Kesan Pertama Mencoba Fitur Live Focus dan Dual Camera Samsung Galaxy Note8

Smartphone flagship atau kelas atas masa kini tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang cepat, tapi juga memiliki kamera yang mampu merekam foto di atas rata-rata. Salah satunya adalah Samsung Galaxy Note8 yang merupakan smartphone pertama Samsung dengan kamera ganda.

svg%3E

Dual Camera di belakang

Dengan dua kamera 12 megapixel di belakang, kamera Samsung Galaxy Note8 ini memiliki dua pilihan jangkauan lensa. Satu untuk sudut pandang standar yang agak lebar dengan aperture f/1.7 dan satu memiliki sudut pandang lebih dekat (telephoto) dengan aperture f/2.4. Konfigurasi kamera ini mirip seperti yang ditemukan di Apple iPhone 7 Plus.

Berikut contoh hasil fotonya:
1x zoom Note8
2x zoom Note8

Dengan dua lensa, Anda dapat membuat foto portrait atau foto manusia dengan lebih baik. Ini tentunya berbeda dengan lensa lebar tunggal yang biasa dimiliki ponsel. Dengan kamera yang memiliki lensa panjang atau telephoto ini, distorsi pada subyek akan lebih minimal dibandingkan jika Anda memotret subyek dari jarak dekat dengan kamera ponsel kebanyakan.

Live Focus

Selain memiliki jangkauan yang berbeda, dua kamera ini juga digunakan untuk fitur Live Focus. Dengan dua kamera dan fitur Live Focus ini, Anda bisa mengatur bokeh atau area kabur di latar belakang sebuah foto sesudah menjepret. Caranya, tinggal buka Gallery dan Anda tinggal mengatur seberapa blur latar yang diinginkan. Berikut contoh foto dengan dua pengaturan opsi Live Focus yang berbeda.
Live Focus
Live Focus

Mengingat efek bokeh atau background blur ini berdasarkan software, hasil akhirnya masih di bawah kamera DSLR atau mirrorless dengan lensa bukaan lebar. Jadi jangan dibandingkan ya.

svg%3E

Selain Live Focus, juga ada Selective Focus. Di sini kami mencobanya untuk selfie dengan kamera depan.

Selective Focus - Selfie

Hasilnya cukup rapi, walaupun terlihat ada bagian yang terlihat dikaburkan secara sengaja seperti bagian belakang telinga.

Bagi yang doyan berfoto lucu-lucu, Samsung Galaxy Note8 masih mendukung stiker seperti pada Galaxy S8 dan S8+.

Stickers Samsung Galaxy Note8

Kamera ganda dengan fitur menarik

Kesan singkat mencoba kamera Samsung Galaxy Note8 cukup positif. Selain memiliki respons yang cepat, hasil fotonya juga enak dipandang. Kami belum dapat menilai seberapa baik hasil fotonya, mengingat kami hanya mencoba kameranya di area yang sangat terbatas dan dalam hitungan menit. Bagi yang penasaran dengan hasilnya, berikut hasil foto Samsung Galaxy Note8 langsung dari kamera tanpa proses penyuntingan.

Samsung Galaxy Note8
Bokeh test
Samsung Galaxy Note8
Samsung Galaxy Note8
Selfie