[Hands-On] Kesan Pertama Melihat Langsung Samsung Galaxy Note 8

Bersamaan dengan momen Samsung mengumumkan Galaxy Note 8 di New York, kami juga berkesempatan memegang langsung ponsel pintar tersebut pada acara khusus yang diadakan oleh Samsung Indonesia di Jakarta. Mengingat ada pesan khusus agar tidak memotret menu atau mencoba kameranya akibat firmware yang masih belum stabil, maka kami akan bercerita lebih banyak mengenai desain Galaxy Note 8.

svg%3E

Ponsel 6,3 inci yang ramping

Kami agak terkejut saat menonton live streaming peluncuran Galaxy Note 8 yang menyebutkan bahwa ponsel ini akan dilengkapi layar berukuran 6,3 inci. Salah satu perhatian kami tentunya adalah membengkaknya dimensi ponsel yang mengakibatkan ketidaknyamanan saat digunakan sebagian pengguna.

Ternyata setelah melihat dan memegang secara langsung, kekhawatiran kami langsung sirna. Samsung Galaxy Note 8 masih cukup nyaman saat dioperasikan dengan satu tangan. Rupanya Infinity Display dengan bingkai yang tipis dan aspect ratio layar yang lebih lebar (18,5:9, bukan 16:9 seperti ponsel kebanyakan) memberi pengaruh terhadap hal itu. Rasio layar ke bodi yang sangat tinggi (mencapai hampir 83%) juga membuat dimensinya lebih ramping dibandingkan ponsel dengan layar 6 inci lainnya seperti Galaxy C9 Pro.

Dari sisi estetika desain, Samsung Galaxy Note 8 tampil dengan cantiknya. Warna hitam glossy pada unit yang kami coba juga terlihat mewah. Sayangnya, ini berarti sidik jari akan mudah menempel dan mengotori bodi jika Anda tidak menggunakan case untuk melindunginya.

Tahan air dan debu

Sama seperti Galaxy S8, bodi Note 8 juga mengantungi sertifikasi IP68 yang membuatnya memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Kami juga sempat mengajaknya berendam di kolam renang dan tidak menemui masalah apa pun selama aktivitas tersebut. S Pen yang dimilikinya juga dirancang agar tahan air. Bahkan Anda juga dapat mencoret-coret layarnya selama di dalam air. Menarik kan?

svg%3E

svg%3E

Satu hal yang menarik perhatian adalah adanya dua kamera utama di bagian belakang. Penempatan lensa dan fingerprint scanner yang dibentengi pagar berbentuk persegi panjang akan membuatnya aman saat ditaruh di meja dalam keadaan layar menghadap ke atas. Namun bingkai ini juga rentan terhadap kotoran (lihat gambar di atas) sehingga sepertinya harus rajin dibersihkan. Selain itu, lokasi pemindai sidik jari juga agak di atas sehingga agak susah dijangkau bagi pengguna yang jarinya agak pendek.

Pilihan wajib bagi penggemar seri Note

Sebenarnya dari tahun lalu, Galaxy Note 7 telah dinantikan banyak orang. Sayangnya, akibat insiden yang kurang mengenakkan tersebut membuat sebagian pengguna setia seri Galaxy Note harus bersabar lebih lama untuk beralih ke seri Note yang baru.

Dengan Note 8, kesabaran mereka berbuah manis. Dari pengalaman singkat kami mencobanya, Samsung Galaxy Note 8 kami yakini akan memuaskan ekspektasi pengguna Note. Selain memiliki layar lebar dengan desain bodi yang tetap ramping, Samsung Galaxy Note 8 juga unggul dari sisi spesifikasi dan fungsionalitas. S-Pen yang semakin pintar juga menjadi nilai tambah unik yang masih belum ditemukan di smartphone merk lain.

Bagi pengguna di Indonesia, Samsung Galaxy Note 8 akan dapat dipesan mulai awal bulan September 2017. Untuk harganya, kami prediksi akan berada di kisaran 12 juta rupiah. Berminat?