Review Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB: PC Hemat Ruang dengan Layar dan Audio Kelas Atas

svg%3E
3.8
Cek Harga

Pangsa pasar PC memang tidak se-menggeliat smartphone. Meski begitu, Lenovo masih rajin meluncurkan berbagai produk baik dari kategori laptop, desktop, hingga AIO (All-in-One) PC. Di kategori yang disebut terakhir, Lenovo bisa dibilang salah satu brand yang memiliki lini produk cukup komplit untuk berbagai kebutuhan, dengan range harga yang variatif.

Produk yang akan kami bahas kali ini adalah Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB, sebuah AIO yang tampil dengan desain yang simple, namun tetap menawarkan spesifikasi dan fitur unggulan. Penasaran seperti apa kelebihannya? Langsung saja simak ulasannya:

Desain elegan yang minimalis

svg%3E

PC dengan kategori AIO memang ditujukan bagi pengguna yang ingin memiliki desktop di rumah atau kantor, namun tetap ingin menghemat ruang. Selain itu, menggunakan AIO pun meminimalisir banyaknya kabel-kabel yang seringkali tidak rapi dan mengganggu, karena semua hardware pada AIO menjadi satu dengan monitor.

Lenovo menyajikan IdeaCentre AIO 720-24IKB dalam sebuah konsep yang minimalis dengan tetap menjaga kesan elegan serta kemudahan dalam penggunaan. Anda tidak perlu melalui pengaturan di sana-sini. Begitu dikeluarkan dari box-nya, IdeaCentre AIO 720-24IKB dapat langsung Anda gunakan.

Bagian depan AIO ini didominasi layar berukuran 23,8 inci yang dikelilingi bezel super tipis. Tidak hanya menambah nilai estetika, bezel tipis tersebut juga membuat bodi IdeaCentre AIO 720-24IKB tetap ramping. Selain itu, Lenovo menggunakan stand yang minimalis agar tidak menghabiskan banyak ruang di meja, tapi tetap kokoh.

Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB hadir dengan port/slot yang cukup komplit. Anda akan menemukan 2 buah port USB 3.0, 2 buah port USB 2.0, port HDMI, 6-in-1 card reader, serta lubang jack combo untuk mic dan earphone. Ada pula DVD-RW untuk Anda yang membutuhkan optical drive. Sementara di bagian atas layar, Lenovo menyediakan webcam yang bisa disembunyikan kembali saat sedang tidak digunakan.

svg%3E

Layar menawan, audio menggelegar

Seperti disebutkan di atas, Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB memiliki layar berukuran 23,8 inci. Resolusi maksimalnya adalah 4K UHD alias 3840 x 2160 pixel. Perlu diketahui bahwa ini adalah layar multitouch (10 titik).

svg%3E

Kualitas gambarnya yang ditampilkannya tidak perlu diragukan. Sangat tajam dengan keluaran warna yang memanjakan mata. Dengan bezel yang sangat tipis, konten yang Anda nikmati akan terasa lebih maksimal.

Apapun kebutuhan Anda, entah itu mengetik, berselancar di dunia maya, menonton film favorit, atau bermain games, layar Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB akan mampu memfasilitasinya dengan sangat baik. Lewat port HDMI, Anda pun bisa menggunakan layar pada AIO ini sebagai monitor eksternal jika ingin menampilkan konten dari laptop, smartphone, atau perangkat lainnya.

Beralih ke sektor audio, Lenovo mempercayakannya kepada speaker stereo garapan Harman/Kardon yang sudah tersedia secara built-in. Tidak hanya jernih dan lantang, speaker ini juga mampu menghasilkan bass yang cukup mantap. Tambahan fitur Dolby Home Theatre pun akan semakin mendongkrak kualitas audionya.

svg%3E

svg%3E

Performa cukup untuk berbagai kebutuhan

Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB hadir dengan prosesor Intel Core i7-7700 yang ditemani dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 960A 2 GB GDDR5, RAM hingga 16 GB DDR4, serta HDD 1 TB 7200RPM SATAIII. Kombinasi tersebut di atas kertas sudah mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan, mulai dari pekerjaan yang ringan hingga yang berat.

Bahkan untuk gaming pun masih lumayan. Kami mencoba menjalankan Battlefield 1, sebuah game First-Person Shooter yang dikenal menuntut spesifikasi tinggi. Hasilnya, Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB mampu menjalankan game ini dengan baik di pengaturan grafis Medium.

svg%3E

Kami memainkan single player campaign di story Avanti Savoia. Selama sekitar 1 jam menjalankannya, frame rate yang didapat berada di kisaran 35-45 fps. Masih tergolong sangat playable, apalagi karena ini bukan mode kompetitif.

Namun yang menjadi perhatian kami adalah soal sistem pendinginan pada Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB. Kipasnya sangat berisik ketika PC sedang bekerja maksimal, misalnya saat menjalankan game atau rendering video. Meski tujuannya memang untuk membuang hawa panas dengan cepat, menurut kami suaranya cukup mengganggu.

Untuk lebih menggambarkan bagaimana performa dari Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB, berikut kami sajikan hasil dari beberapa benchmark yang kami gunakan:

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB adalah sebuah produk yang menarik. Performanya bagus, tampilannya pun menawan sehingga cocok diletakkan di meja kerja atau di meja ruang keluarga sekalipun. Apalagi, sebagai sebuah AIO, perangkat ini menawarkan kemudahan penggunaan tanpa perlu repot pengaturan kabel di sana-sini.

svg%3E

Dibanderol 15,4 jutaan rupiah, Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB dapat menjadi pilihan Anda yang membutuhkan PC dengan desain hemat ruang untuk bekerja maupun untuk keluarga. Dalam paket penjualannya, Lenovo telah menyediakan keyboard dan mouse secara cuma-cuma.

Yang Canggih:

+ Desain menawan
+ Hemat ruang tanpa banyak kabel yang merepotkan
+ Layar lebar dan memanjakan mata
+ Audio mantap dengan speaker stereo Harman/Kardon
+ Ketersediaan port cukup komplit

Yang Kurang:

– Kipas berisik

[table]Spesifikasi;Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB
Layar;23,8 4K UHD (3840 x 2160)
Prosesor;Intel Core i7-7700
VGA;Nvidia GeForce GTX 960A 2 GB
RAM;4 GB DDR4 (maksimal 16 GB)
Storage;HDD 1 TB
Konektivitas;802.11 a/c WiFi, Bluetooth 4.0
Port;2x USB 3.0, 2x USB 2.0, HDMI, gigabit ethernet, audio combo jack, card reader
OS;Windows 10 Home
[/table]

svg%3E
Lenovo IdeaCentre AIO 720-24IKB
Opsi yang menarik untuk yang membutuhkan sebuah PC komplit dan mudah digunakan
3.8
Cek Harga
Verified by MonsterInsights