Perkenalkan iOS 11, Apple Janjikan Siri yang Lebih Pintar

Melalui ajang WWDC 2017, Apple akhirnya mengumumkan sistem operasi terbaru mereka yakni iOS 11. Cukup banyak perubahan dan peningkatan yang ditawarkan, mulai dari soal Siri, user interface, hingga aplikasi kamera.

Antarmuka yang sedikit berbeda

svg%3E

 

Melalui versi anyar ini, Apple pastinya ingin menyajikan penampilan yang fresh. Hal itu terlihat dari satu perubahan signifikan pada Control Center. Apple menyatukan semua pengaturan yang tersedia dalam satu halaman saja.

Tampilan lockscreen dan notification center juga sedikit berubah. Swipe ke bawah akan menghadirkan lockscreen lengkap dengan semua notifikasi penting. Sementara swipe ke atas atau ke samping akan menampilkan widget.

svg%3E

Khusus unutk iPad Pro, ada fitur di iOS 11 yang memudahkan pengguna untuk memindahkan konten antara dua aplikasi yang berjalan secara split-screen.

Siri yang lebih pintar

Asisten virtual andalan Apple, Siri, diklaim mengalami banyak peningkatan agar mampu bekerja dengan lebih pintar. Sir bisa menerjemahkan ke beberapa bahasa. Contohnya ketika berbicara dalam bahasa Inggris, Siri bisa mengubahnya menjadi bahasa China, Perancis, Jerman, Italia, atau Spanyol.

Suara Siri juga terdengar lebih mirip manusia. Bahkan, kini Siri juga memiliki suara laki-laki. Dalam percakapan tanya-jawab dengan penggunanya, Siri dapat menampilkan beberapa opsi jawaban. Selain itu, Siri juga dapat menyarankan berbagai topik yang menarik sesuai dengan apa yang biasa dibaca oleh penggunanya. Yang lebih menarik, kemampuan Siri untuk mempelajari penggunanya ini akan langsung tersinkronisasi pada semua perangkat iOS yang dimiliki pengguna sekaligus.

svg%3E

 

Peningkatan aplikasi kamera

Kamera selalu menjadi fitur yang paling sering digunakan oleh setiap pengguna perangkat iOS. Tapi akibatnya, pengguna sering kehabisan storage karena memori mereka penuh oleh foto. Karena itu, melalui iOS 11, Apple ingin memberikan pengalaman yang jauh lebih optimal.

Apple memperkenalkan format baru untuk menggantikan JPEG, yaitu HEIF. Berbasis HEVC, format ini menjanjikan kualitas gambar yang tetap bagus namun dengan size atau besaran file hanya setengahnya.

svg%3E

Tak hanya itu, aplikasi kamera di iOS 11 juga akan merekam video dengan HEVC, alias H.265. Seperti diketahui, codec ini menawarkan kompresi 2x lebih baik dari yang sebelumnya.

Terkait Portait Mode, di iOS 11 fitur tersebut bisa digunakan pada kondisi cahaya yang minim. Bahkan, sudah bisa didukung Optical Image Stabilization dan TrueTone flash juga!

Untuk iPhone 5S ke atas

Dengan berbagai fitur baru yang ada, pertanyaannya adalah, perangkat apa yang akan mendapatkan update ke iOS 11? Apple menjelaskan, untuk iPhone OS baru ini akan diterima oleh pengguna iPhone 5S ke atas. Sementara untuk tablet, model yang didukung adalah semua iPad Air dan iPad Pro, iPad 5th generation, serta iPad Mini 2 ke atas. Untuk iPod hanya tersedia di iPod Touch generasi ke-6.

svg%3E

Belum ada tanggal yang pasti kapan iOS 11 akan dirilis (kemungkinan bersamaan dengan iPhone baru). Tapi yang jelas, saat ini OS tersebut sudah tersedia untuk developer dan versi beta untuk publik akan hadir pada akhir Juni 2017.