ini juga diklaim mampu menghasilkan kinerja yang baik untuk bermain game pada laptop. AMD menyatakan, APU ini dapat menjalankan berbagai game seperti Quake, Overwatch, dan League of Legends dengan frame-rate yang cukup tinggi dan lancar. Bahkan, pengujian 3DMark Time Spy menyatakan bahwa laptop dengan APU Ryzen 7 2700U mampu mengalahkan laptop yang ditenagai dengan Intel Core i7 7500U dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 950M.

Sejumlah produsen laptop pun telah siap untuk meluncurkan laptop baru yang menggunakan APU Ryzen 7 2700U maupun Ryzen 5 2500U. Dalam beberapa waktu ke depan, pasar laptop pun akan semakin ramai dengan kehadiran laptop yang ditenagai oleh APU Ryzen ini.

Verified by MonsterInsights