Quantcast
Gadget GuideMobile GadgetSmartphone

[Buyer’s Guide] 10 Smartphone Dual-Camera yang Bisa Kamu Beli Saat Ini

Tren smartphone dual-camera memang tengah melanda dunia, termasuk Indonesia. Hampir semua produsen smartphone meluncurkan produk yang mengusung konsep tersebut. Meski begitu, tidak semua smartphone dual-camera menawarkan fungsi dan pengalaman yang 100 persen sama.

Untuk memudahkan kamu dalam memilih smartphone dual-camera sesuai budget dan keinginan, berikut daftar produk yang sudah beredar secara resmi di Indonesia saat ini.

1. Oppo F3 Plus

Oppo F3 Plus Black Edition 2

Oppo F3 Plus adalah smartphone yang menyajikan kamera depan ganda untuk mendukung selfie, yang terdiri dari sensor 16 megapixel dengan sudut 80 derajat, dan sensor 8 megapixel 120 derajat untuk group selfie.

Dengan lensa lebar 120 derajat, kamera akan dapat memuat lebih banyak orang dalam satu foto. Menurut Oppo, komposisi semacam ini akan menjadi pelopor tren group selfie. Dan tidak hanya kamera depan, kamera belakang Oppo F3 Plus bisa diandalkan berkat keberadaan sensor IMX398 f/1.7 dengan OIS+ dan dual PDAF (Phase Detection Autofocus).

Soal spesifikasi lainnya, Oppo F3 Plus dibekali layar 6 inci, SoC Qualcomm Snapdragon 653 dengan prosesor octa-core, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, dan baterai 4000 mAh. Di Indonesia, Oppo F3 Plus dijual di harga Rp6.499.000. Simak review kami di tautan berikut ini.

2. Oppo F3

OPPO F3 8 e1493886653549

Sama seperti saudaranya, Oppo F3 memiliki kamera depan ganda yang terdiri dari sensor 16 megapixel dengan sudut 80 derajat, dan sensor 8 megapixel 120 derajat untuk group selfie. Bedanya, tanpa mengusung kata Plus di belakang, Oppo F3 tampil lebih ramping karena layarnya menurun ke 5,5 inci.

Perbedaan lainnya juga bisa terlihat pada SoC yang menggunakan MediaTek 6750T dengan prosesor octa-core 1.5 GHz, serta kamera belakang yang mengandalkan sensor 13 megapixel dan lensa f/2.2. Kapasitas baterai Oppo F3 pun lebih kecil, yakni 3200 mAh dan belum didukung VOOC fast charging.

Walaupun demikian, Oppo F3 tetap menjadi opsi yang menarik karena dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, yakni Rp4.399.000. Jika butuh ulasan lebih jauh, langsung saja klik artikel review kami di sini.

3. Asus ZenFone Zoom S

ASUS ZenFone Zoom S 1

Smartphone terbaru dari Asus ini mengusung sistem kamera ganda di belakang. ZenFone Zoom S hadir dengan sensor besar yaitu 1.4µm pixel (ukuran sensor 1/2.55”), Sony IMX362 yang resolusinya 12 megapixel dengan lensa yang hadir dengan bukaan diafragma besar F/1.7mm.

Sementara kamera pendampingnya memiliki sensor 12 megapixel dengan lensa berkemampuan 2,3x zoom optical atau setara 12x zoom. Kombinasi dual-camera tersebut bisa menciptakan efek bokeh (portrait mode) yang menawan. Untuk kebutuhan selfie, Zoom S telah dilengkapi kamera depan 13 megapixel.

Smartphone berlayar 5,5 inci Full HD yang didukung Snapdragon 625, RAM 4 GB, dan memori internal 64 GB ini dibanderol Rp5.999.000. Keunggulan lainnya yang ditawarkan adalah baterainya yang besar, yakni 5000 mAh.

4. LG G6

LG G6 10

 

Jangan pernah lewatkan nama LG G6 jika Anda mencari smartphone dengan kamera mumpuni. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini kembali mengusung sistem kamera ganda dengan sepasang sensor 13 megapixel.

Kamera yang satu memiliki sudut pandang yang normal yakni 71 derajat, sementara kamera yang satunya menawarkan wide-angle 125 derajat untuk hasil jepretan yang lebih luas. Selain kamera, spesifikasi lainnya dari smartphone ini pun patut diperhitungkan. Misalnya SoC Snapdragon 821, RAM 4 GB, dan pastinya layar FullVision yang memanjakan mata. Simak spesifikasi lengkap LG G6 di tautan berikut ini.

5. Huawei P9

Huawei P9 Gold

Kolaborasi mereka dengan Leica tak bisa dipandang sebelah mata. Kamera ganda di Huawei P9 hadir dengan dua lensa dan dua sensor. Lensanya ini masing-masing berdiafragma f/2.2. Yang paling menarik, dengan kamera belakang ganda ini Anda bisa membuat foto dengan efek bokeh secara mudah. Hasil fotonya tajam dengan kendali noise yang cukup baik. Tidak percaya? Coba saja cek ulasan kami di artikel berikut ini.

6. Vivo V5 Plus

Vivo V5 Plus 2

Vivo V5 Plus mengandalkan kamera depan ganda dengan sensor 20 megapixel + 8 megapixel. Kamera depan ganda tersebut dapat bekerja secara bersamaan untuk memberikan efek blur pada background.

Kamera sekunder 8 megapixel bertugas mendeteksi kedalaman ruang. Sementara sensor Sony IMX376 dengan resolusi 20 megapixel bertugas menangkap gambar yang tajam. Cocok untuk pengguna yang gemar selfie.

7. Coolpad Cool Dual

Coolpad Cool Dual 1

Smartphone berkamera ganda yang satu ini terbilang menarik karena harganya yang kompetitif. Hadir dengan dua kamera 13 megapixel di belakang, kamera yang satu merupakan sensor RGB yang menghasilkan warna pada gambar, dan satu kamera lainnya adalah monokrom alias hitam putih membantu menangkap detail gambar dan menyerap cahaya dengan lebih baik.

Dibanderol Rp3.199.000, selain dual-camera pengguna juga bisa menikmati hardware lainnya seperti SoC Snapdragon 652, RAM 3 GB, dan baterai 4000 mAh.

8. Infinix S2 Pro

Infinix S2 Pro 3

Infinix dikenal sering meluncurkan smartphone terjangkau dengan spesifikai yang cukup menggiurkan di kelasnya. Dan untuk kategori smartphone dual-camera, Infinix punya S2 Pro yang dijual dengan harga hanya 2,4 juta rupiah.

Smartphone berlayar 5,2 inci HD ini mengandalkan kamera depan ganda yang terdiri dari satu kamera 13 megapixel dengan sudut normal, dan satu lagi kamera 8 megapixel wide-angle 135 derajat.

Menurut Infinix, sistem kamera depan semacam ini ditujukan agar pengguna bisa lebih mudah mengambil gambar dengan latar belakang yang luas sehingga pemandangan terlihat jelas, atau ketika akan melakukan wefie dengan dengan banyak orang sekaligus.

9. LG V20

LG V20 press images

LG V20 mungkin bukan tergolong perangkat yang baru. Hadir lebih dulu dari G6, smartphone ini mengusung sistem kamera ganda di belakang. Ada kamera utama dengan sensor 16 megapixel di belakang lengkap dengan Phase Detection AutoFocus, Laser Focus, dan Optical Image Stabilization, serta kamera kedua fixed-focus 8 megapixel wide angle yang mampu menangkap gambar hingga 135 derajat.

Spesifikasi lainnya pun membuatnya layak jadi pilihan. Sebut saja layar IPS 5,7 inci Quad HD, SoC Snapdragon 820, RAM 4 GB, hingga 32-bit Hi-Fi Quad DAC (Digital to Analog Converter). Dan yang paling menarik, harga LG V20 sudah turun, lho! Cek harganya di tautan berikut ini.

10. Apple iPhone 7 Plus

Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus 2

Smartphone yang satu ini mungkin sudah tidak perlu dijelaskan panjang lebar.B erbekal sensor ganda 12 megapixel yang satu di antaranya lebih ideal untuk melakukan zoom atau close-up, iPhone 7 Plus mampu menghasilkan foto dari kamera utama yang sangat bagus untuk ukuran ponsel.

Tapi ingat, smartphone garapan Apple ini dibanderol dengan harga yang premium. Penasaran seperti apa kencanggihan kameranya? Simak ulasan kami di sini.

Nah, bagaimana menurut Anda? Sudah menentukan pilihan smartphone mana yang akan jadi pilihan Anda untuk merasakan sensasi dual-camera?

Back to top button