Canon EOS 6D Mark II: Kamera Full Frame Pertama Canon dengan Layar Fleksibel

Generasi kedua Canon EOS 6D tampil semakin menjanjikan. Tidak hanya membawa sejumlah pembaruan, Canon juga ternyata membanderolnya dengan harga yang relatif lebih ramah di kantong. Dengan demikian, Canon EOS 6D Mark II bisa jadi pilihan yang sangat tepat untuk para pengguna yang ingin beralih ke kamera dengan sensor full frame.
svg%3E

Canon EOS 6D Mark II kini dipersenjatai sensor CMOS full frame 26.2 megapixel menggantikan sensor CMOS Full Frame 20.2 megapixel di Canon EOS 6D. Disokong kinerja prosesor DIGIC 7, Canon EOS 6D Mark II mengungguli Canon EOS 6D di berbagai sektor.

Pertama, kemampuannya memotret di kondisi minim cahaya. Untuk memotret di kondisi temaram Canon EOS 6D Mark II didukung pengaturan ISO dari ISO 100 hingga ISO 40,000, lebih baik dibandingkan Canon EOS 6D yang hanya ISO 25,600. Kedua, kemampuan memotret tanpa hentinya juga turut meningkat dari 4.5fps di Canon EOS 6D menjadi 6.5fps di Canon 6D Mark II.

Pembaruan kemudian juga merambat ke sektor autofokusnya. Mengusung teknologi autofokus Dual Pixel CMOS AF, Canon EOS 6D Mark II dilengkapi sistem autofokus 45 titik. Jumlah titik fokusnya ini lebih banyak dibandingkan Canon EOS 6D yang hanya dilengkapi 11 titik autofokus.

svg%3E

svg%3E

Sementara di bagian belakang bodinya, untuk mempermudah Anda mengatur komposisi saat pengambilan gambar Canon EOS 6D Mark II menjadi kamera DSLR full frame pertama yang dilengkapi dengan layar sentuh fleksibel 3 inci yang bisa dilipat dan diputar.

Meski lebih menjanjikan dibandingkan Canon EOS 6D, cukup disayangkan Canon EOS 6D Mark II belum mendukung kemampuan rekam video di resolusi 4K. Seperti generasi lawasnya, kamera ini hanya mampu merekam video hingga resolusi Full HD 60p dengan dukungan fitur HDR video. Fitur lain yang dimiliki Canon EOS 6D Mark II diantaranya bodi yang tahan air dan debu, dilengkapi WiFi, NFC, Bluetooth dan GPS.

Canon EOS 6D Mark II akan mulai tersedia di pasaran bulan Juli 2017 dengan harga mulai dari US$1999 untuk bodi saja. Untuk paketan dengan lensa Canon 24-105mm f/3.5-5.6 STM US$2599, dan US$3099 sepaket dengan lensa 24-105mm f/4L IS.