Review Smartfren Andromax L: Smartphone 4G Terjangkau dengan Dukungan VoLTE

svg%3E
3.3
Cek Harga

Jika berbicara tentang smartphone 4G LTE terjangkau, Smartfren lewat seri Andromax-nya bisa dibilang sebagai salah satu pilihan paling masuk akal yang tersedia di Indonesia. Bagaimana tidak. Sejak beralih ke jaringan 4G LTE, Smartfren selalu meluncurkan jajaran produk yang menyasar segmen entry-level.

Salah satunya adalah smartphone yang akan kami bahas kali ini, Andromax L. Meski murah, ada beberapa fitur yang cukup menarik di kelasnya. Penasaran seperti apa? Simak ulasan kami:

Desain standar, tapi tidak murahan

svg%3E

Seri Andromax mungkin bukan lini produk yang tepat jika Anda mencari smartphone dengan desain yang inovatif. Bisa dibilang, hampir semua seri Andromax, termasuk Andromax L, tampil dengan desain yang standar alias tidak ada yang istimewa.

Tapi bukan berarti kualitasnya buruk. Menggandeng Haier sebagai mitra produksi, Andromax L memiliki build quality yang baik dan bahkan tidak terkesan murahan walaupun didominasi bahan plastik.

svg%3E

Sudut-sudutnya ergonomis dengan frame berakses metal untuk memberi sedikit sentuhan premium. Sementara cover belakangnya menggunakan pattern agak kasar yang sekaligus membuatnya nyaman digenggam dan tidak licin. Tapi mungkin Anda harus berhati-hati dengan bagian belakangnya, karena kamera utama Andromax L sedikit menonjol keluar.

Secara dimensi, Andromax L adalah smartphone yang lumayan tipis. Bobotnya pun ringan dan mudah untuk dimasukkan ke dalam saku celana. Secara keseluruhan, penampilan Andromax L cukup baik. Tapi sayangnya, ketiga tombol kapasitif yang berada di depan tidak dibekali dengan lampu backlit.

Layar cukup untuk kebutuhan mendasar

Sama seperti desainnya, di sektor layar pun Smartfren tidak membenamkan keunggulan khusus yang membuatnya berbeda dengan para pesaingnya. Andromax L mengandalkan layar 5 inci dengan resolusi HD, yang dilapisi kaca 2.5D.

svg%3E

Layar ini tergolong lumayan. Tajam dengan keluaran warna yang tidak buruk. Untuk menambah kenyamanan penggunaan di bawah sinar matahari, Andromax L memiliki fitur Sunlight Visibility Improvement (SVI).

svg%3E

Beralih ke audio, speaker Andromax L cukup jernih untuk digunakan mendengarkan musik maupun film. Smartphone menambahkan fitur DTS Audio Enhancer yang secara teori ditujukan untuk memberikan kualitas audio yang lebih optimal, meski menurut kami tidak terlalu berdampak signifikan.

OS masih Marshmallow

Smartfren Andromax L masih berjalan di sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Tidak ada informasi apakah nantinya Smartfren akan meluncurkan update OS ke Android 7.0 Nougat atau tidak.

User interface-nya sederhana tanpa banyak modifikasi berarti. Karena ini seri Andromax, tak heran jika Anda akan menemukan beberapa bloatware alias aplikasi bawaan yang mungkin menurut Anda tidak berguna.

Soal fitur, Anda bisa memanfaatkan Gesture yang berfungsi untuk melakukan beberapa hal. Misalnya tap dua kali untuk menghidupkan layar, slide ke bawah untuk membuka aplikasi kamera, dan masih banyak lagi.

Kamera lumayan di kondisi outdoor

svg%3E

Sama seperti smartphone di range harga setara lainnya, Andromax L pun bukan perangkat yang bisa diandalkan untuk urusan fotografi. Kamera belakangnya didukung BSI sensor 8 megapixel lengkap dengan autofocus dan LED flash, sedangkan di depan ada kamera selfie 5 megapixel wide-angle yang juga ditemani LED flash.

Hasil fotonya? Tidak buruk untuk pemotretan di kondisi outdoor, tapi juga tidak bisa dibilang bagus. Jika pencahayaan dan cara Anda mengambil gambar tepat, Anda bisa mendapatkan hasil foto yang lumayan untuk dipamerkan ke media sosial.

Untuk lebih jelasnnya, langsung saja lihat beberapa foto yang kami abadikan menggunakan kamera Andromax L di bawah ini: (hasil yang lebih lengkap bisa diakses melalui akun Flickr resmi YangCanggih.com)

svg%3E

Hasil Kamera Smartfren Andromax L (2)

Hasil Kamera Smartfren Andromax L (3)

Performa khas smartphone murah

Smartphone dual-SIM (4G + GSM) ini dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 212 dengan prosesor quad-core 1.3 GHz dan GPU Adreno 304. Ditemani RAM 2 GB, di atas kertas kombinasi tersebut tentunya sangat khas smartphone sejutaan. Sementara memori internalnya berkepasitas 16 GB yang jika masih kurang bisa ditambah lewat slot microSD.

Selama kami menggunakan Andromax L, performanya memang cenderung mulus untuk kebutuhan-kebutuhan standar. Tapi untuk gaming, nampaknya Anda harus siap berhadapan dengan lag yang mengganggu, khususnya bila game tersebut menuntut kinerja hardware yang tinggi.

Berikut beberapa hasil dari aplikasi benchmark yang kami jalankan di Andromax L:

VoLTE untuk komunikasi lebih memuaskan

Inilah yang menjadi keunggulan utama Andromax L. Ya, dukungan VoLTE alias Voice over LTE. Sesuai namanya, VoLTE memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan telepon lewat jaringan LTE yang menjanjikan kualitas lebih jernih (HD) dan sambungan yang cepat.

Yang menarik, tarif panggilan lewat VoLTE sama dengan panggilan telepon biasa. Keunggulan lainnya dari VoLTE adalah Anda tetap bisa browsing atau download sembari menelepon, serta mudah untuk beralih ke video call.

svg%3E

Baterai tidak untuk satu hari penuh

Smartfren Andromax L tidak dibekali baterai yang besar. Kapasitasnya hanya 2400 mAh. Tergolong standar untuk smartphone satu jutaan rupiah.

Dengan penggunaan normal seperti chatting, browsing, sesekali menelepon dan menonton video di YouTube, baterai Andromax L bisa bertahan sejak pagi hingga sore hari. Artinya jika Anda ingin beraktivitas sampai larut malam, power bank wajib dibawa.

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark Battery Test:

Kesimpulan

Sama seperti produk-produk Andromax mereka sebelumnya, Smartfren lewat Andromax L lagi-lagi tampil cukup baik untuk memberikan solusi smartphone 4G LTE murah bagi pengguna di Indonesia.

Anda memang tidak bisa berharap banyak pada fitur-fitur bawaannya. Tapi setidaknya, apa yang disajikan oleh Andromax L sudah sesuai dengan harga jualnya. Apalagi, Anda pun bisa menikmati panggilan telepon yang lebih jernih lewat VoLTE.

Dijual dengan harga Rp1.199.000, Andromax L adalah opsi yang menarik bagi pengguna yang butuh smartphone 4G LTE murah namun tidak murahan. Yang menarik, jika Anda melakukan pembelian di periode sebelum 31 Juli 2017, Smartfren akan memberikan bonus kuota data yang totalnya mencapai 52 GB dalam satu tahun!

Yang Canggih:

+ Build quality cukup baik dan tidak murahan
+ Ringan, mudah dibawa di dalam saku
+ Sudah mendukung VoLTE
+ Kamera selfie dibekali lampu flash
+ Harga terjangkau
+ Bonus kuota data yang menggiurkan

Yang Kurang:

– Performa pas-pasan
– Daya tahan baterai kurang

[table]Spesifikasi;Smartfren Andromax L
SoC;Qualcomm Snapdragon 212 dengan prosesor quad-core Cortex-A7 1.3 GHz
GPU;Adreno 304
Layar;5 inci HD
RAM;2 GB
Memori Internal;16 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 8 megapixel (autofocus dan LED flash) / Depan 5 megapixel (LED Flash)
Baterai;2400 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth v4.0, A-GPS, WiFi, microUSB
OS;Android 6.0 Marshmallow
Fitur;VoLTE, DTS Audio Enhancer
[/table]

svg%3E
Smartfren Andromax L
Smartfren lagi-lagi berhasil menawarkan solusi murah untuk smartphone 4G LTE yang mendukung VoLTE
3.3
Cek Harga
Verified by MonsterInsights