[Computex 2017] Intel Umumkan Jajaran Prosesor Kelas Enthusiast dengan Nama Core X-Series

Memanfaatkan ajang Computex 2017 di Taiwan, Intel mengumumkan lini produk baru dari prosesor dekstop mereka yang diberi nama Core X-Series. Tidak hanya menawarkan kinerja yang lebih kencang dari Core i5 dan Core i7 sebelumnya, Intel juga memiliki seri baru yang menjadi top-of-the-line dari keluarga Core X-Series, yakni Core i9.

Targetkan kelas enthusiast

svg%3EDengan performa yang lebih bertenaga, Intel Core X-Series ditujukan khusus untuk pengguna kelas enthusiast seperti hardcore gamer dan content creator yang membutuhkan kinerja komputasi super tinggi. Prosesor ini didesain untuk motherboard X299 terbaru. Menurut Intel, vendor-vendor motherboard sudah menyiapkannya dan akan dirilis dalam beberapa waktu ke depan.

Seri paling rendahnya adalah Core i5-7640X dengan 4-core dan 4-thread yang dijual seharga US$242 atau sekitar 3,2 juta rupiah. Di atasnya, ada Core i7 X-Series dengan harga mulai dari US$339 (4,5 juta rupiah) untuk model 4-core/8-thread, dan US$599 (8 juta rupiah) untuk model 8-core/16-thread.

Intel tak lupa melakukan upgrade pada teknologi Turbo Boost mereka untuk beberapa model high-end dari lini Core X-Series. Teknologi baru tersebut disebut Turbo Max 3.0. Intel mengklaim, Core X-Series mampu memberikan performa multithread 10 persen lebih baik dibanding generasi sebelumnya, dan performa single thread 15 persen lebih kencang.

Intel Core i9 Extreme, pertama dengan 18-core

svg%3E

Ya, Core i9 kini menjadi kenyataan yang sekaligus menjadikannya sebagai seri tertinggi, di atas Core i7. Ada beberapa model Intel Core i9 yang disiapkan. Yang paling murah, Core i9-7900X, menawarkan 10-core/20-thread dan dijual dengan harga US$999 atau sekitar 13,3 juta rupiah.

Yang paling canggih adalah Core i9 Extreme, yang disebut Intel sebagai prosesor desktop untuk consumer pertama yang hadir dengan 18-core dan 36-thread! Memang luar biasa. Tapi perlu diketahui, prosesor ini dibanderol dengan harga yang tinggi, yakni US$1999 atau sekitar 26,6 juta rupiah!

Bagaimana? Tertarik memiliki prosesor super kencang terbaru dari Intel ini?