Hands-On Oppo F3: Smartphone Selfie Dua Kamera, Favorit Raisa dan Isyana

Tidak lama setelah meluncurkan F3 Plus, Oppo kembali memperkenalkan produk terbarunya yang masih mengandalkan kamera depan ganda. Oppo F3 hadir diposisikan untuk menggantikan F1s yang diperkenalkan tahun 2016 silam. Pada acara peluncurannya, Oppo menghadirkan duet Raisa, Isyana dan Rio Motret yang memang merupakan ambassador Oppo di Indonesia.

svg%3E

Dua kamera depan

Satu peningkatan yang paling kentara dibandingkan Oppo F1s ada di bagian depan, tepatnya di atas layar. Kini ada dua kamera depan yang dapat dipilih saat merekam foto dan video. Menariknya, spesifikasi kamera depan ini sama persis seperti Oppo F3 Plus yang ada di kelas atasnya.

svg%3E

Dengan kamera ganda Oppo F3 tersebut, Anda bisa mengambil swafoto atau selfie dari dua sudut pandang yaitu 80 derajat (16 megapixel) dan 120 derajat (8 megapixel). Cara beralih antar kamera ini cukup mudah. Cukup tekan ikon wide di dekat tombol rana atau tombol shutter. Tidak lupa juga ada fitur Beautify 4.0 yang mampu memberikan dandanan digital bagi subyek fotonya.

svg%3E

Mengingat kameranya persis sama dengan Oppo F3 Plus, kami menggunakan hasil foto kamera depan F3 Plus sebagai gambaran mengenai kamera depan Oppo F3.

IMG20170412163019

IMG20170412163022

Oppo F3 Plus

svg%3E

Oppo F3 Plus - beauty mode

Dari waktu yang singkat menggunakan kamera depannya, dapat disimpulkan bahwa Oppo F3 memang dirancang untuk menjadi perangkat selfie yang handal. Kamera akan mendeteksi wajah, kemudian memastikan exposure dan warna kulit wajah orang yang dideteksi terlihat cerah dan enak dilihat.

svg%3E

Untuk kamera utama, Oppo F3 mengandalkan sensor 13 megapixel dengan lensa f/2.2 dan PDAF. Pengalaman memotret dengan kamera utama cukup baik dengan kinerja fokus yang cepat dan hasil foto yang baik saat kondisi cahaya ideal.

Selain itu, juga ada fitur Timelapse, Expert Mode (pengaturan setting foto manual), serta Ultra HD. Sekilas, tidak ada perbedaan dari sisi fitur kamera utama jika dibandingkan Oppo F1s. Lalu bagaimana dengan hasilnya? Berikut beberapa hasil foto Oppo F3 tanpa penyuntingan.

Oppo F3
Oppo F3
Oppo F3
Oppo F3

Lebih ringkas dibandingkan F1s

Menggantikan Oppo F1s, ternyata Oppo F3 memiliki dimensi sedikit lebih ringkas dengan ukuran layar yang sama. Bobotnya juga lebih ringan 7 gram dibandingkan F1s. Ini membuatnya sedikit lebih nyaman digenggam dan dikantungi di saku. Untuk kualitas layar, F3 juga lebih unggul dibandingkan F1s, dengan layar IPS beresolusi Full HD yang dilapisi Corning Gorilla Glass 5.

svg%3Eengenal sidik jari seperti pada Oppo F3 Plus.

Kesimpulan awal mencoba Oppo F3 cukup positif. Jelas terlihat bahwa Oppo F3 merupakan penerus sejati dari F1s yang amat laris itu. Konsep sebagai ponsel kamera dengan kualitas selfie terbaik di kelasnya masih tetap ditonjolkan, bahkan kini dengan dua lensa seperti pada Oppo F3 Plus yang lebih mahal. Dengan dua kamera, pengguna akan dapat melakukan swafoto dengan lebih leluasa tanpa bantuan tongsis.

Oppo F3 akan dapat mulai dibeli hari Sabtu, 13 Mei 2017, dengan harga resmi Rp4.399.000.

Verified by MonsterInsights