DJI Ronin 2: Gimbal Canggih Untuk Videografer Profesional

Tidak hanya populer sebagai produsen drone, DJI juga populer dengan produk gimbal dan stabilizer yang lengkap. Dari sekelas DJI OSMO Mobile untuk smartphone hingga DJI Ronin yang hadir untuk videografer kelas profesional. Melengkapi koleksi gimbal dan stabilizernya, DJI mengumumkan generasi kedua Ronin yang hadir dengan beragam fitur dan teknologi yang lebih menarik.

svg%3E

Menyasar segmen profesional, Ronin 2 dirancang untuk kompatibel dengan beragam model kamera DSLR atau kamera video sekelas RED lengkap dengan lensanya. Meski hadir dengan material serat karbon yang ringan, bobot kosongnya secara keseluruhan tidaklah ringan. Tanpa terpasang kamera DJI Ronin 2 memiliki bobot 5,5 kg lengkap dengan handle bar.

svg%3E

Walau begitu, DJI Ronin 2 sanggup membawa beban kamera, lensa dan aksesoris lain hingga maksimum 13,6 kg. Rancangan desainnya pun diklaim lebih mudah digunakan dengan waktu setup yang lebih cepat dibandingkan generasi lawasnya. Bahkan, DJI Ronin 2 bisa dengan mudah terpasang ke aksesoris lain untuk mendukung pengambilan gambar seperti misalnya jib, dudukan mobil atau kabel.

svg%3E

svg%3E

Untuk menstabilkan pengambilan gambar, DJI Ronin mengandalkan teknologi motor penggerak dan GPS terintegrasi. Selain itu DJI turut menambahkan kendali remot di frekuensi 2.4/5.8 GHz yang lebih minim gangguan dengan sinyal perangkat radio lain. Tidak ketinggalan tersedia juga layar sentuh yang akan lebih mempermudah untuk interaksi dengan perangkat ini.

Beragam fitur pintar pun tersedia untuk DJI Ronin 2. Lewat aplikasi mobilenya DJI Ronin 2 menyediakan 3 mode yang bisa digunakan untuk membantu pengambilan gambar diantaranya, Panorama Mode, Timelapse, dan CamAnchor Mode.

DJI Ronin 2 akan tersedia di kuartal kedua 2017. Untuk harga jualnya belum diinformasikan lebih lanjut.