[Hands-On] ASUS ROG G752VSK: Semakin Gahar dengan Intel Kaby Lake

Di tahun ini ASUS terlihat sangat agresif menggempur pasar laptop gaming tanah air dengan produk laptop gaming ROG miliknya. Melanjutkan sukses ASUS ROG G752 di tahun lalu, ASUS kini telah siap dengan generasi penerusnya yakni ASUS ROG G752VSK. Penasaran dengan wujud laptop bongsor nan bertenagan ini? Simak ulasan hands-on kami di artikel berikut.

svg%3E

Serupa tapi tak sama
Memasuki generasi keduanya, ASUS terlihat masih betah mempertahankan desain futuristis ASUS ROG G752. Wujud ASUS ROG G752VSK ini masih sama seperti generasi lawasnya tersebut. Nyaris tidak kami jumpai ada perbedaan.

svg%3E

Bodinya yang bongsor dan berat, layar IPS Full HD 1920 x 1080 pixel yang mendukung teknologi Nvidia G-Sync, keyboard berukuran penuh bergaya chiclet dengan setuhan lampu backlit berwarna merah, tambahan 5 tombol makro untuk mendukung aktivitas gaming dan port konektivitas yang sangat lengkap tetap bisa ditemukan di laptop ini. Di bagian belakangnya kami pun masih bisa menjumpai desain lubang pembuangan panas yang bermodel seperti sirip yang membuatnya terlihat semakin gahar.

svg%3E

Dengan mengusung desain yang sama jelas ASUS ROG G752VSK bukanlah laptop gaming yang ideal untuk diajak bermobilitas. Laptop ini lebih cocok sebagai pengganti desktop PC untuk memenuhi kegiatan gaming Anda di rumah.

Performa tambah bertenaga
svg%3E
Meski mengusung desain yang sama, pembaruan baru terlihat di sektor dapur pacunya. Peningkatan yang dibawanya cukup menggiurkan dibandingkan versi lawasnya.

Dapur pacunya kini dipercayakan pada prosesor Intel generasi ketujuh, Intel Core i7-7700HQ 2.8GHz. Besaran RAM yang dibawanya mencapai 32GB DDR4 yang bisa di overclock hingga kecepatan 2400 MHz. Sementara sektor grafisnya didukung oleh kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1070 8GB DDR5.

Di saat sesi Hands-On ini kami pun mencicipi kehebatannya dengan memainkan beberapa judul game seperti The Witcher dan Tom Clancy’s The Division yang bisa dijalankannya dengna sangat mulus di pengaturan grafis tertinggi.

svg%3E

svg%3E

Dengan spesifikasinya ini ASUS ROG G752VSK jelas tidak hanya akan memanjakan para gamer dengan pengaturan grafis paling optimal, tapi juga akan membawa gamer ke pengalaman gaming yang lebih nyata berkat kemampuannya yang bisa mendukung teknologi VR (Virtual Reality).

Ruang penyimpanan lega
Gamers pun akan semakin dimanjakan dengan ruang penyimpanan yang super cepat. Untuk ruang penyimpannya tersedia NVMe SSD yang kapasitasnya 256GB. Dengan menggunakan SSD tentu saja akan membuat kinerja sistem berjalan lebih lancar dan cepat. Jika kurang ASUS masih menyediakan tambahan hard disk dengan kapasitas 1TB. Jadi gamer bisa dengan leluasa menyimpan beragam judul game dalam jumlah banyak di dalamnya.

Solusi pendingin muktahir
svg%3E
Untuk menjaga kinerjanya agar tetap stabil, ROG G752VSK dirancang menggunakan teknologi pendingin dual copper (menggunakan dua kipas dan pendinginan berbahan tembaga) untuk menjaga suhu tetap rendah, bahkan selama sesi overclocking demi menjamin stabilitas. Kipas pendinginnya juga telah dipasang di GPU dan CPU untuk memaksimalkan efisiensi kinerja.

Di dalam laptop ini pun telah terpasang tiga buah heatpipe (pipa pengalir panas) yang mengarah langsung pada GPU untuk mengeluarkan hawa panas. Suhu panas yang dialirkan itu dipastikan tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna. Ini dikarenakan ventilasi udara telah didesain secara apik agar mampu membuang panas ke belakang laptop bukan ke samping ataupun bawah.

Selain itu ASUS juga merupakan produsen notebook gaming pertama di dunia yang telah membenamkan notebook gamingnya dengan teknologi bernama 3D Vapor Pipe Chamber untuk menangkal panas. Teknologi tersebut akan bekerja ketika perangkat mulai terdeteksi mereproduksi suhu panas berlebihan pada komponen CPU dan GPU. Nantinya panas yang dikeluarkan itu akan langsung dinetralisir oleh cairan (liqiud) yang terdapat pada ruang uap vapor tersebut.

sebagai tambahannya ROG G752VSK juga memiliki solusi manajemen panas bernama Anti Dust Thermal Tunnel. Fitur tersebut secara ekslusif didesain untuk membuang debu dan kotoran yang dapat menumpuk pada kipas sehingga tidak menempel pada heatpipe. Hal tersebut juga akan meningkatkan performa dari sistem pendinginnya ini.

ASUS ROG G752VSK saat ini sudah tersedia di Indonesia. Banderol harganya menyentuh angka Rp32,99 juta lengkap dengan sistem operasi bawaan Windows 10. Dalam paket pembeliannya gamer juga akan mendapatkan gratis ROG Bagpack, ROG Gaming Mouse dan ROG Headset.

[table] Spesifikasi; ROG G752VSK (G-SYNC)
Prosesor; Intel Core i7-7700HQ Processor 6MB cache @ 2.8GHz (3.8 GHz Turbo)
OS; Windows 10
RAM; 32GB DDR4 2400MHz
Ruang Penyimpanan; 1TB HDD 7200rpm, 256 SSD NVMe
ODD; Super-Multi DVD
Layar; 17.3” FHD (1920 x 1080) IPS panel with NVIDIA G-SYNC
GPU; NVIDIA GeForce GTX 1070 8GB DDR5
Konektivitas; 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 2 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI, Integrated 802.11ac or 802.11 b/g/n (WiDi), BT 4.0 support
Webcam; HD Web Camera
Sepaker; Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster
Dimensi; 385 x 255 x 32.4mm
Baterai; 8Cells 90 Wh
Garansi; 2 years full global warranty
[/table]