Olympus OM-D E-M10 Mark III: Kini Bisa Rekam 4K dengan Sistem Autofokus Lebih Baik

3 tahun setelah Olympus OM-D E-M10 diperkenalkan ke publik, Olympus kini resmi merilis generasi ketiganya yaitu OM-D E-M10 Mark III.

svg%3E

Jika dibandingkan Olympus OM-D E-M10 Mark II, Olympus OM-D E-M10 III ini memang hanya mendapat sedikit pembaruan. Desainnya pun masih terlihat mirip. Namun, jika dilihat lebih seksama bagian handgrip Olympus OM-D E-M10 III kini memiliki rancangan yang lebih besar sehingga bisa lebih nyaman digunakan. Dengan desain hand grip barunya ini berarti Olympus OM-D E-M10 III juga tidak akan bisa mendukung aksesoris handgrip ECG-3 untuk Olympus OM-D E-M10 II.

svg%3E

Seperti Olympus OM-D E-M10 II, Olympus OM-D E-M10 III tetap mengandalkan sensor LiveMos MFT 16 megapixel. Bedanya, Olympus OM-D E-M10 III kini hadir dengan dukunga prosesor TruePic VIII yang juga digunakan oleh kamera mirrorless kelas atasnya Olympus OM-D E-M1 II.

Berkat prosesor yang lebih canggih, Olympus OM-D E-M10 III kini menawarkan pengaturan ISO maksimum hingga ISO 25600 dan bisa memotret tanpa henti hingga 8.6 frame per detik.

svg%3E

Peningkatan paling signifikan kemudian bisa terlihat di modus videonya. Jika Olympus OM-D E-M10 II hanya mampu merekam video hingga resolusi Full HD, Olympus OM-D E-M10 III kini bisa merekam video hingga resolusi 4K. Anda pun bisa menghasilkan rekaman video yang lebih mulus dan minim goyangan berkat tetap tersedianya fitur penstabil 5 sumbu langsung di bodinya.

svg%3E

Berlanjut ke sektor autofokus, Olympus OM-D E-M10 III kini didukung dengan sistem autofokus 121 titik menggantikan sistem autofokus 81 titik yang digunakan Olympus OM-D E-M10 II.

Fitur lain yang juga bisa ditemukan di Olympus OM-D E-M10 III diantaranya, layar sentuh 3 inci, jendela bidik elektronik, antarmuka baru yang lebih mudah digunakan, WiFi, flash terintegrasi dan satu tambahan filter baru yaitu Beach Bypass Art Filter.

Olympus OM-D E-M10 III tersedia dengan pilihan warna hitam/hitam dan hitam/silver. Harga jualnya mulai dari US$650 untuk bodi saja dan US$800 dengan lensa EZ 14-42mm.

[table]Spesifikasi; Olympus OM-D E-M10 Mark III
Sensor; Live MOS MFT 16 megapixel
Prosesor; TruePic VIII
Autofocus; 121 titik
Layar; 3 inci (1 juta titik) yang bisa diputar
EVF; 2,3 juta titik dengan perbesaran 1,23x
Video; 4K
Konektivitas; Wi-Fi, USB, micro-HDMI
Dimensi; 122 x 84 x 50 mm
Bobot; 410 gram
[/table]

Verified by MonsterInsights