[MWC 2017] Oppo Perkenalkan Teknologi 5X Dual-Camera Zoom untuk Smartphone

oppo mwc 2017

Fitur kamera yang menjadi salah satu pertimbangan utama konsumen saat membeli smartphone telah diprioritaskan Oppo sejak beberapa tahun silam. Jika tahun lalu mereka menggebrak dengan beberapa produk yang mengusung tagline “Selfie Expert”, maka kini Oppo telah menyiapkan teknologi fotografi ponsel terbarunya di MWC 2017.

oppo 5x launch mwc 2017 4

2 kamera, 5x zoom

Dijuluki 5X Dual-Camera Zoom, teknologi ini mampu memperbesar gambar hingga 5x dengan metode kamera ganda. Sejauh ini, ponsel kelas atas seperti iPhone 7 Plus hadir dengan dua kamera yang hanya terbatas memiliki zoom 2x saja.

oppo 5x launch mwc 2017 1

ASUS vivobook s14 flip 728

Fitur kamera baru Oppo ini nantinya juga akan dilengkapi Optical Image Stabilization (OIS) pada lensa telephoto atau lensa jangkauan panjangnya. Alasan Oppo, lensa telephoto lebih membutuhkan OIS untuk memastikan hasil foto tetap tajam dan stabil pada setting zoom 5x.

Terinspirasi periskop kapal selam
Teknologi ‘5x Dual-Camera Zoom’ ini mengambil inspirasi dari periskop kapal selam. Nantinya fitur kamera ganda terbaru ini akan dilengkapi lensa lebar (wide-angle) dan lensa telephoto, sementara kerangka lensa telephoto menggunakan struktur periskop secara inovatif.

oppo 5x launch mwc 2017 2

Dengan menggeser sudut lensa telephoto hingga 90 derajat, lensa akan mendapatkan ruang yang diperlukan untuk kemampuan zoom secara mendalam. Prisma berstruktur periskop tersebut akan mengarahkan jalur cahaya yang masuk pada kamera melalui sudut 90 derajat, dan meneruskan gambar melalui lensa telephoto ketika pengguna memperbesar subyek atau obyek foto.

oppo periscope 5x dual zoom camera

Oppo belum mengumumkan ponsel apa yang akan menggunakan teknologi ini, tapi sepertinya hal itu akan segera diumumkan.