[COMPUTEX 2017] Asus ROG Zephyrus: Laptop Gaming dengan GTX 1080 Paling Tipis

Asus melalui seri ROG (Republic of Gaming) andalannya mengumumkan perangkat yang menarik di Computex 2017. Disebut ROG Zephyrus, ini adalah laptop gaming dengan bodi super tipis!

Dibekali kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1080

Sebagai laptop gaming, Asus ROG Zephyrus tampil menggoda dengan hardware kencang untuk menjalankan game-game terbaru. Sebut saja prosesor Intel Core i7-7700HQ yang dipasangkan dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1080, RAM hingga 24 GB, dan storage hingga SSD 1 TB.

Soal desainnya yang tipis, Asus ROG Zephyrus memiliki ketebalan hanya 16,9 mm dalam keadaan laptop tertutup, dengan bobot 2,2 kilogram. Asus mengklaim ROG Zephyrus adalah laptop gaming dengan GTX 1080 paling tipis yang ada di dunia saat ini.

Asus ROG Zephyrus menggunakan layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi maksimal 1920 x 1080 pixel, refresh rate 120 Hz, dan sudah didukung NVIDIA G-Sync. Meski tipis, laptop ini tetap menyediakan port-port penting seperti 4x USB 3.1, 1x USB Type-C, audio combo, dan HDMI 2.0.

Sistem pendingin yang inovatif

Untuk sebuah laptop gaming dengan desai yang sangat tipis, pertanyaannya adalah, bagaimana sistem pendinginannya? Seperti diketahui, laptop gaming pastinya digunakan untuk menjalankan game atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan kinerja tinggi, sehingga berpotensi menghasilkan panas.

Asus ROG Zephyrus mengakali hal itu lewat teknologi yang mereka sebut Active Aerodynamic System (AAS). Saat layar laptop dibuka, panel bawahnya membuka ‘ruang’ sebesar 6 mm untuk menghirup udara dari luar. Lewat gap tersebut, udara masuk untuk dialirkan dan dipompa keluar lewat ventilasi pembuangan hawa panas yang posisinya ada di samping.

CPU dan GPU-nya masing-masing memiliki blower, radiator, dan heatpipe sendiri. Karena kinerja yang berat ketika menjalankan game, GPU-nya memiliki radiator tambahan khusus. Dengan komposisi seperti itu, Asus ROG Zephyrus mampu menjaga suhu tetap dingin tanpa harus mengeluarkan suara yang berlebihan.

Selain itu, ROG Zephyrus juga dibekali keyboard chiclet dengan lampu backlit RGB yang menawan. Bahkan, keyboard ini pun memiliki fungsi macro. Sayangnya, dengan semua pengumuman menarik di atas, Asus belum memastikan kapan ROG Zephyrus akan dilepas ke pasaran dan berapa harganya.

Baca juga
Apple Pro Display XDR: Layar 32 Inci Beresolusi 6K untuk Pengguna Profesional Seharga 85 Juta Rupiah