Review Lenovo A7700: Smartphone dengan Speaker Ganda Berteknologi Wave MaxxAudio

svg%3E
3.4
Harga dan spesifikasi kompetitif
Cek Harga

Lenovo meluncurkan satu lagi smartphone Android yang menyasar pengguna yang mencari perangkat di kelas menengah ke bawah. Tentunya, dengan tetap mengedepankan spesifikasi yang menarik di kelasnya dan harga yang kompetitif.

Ya, Lenovo A7700. Seperti beberapa generasi pendahulunya, smartphone ini kembali mengandalkan sektor multimedia sebagai nilai jual utamanya. Penasaran seperti apa? Simak ulasan kami berikut ini:

Desain tipis, didominasi bahan polycarbonate

svg%3E

Secara desain, Lenovo A7700 tidak menawarkan terobosan yang inovatif. DNA dasar dari smartphone garapan Lenovo masih terlihat jelas dari baik dari depan maupun belakangnya.

Lenovo memilih menggunakan material plastik polycarbonate yang sekaligus membuat A7700 terasa cukup ringan (155 gram). Meski begitu, build quality-nya tetap terjaga dan sama sekali tidak terkesan murahan. Frame metal yang mengelilingnya lumayan membantu memberikan sedikit nuansa premium.svg%3EMemiliki layar 5,5 inci, smartphone ini masih tergolong pas digenggaman tangan, tapi agak licin walaupun belum dalam level yang mengharuskan Anda untuk ekstra hati-hati. Ketebalannya 8,5mm, yang artinya masih cukup tipis untuk dimasukkan ke saku celana.

Perlu diketahui bahwa Lenovo A7700 tidak mengusung konsep unibody. Anda bisa membuka cover belakang untuk mengakses baterai maupun slot untuk SIM-card serta microSD.

svg%3E

Layar lebar, audio menggelegar

Disajikan sebagai smartphone multimedia, pada A7700 tampil cukup wah di kelasnya. Seperti disebutkan di atas, layarnya lebar dengan ukuran 5,5 inci berbasis teknologi IPS. Resolusinya masih sebatas 720p saja. Bisa dimaklumi mengingat Lenovo pun tak ingin melambungkan harga dari A7700.

Untungnya tingkat kecerahannya bisa diandalkan. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk melihat konten pada layar meski berada di bawah sinar matahari. Satu hal lagi, layar ini sudah dibekali pengaturan tingak kecerahan otomatis.

svg%3E

Sektor audio patut mendapat apresiasi. Lenovo A7700 memiliki speaker ganda dengan teknologi Wave MaxxAudio yang mampu memberikan suara yang lantang. Bahkan bisa dibilang, menggelegar! Sayangnya secara kualitas, audio yang dihasilkan kurang enak didengar ketika diatur ke volume tinggi.

Walaupun demikian, kombinasi layar dan audio tersebut masih layak untuk menemani Anda yang gemar menonton film atau mendengarkan musik. Kegiatan hiburan lainnya seperti bermain game pun akan terasa lebih seru.

UI tanpa App Drawer, khas Lenovo

Lenovo A7700 mengadopsi sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Belum ada informasi apakah ke depannya akan ada update OS ke Android 7.0 Nougat atau tidak. User Interface-nya sangat khas Lenovo, tanpa App Drawer.

 

Beberapa aplikasi bawaan bisa Anda temui, seperti SHAREit, SYNCit, UC Browser, BaBe, dan McAfee Security. Jika ada dari aplikasi tersebut yang tidak Anda butuhkan, Anda bisa menghapusnya.

Lenovo juga membenamkan beberapa fitur yang cukup berguna. Misalnya Mercury Keyboard yang akan membuat posisi keyboard miring sesuai dengan kemiringan smartphone (cocok untuk pengoperasian dengan satu tangan), atau fitur Gesture seperti Shake Lock Screen untuk mengunci layar dengan menggoyangkan A7700.

Kamera belakang cukup untuk sehari-hari

Dengan harga yang cukup kompetitif di level terjangkau serta konsep untuk mengedepankan sektor multimedia, wajar jika kamera dari A7700 bukanlah fitur utama yang ditawarkan oleh Lenovo.

svg%3E

Anda akan menemukan sensor 8 megapixel di belakang lengkap dengan autofocus dan LED flash. UI kameranya sederahana dan tidak ada mode-mode menarik yang biasa ditemukan pada smartphone menengah ke atas. Sementara di depan, ada sensor 2 megapixel.

svg%3E

Nah, untungnya, hasil fotonya ternyata masih acceptable. Memang keluaran warnanya terkadang terlihat kurang natural di kondisi-kondisi tertentu. Tapi secara keseluruhan, ketajamannya terbilang lumayan untuk smartphone di bawah 2 juta rupiah, khususnya saat memotret outdoor dengan cahaya yang baik.

Singkatnya, Anda masih bisa menggunakan Lenovo A7700 untuk mengabadikan momen sehari-hari dan layak untuk diunggah ke media sosial. Untuk lebih jelasnya, simak hasil foto kami di bawah ini (atau bisa menuju ke akun Flickr resmi YangCanggih.com):

Hasil Foto Lenovo A7700 (6)

Hasil Foto Lenovo A7700 (3)

Performa pas-pasan

Sama seperti sektor kamera, hardware pendukung performa yang dibenamkan pada A7700 juga tidak terlihat di atas rata-rata para pesaingnya di kelas yang sama. Bahkan bisa dibilang, agak pas-pasan.

Smartphone 4G LTE ini dipersenjatai SoC MediaTek MT6735P dengan prosesor quad-core 1GHz yang ditemani RAM 2 GB. Memori internal yang disisipkan berkapasitas 16 GB plus slot microSD untuk yang membutuhkan ruang penyimpanan data tambahan.

Meski dari SoC-nya nampak kurang bertenaga, tapi performa Lenovo A7700 masih mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari seperti chatting, browsing, media sosial, dan pekerjaan standar lainnya dengan mulus. Bermain game pun lumayan, asal bukan game 3D yang menuntut kinerja tinggi.

Untuk lebih menjelaskan performanya, simak beberapa hasil benchmark yang kami jalankan di bawah ini:

Baterai lumayan

Karena didesain sebagai smartphone multimedia yang kemungkinan akan digunakan oleh pengguna yang gemar menonton film di perangkat mobile, Lenovo A7700 dibekali baterai dengan kapasitas yang lumayan di kelasnya, yakni 2900 mAh.

Sudah sangat mencukupi untuk pemakaian normal dari pagi hingga sore atau malam hari. Sedangkan untuk menonton film, kami mencoba memutar video dari kondisi baterai penuh hingga habis. Hasilnya, Lenovo A7700 mampu menyala selama sekitar 8 jam.

Tak lupa kami juga melakukan pengujian menggunakan aplikasi PCMark Battery Test. Inilah hasil pengujiannya:

Kesimpulan

Menargetkan kelas low-end, Lenovo A7700 tampil cukup baik sebagai sebuah smartphone yang mengedepankan sektor multimedia. Meski tidak bisa dibilang spesial dibanding pesaingnya di range harga setara, setidaknya ada satu atau dua fitur yang membuat A7700 layak dilirik.

svg%3E

Dijual dengan harga Rp1.799.000, Lenovo A7700 cocok bagi Anda yang mencari smartphone 4G LTE di bawah 2 juta dengan layar lebar dan audio yang lantang.

Yang Canggih:

+ Layar lebar dengan tingkat kecerahan yang baik
+ Audio lantang dengan Wave MaxxAudio
+ Ringan, build quality bagus
+ Daya tahan baterai cukup baik di kelasnya
+ Shake lock screen memudahkan mengunci layar

Yang Kurang:

– SoC kurang bertenaga
– Kamera selfie alakadarnya

[table]Spesifikasi;Lenovo A7700
SoC;MediaTek MT6735P quad-core 1.4 GHz
Layar;IPS 5.5 inci (720p)
RAM;2 GB
Memori Internal;16 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 8 megapixel (autofocus dan dual-tone LED flash) / Depan 2 megapixel
Baterai;2900 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth, A-GPS, WiFi b/g/n, microUSB
OS;Android 6.0 Marshmallow
Dimensi;152 mm x 76.2 mm x 8.5 mm (155 gram)
[/table]

svg%3E
Lenovo A7700
Smartphone harga terjangkau dengan fitur oke
Opsi yang layak dilirik untuk yang mencari smartphone di bawah 2 juta dengan layar lebar dan speaker kencang
3.4
Harga dan spesifikasi kompetitif
Cek Harga
Verified by MonsterInsights