Kesan Pertama Mencoba Kamera Ganda Xiaomi Mi A1

Xiaomi telah secara resmi meluncurkan smartphone Android One pertamanya, Mi A1, di Indonesia. Di kalangan Mi Fans, smartphone ini mendapat sambutan yang sangat positif. Bagaimana tidak. Spesifikasi yang ditawarkannya tergolong menarik jika dibandingkan dengan harga jualnya.

Salah satu keunggulan dari Mi A1 adalah kamera belakang ganda yang memiliki konfigurasi 12 megapixel + 12 megapixel. Dalam sebuah acara di Jakarta, Jumat (13/10), Xiaomi mengajak kami bersama beberapa awak media lainnya untuk mencoba langsung kencaggihan dari kamera Mi A1.

Penasaran seperti apa? Simak ulasan singkat kami:

Efek bokeh cukup rapi

svg%3E

Dua kamera 12 megapixel yang dibenamkan pada bagian belakang Mi A1 memiliki spesifikasi berbeda. Kamera utamanya menggunakan lensa wide angle 27mm dengan aperture f/2.2, sementara kamera sekundernya adalah telephoto 54mm f/2.6 yang dengan Optical Zoom 2x. Keduanya tidak didukung Optical Image Stablization (OIS).

Meski menggunakan Android versi murni, aplikasi kamera yang dibenamkan pada Mi A1 justru sama dengan versi MIUI. Akan terasa familiar bagi Anda yang pernah menggunakan smartphone Xiaomi sebelumnya. Di menu Options, Anda akan menemukan beberapa mode seperti Panorama, Timer, Manual, Straighten, Beautify, Group Selfie, sekaligus opsi untuk menambahkan watermark “Shot On Mi A1 Mi Dual Camera”.

Hasil foto Xiaomi Mi A1 (10)

Hasil foto Xiaomi Mi A1 (18)

Hasil foto Xiaomi Mi A1 (20)

Seperti diketahui, dengan kamera belakang ganda Xiaomi Mi A1 mampu menciptakan foto dengan efek bokeh. Caranya pun mudah. Anda hanya perlu mengaktifkan Portrait Mode di aplikasi kamera. Untuk bisa mengambil gambar dengan efek blur yang maksimal, jarak antara Anda dengan obyek foto disarankan sejauh 2 meter.

Kami mencoba kamera Xiaomi Mi A1 di Ancol Beach City pada siang hari, tentunya dengan kondisi cahaya yang terang. Hasilnya memuaskan. Tangkapan gambar nampak tajam dengan detail dan saturasi warna yang baik untuk sebuah smartphone seharga 3,1 juta rupiah.

Hasil foto Xiaomi Mi A1 (7)

Hasil foto Xiaomi Mi A1 (9)

Hasil foto Xiaomi Mi A1 (14)

Efek bokehnya juga cukup bagus. Di kondisi cahaya yang terang (outdoor siang hari), kamera Mi A1 dengan baik memisahkan antara titik fokus dengan background yang akan diberi efek blur. Bagian pinggiran dari obyek foto pun terlihat halus dan rapi.

Secara keseluruhan, kami menilai kamera Mi A1 di kondisi cahaya yang baik dapat menghasilkan foto bokeh yang natural dan cukup memuaskan. Dengan catatan, jarak kamera dengan obyek yang difoto optimal (2 meter) dan jarak obyek dengan background pun cukup.

svg%3E

Hasil foto Xiaomi Mi A1 (16)

Hasil foto Xiaomi Mi A1 (21)

Hasil foto Xiaomi Mi A1 (15)

Catatan: Jika Anda ingin mengakses foto-foto lainnya yang kami abadikan menggunakan kamera Xiaomi Mi A1, Anda dapat menuju akun Flickr resmi YangCanggih.com di tautan berikut ini.

Optical Zoom 2x

Kami juga sempat mencoba memotret dengan kamera tele Mi A1. Anda bisa dengan mudah mengubah mode kamera ke Optical Zoom 2x hanya dengan menekan icon-nya. Masih di kondisi pemotretan yang sama, kamera tele dengan optical zoom 2x pada Mi A1 cukup baik dalam menangkap gambar.

Walaupun demikian, harus diakui ada sedikit penurunan detail pada foto. Kami memprediksi hal ini akan semakin terlihat saat Anda menggunakan mode optical zoom 2x di kondisi cahaya yang minim. Berikut adalah perbandingan foto tanpa zoom dan dengan optical zoom 2:

Hasil foto Xiaomi Mi A1 (11)

Hasil foto Xiaomi Mi A1 Optical Zoom 2x (12)

Sekadar informasi tambahan, performa kamera Xiaomi Mi A1 terasa gesit. Proses dari mulai membuka aplikasi kamera, mengaktifkan mode portrait atau mode lainnya, hingga foto tersimpan di memori internal tidak mengalami gangguan yang berarti. Akan tetapi, untuk mode HDR butuh waktu sekitar 1-2 detik untuk pemrosesan.

Sayangnya, karena waktu yang terbatas kami tidak bisa mencoba kamera Xiaomi Mi A1, khususnya menggunakan Portrait Mode, pada kondisi malam hari maupun di dalam ruangan dengan cahaya temaram. Ulasan yang lebih lengkap akan kami sajikan di artikel review Mi A1 nanti. Untuk sementara, Anda juga bisa membaca artikel Hands-On Xiaomi Mi A1 kami di tautan berikut ini.

Kesimpulan awal

Selain mengedepankan status Android One, keputusan Xiaomi untuk menjadikan kamera belakang ganda sebagai salah satu nilai jual utama memang terbukti jitu. Sejauh pengalaman yang kami dapat, hasil fotonya tergolong baik di level harganya.

svg%3E

Anda yang gemar atau baru mau belajar berkreasi dengan efek bokeh bisa menjadikan Xiaomi Mi A1 sebagai opsi belanja. Minimal, Anda bisa menghasilkan foto bokeh ala-ala fotografer untuk dipamerkan di Instagram atau media sosial lainnya.

Xiaomi Mi A1 saat ini sudah dijual di Indonesia dengan banderol Rp3.099.000. Anda bisa mendapatkannya melalui program flash sale di Lazada.co.id pada waktu-waktu tertentu, ataupun lewat gerai Erafone.

[table]Spesifikasi;Xiaomi Mi A1
Layar;IPS 5,5 inci Full HD
SoC;Qualcomm Snapdragon 625 octa-core
RAM;4 GB
Memori internal;64 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang; 12 megapixel wide angle + 12 megapixel Telephoto
Kamera depan;5 megapixel
Sistem operasi;Android 7.1.2 Nougat
Konektivitas;4G LTE (dual-SIM), Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, A-GPS, GLONASS, USB Type-C
Baterai;3080 mAh
Dimensi;155.4 x 75.8 x 7.3 mm (berat 165 gram)
[/table]