Quantcast
KomputerLaptopNewsReview

Review ASUS X550IU: Tawarkan Performa Gaming Mumpuni dengan Harga yang Ramah di Kantong

4
opsi menarik untuk para gamer dengan dana terbatas

Dunia PC gaming di Indonesia tahun ini terlihat kembali bergelora. Terutama dengan euforia gaming mobile yang kian memanas. Setiap produsen seakan tiada henti berlomba-lomba menggelontorkan jajaran laptop gaming jagoannya. Dari yang harganya jutaan bahkan ratusan juta Rupiah tersedia mewarnai pasar laptop gaming tanah air. ASUS menjawab tren gaming ini dengan cukup jeli. Melihat segmen laptop gaming yang masih terbuka lebar di rentang harga di bawah 10 jutaan pabrikan asal Taiwan ini meluncurkan ASUS X550IU. Meski bukan masuk ke lini gaming ROG (Republic Of Gamer), laptop ini menjanjikan performa gaming berbekal teknologi dari AMD. Penasaran dengan performanya? Berikut ulasannya.

ASUS X550IU 1

Desain segar dengan aura gaming yang cukup terasa
Satu hal yang patut diapresiasi, ASUS akhirnya bisa keluar dari zona nyamannya. Ini terlihat dengan desain ASUS X550IU yang tampil beda dengan laptop ASUS kebanyakan.

Tanpa berusaha menonjolkan identitas gaming dengan gaya yang berlebihan, ASUS X550IU yang hadir dengan bodi bermaterial plastik ini terasa sangat solid dan memikat dengan desain casing berwarna hitam mengkilap.

ASUS X550IU 2

Casingnya ini dipermanis dengan guratan-guratan merah di tepian bodinya. Guratan garis berwarna merah tersebut juga masih bisa terlihat di area sisi keyboard. Bahkan setiap huruf dan angka di tombol keyboard serta bingkai di area touchpad mousenya diberi sentuhan warna merah orange yang berhasil memberikan aura gaming cukup menonjol dan berbeda dengan desain laptop ASUS kebanyakan.

Permukaan bodinya yang mengkilap ini meski sangat menawan bukan berarti tanpa masalah. Dengan bodi yang mengkilap permukaannya sangat mudah sekali kotor dengan jejak sidik jari. Jadi wajib untuk sering dibersihkan untuk menjaga tampilannya agar tetap terlihat menawan.

Layar besar bodi lumayan ramping
Untuk memudahkan Anda bermobilitas, ASUS X550IU juga disiapkan dengan desain bodi yang lebih ramping. Dikatakan oleh ASUS, bodinya ini lebih tipis 5 persen dibandingkan laptop ASUS X-Series sebelumnya. Pada prakteknya saat di bawa berpergian menurut kami ASUS X550IU masih terasa relatif berat. Ini cukup wajar meningat laptop dengan layar 15.6 inci ini memiliki bobot sekitar 2.45 kg termasuk baterai.

ASUS X550IU 0

Beralih ke sektor layar, layarnya hadir dengan panel glare yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Meski tidak mengusung panel IPS, tampilan yang tersaji di layarnya tetap bisa terlihat tajam. Cukup disayangkan warna yang tersaji di layarnya kurang bisa diandalkan. Untuk mendapatkan warna yang optimal dibutuhkan pengaturan sudut pandang yang tepat. Di lihat dari sisi kiri atau kanan, tampilan di layarnya memang akan terlihat sedikit distorsi. Tapi untunglah kekurangan pada layarnya tersebut tidak terlalu mempengaruhi pengalaman gaming dengan laptop ini secara keseluruhan.

Touchpad besar, keyboard belum dilengkapi backlit
ASUS X550IU 5

Untuk Anda yang doyan mengetik ASUS X550IU hadir dengan keyboard berukuran penuh bergaya chiclet. Walau belum dilengkapi dengan lampu backlit, keyboardnya ini cukup nyaman digunakan untuk mengetik atau bermain game. Touchpad mouse miliknya juga berukuran besar dan sangat respon dengan usapan jari.

Konektivitas cukup lengkap

Absennya port USB Type-C di laptop ini memang cukup disayangkan. Kendati demikian, untuk ukuran laptop 15 inci ASUS X550IU dibekali dengan sejumlah port konektivitas yang cukup lengkap di sisi samping kiri dan kanan bodinya. Diantaranya 1 jack audio, 1 port VGA /Mini D-sub 15-pin, 3 port USB 3.0 port, 1 USB 2.0, RJ45 LAN, dan satu port HDMI. Bahkan bodinya yang lumayan ramping ini masih sanggup memuat ODD DVD-RW.

Performa memadai untuk gaming
ASUS X550IU adalah laptop pertama di Indonesia dengan arsitektur Polaris dari AMD. Laptop ini hadir dengan APU AMD Mobile generasi ke-7, AMD FX-9830P yang dipasangkan dengan kartu grafis AMD Radeon RX 460 dengan VRAM mencapai 4GB GDDR5. Secara default sistemnya telah didukung RAM DDR4 8GB dan ruang penyimpanan dengan hard disk yang kapasitasnya 1TB.

Dengan spesifikasinya tersebut, dari pengujian kami ASUS X550IU bisa melahap beberapa judul game dengan cukup baik. Beberapa judul game premium kekinian seperti Overwatch, Battlefield 1, hingga GTA V bisa dijalankannya di pengaturan grafis medium hingga high.

Pengalaman bermain game dengan laptop ini juga semakin mengasyikan dengan output suara speaker yang tergolong cukup baik berkat hadirnya dukungan teknologi audio ASUS SonicMaster. Untuk produktivitas, laptop ini juga ternyata sangat bisa diandalkan seperti misalnya menyunting video, mengolah dokumen, atau sekedar menikmati file video dengan resolusi 4K. Hasil pengujian benchmarknya berikut ini.

Lalu bagaimana dengan manajemen termalnya? Manajemen termalnya secara keseluruhan juga cukup baik berkat hadirnya teknologi IceCool dari ASUS yang berguna menjaga suhu laptop ini agar tetap stabil sehingga kegiatan gaming Anda tidak akan terganggu. Namun, saat digunakan untuk bermain game dengan jangka waktu yang lama pengalaman gaming akan terasa sedikit terganggu dengan rasa hangat yang terasa di area keyboard.

Satu hal yang membuatnya semakin menarik ASUS memberikan kemudahan penggunanya untuk upgrade RAM. ASUS X550IU mendukung penggunaan RAM memori Dual Channel dengan konfigurasi RAM maksimum hingga 16GB. Jadi, Anda bisa melakukan upgrade sektor RAM laptop ini untuk mengoptimalkan performa gamingnya secara keselurahan.

Baterai
Sektor baterainya pun tergolong rata-rata. Untuk skema pemakaian intens seperti untuk gaming dengan pengaturan gelap terang layar maksimum, baterai laptop ini bisa bertahan 1 hingga 1,5 jam. Sementara untuk mengetik di notepad sambil terhubung ke koneksi WiFi dengan tingkat gelap terang 50% baterainya bisa bertahan hingga sekitar 2,5 jam.

Kesimpulan
Selain menawarkan performa gaming yang cukup mumpuni, ASUS X550IU juga dikemas dengan desain yang tampil gaya dan terlihat berbeda dengan desain laptop ASUS kebanyakan. Dibanderol dengan harga Rp9.499.000, ASUS X550IU bisa menjadi opsi menarik untuk para gamer dengan dana terbatas di tengah persaingan laptop gaming yang sedang memanas saat ini. Selain itu, laptop ini juga cocok untuk para pengguna yang mengincar laptop dengan layar besar, performa tinggi dan harga yang tetap ramah di kantong.

ASUS X550IU
4
opsi menarik untuk para gamer dengan dana terbatas
Back to top button