Elgato Cam Link Bisa Menjadikan Kamera Apapun Sebagai Webcam

Perangkat webcam biasanya digunakan saat Anda ingin melakukan video call atau live streaming dengan menggunakan komputer. Namun, tak semua perangkat webcam mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

svg%3E

Untuk mengatasi hal tersebut, Elgato meluncurkan Cam Link. Elgato Cam Link adalah sebuah perangkat yang membuat Anda bisa menggunakan perangkat kamera seperti action camera, camcorder, kamera mirrorless, dan juga kamera DSLR sebagai webcam. Dengan menggunakan koneksi HDMI yang terdapat pada kamera, Elgato Cam Link bisa menangkap gambar yang dihasilkan dari kamera untuk ditampilkan ke komputer.

Dari kamera, Elgato Cam Link menggunakan koneksi HDMI. Lalu perangkat ini menggunakan koneksi USB 3.0 untuk terhubung ke komputer. Kamera yang terhubung ke komputer melalui perangkat ini nantinya akan dikenali sebagai sebuah webcam biasa.

svg%3E

svg%3E

Elgato Cam Link mampu menangkap gambar hingga resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel dengan frame rate 60fps. Hasil rekaman akan langsung tersimpan ke dalam komputer. Untuk menghasilkan rekaman yang mulus, Elgato merekomendasikan koneksi USB 3.0 dan prosesor yang cukup bertenaga untuk menangani proses encoding dari perangkat ini.

Selain aplikasi bawaan Elgato, Cam Link juga kompatibel dengan beragam aplikasi lainnya yang mendukung penggunaan webcam seperti OBS dan Skype. Jadi, Anda bisa memanfaatkan perangkat ini saat Anda melakukan live streaming di Twitch, atau melakukan video calling dengan Skype. Elgato Cam Link dijual dengan harga US$129 atau sekitar 1,7 juta rupiah.