Forest App: Bisa Bantu Kurangi Ketergantungan Pada Smartphone

Hadirnya beragam aplikasi dan sosial media memang membuat kita semakin dekat dengan smartphone. Masalah ini tentu saja akan menjadi buruk jika pengguna smartphone mulai mengabaikan berbagai hal di sekitarnya karena sudah ketergantungan dan tidak bisa lepas dari smartphone.

svg%3E

Nah, sebuah aplikasi bernama Forest mencoba untuk menghadirkan solusi yang sangat menarik untuk membantu mengurangi ketergantungan pada smartphone sehari-hari.

Dengan mengusung jargon “Letakkan smartphone dan fokus pada hal-hal yang penting di kehidupan Anda”, Forest akan mengajak Anda untuk mengurangi ketergantungan pada smartphone dengan cara menanam pohon secara virtual. Terdengar sangat menarik bukan?

svg%3E

Caranya pun sangat mudah. Setelah mengunduh aplikasi Forest di smartphone, Anda akand diminta untuk mengatur waktu produktif yang diinginkan dan lepas dari smartphone. Waktu minimumnya adalah 30 menit.

Selama periode waktu inilah Forest nantinya akan menumbuhkan sebuah pohon secara virtual untuk Anda. Pohon tersebut akan terus tumbuh hingga batas waktu yang sudah Anda tentukan dan akan mati jika Anda kembali menggunakan smartphone.

Semua pohon yang ditanam, baik yang berhasil atau tidak nantinya akan muncul di sebuah hutan virtual. Forest juga memungkinkan Anda untuk berbagi dan berkompetisi dengan teman lain. Selain itu tersedia juga opsi hadiah dan unlock untuk beragam spesies pohon baru. Dengan demikian, esensi dari rasa pencapaian dan tanggung jawab inilah yang secara perlahan diharapkan bisa mendorong pengguna untuk menjauh dari smartphone mereka.

Forest tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Untuk harganya, aplikasi ini dijual dengan harga US$1,99.

Verified by MonsterInsights