Tips Mudah Memotret Street Photography Hitam Putih dengan Huawei P9

Di genre Street Photography memotret dengan warna hitam putih adalah hal yang lumrah. Kesederhanaan foto hitam putih yang tanpa warna dan esensi dari fotografi jalanan yang mendokumentasikan potret kehidupan sehari-hari masyarakat di jalanan menjadi paduan yang sempurna untuk membuat sebuah foto agar terlihat lebih bercerita.

IMG_20161217_054728

Memotret hitam putih untuk fotografi jalanan sebenarnya tidak sulit. Bahkan, dengan kecanggihan teknologi smartphone seperti Huawei P9 foto hitam putih yang sempurna untuk fotografi jalanan bisa dihasilkan dengan sangat mudah. Mengemas teknologi kamera ganda dengan dua sensor gambar yang salah satunya adalah sensor hitam putih, memungkinkan P9 menghasilkan foto hitam putih yang amat baik di atas rata-rata smartphone kebanyakan.

svg%3E

Untuk memulai street photography dengan hasil foto hitam putih yang lebih maksimal dengan Huawei P9 Anda bisa menerapkan beberapa tips mudah berikut ini:

1. Percaya diri dan bersikap ramah
Masalah utama saat memotret fotografi jalanan adalah Anda pasti akan berpikir apakah subyek akan marah atau tidak saat dipotret. Untuk itulah cara paling aman dan paling sering dilakukan adalah memotret candid secara diam-diam. Apakah cara ini salah? Tentu saja tidak. Apalagi, smartphone tidak seperti kamera digital yang lebih mencolok dan mudah menarik perhatian orang.

IMG_20161217_055834

Untuk itulah saat memulai terjun di genre street photography Anda wajib merasa percaya diri terlebih dahulu di tengah keramaian orang dan memahami kondisi di sekitar.

Rasa percaya diri sangat diperlukan. Jika di skenario saat memotret diam-diam subyek menyadarinya dan melihat ke arah Anda, bersikaplah tenang dan jangan panik. Lemparlah senyuman dan bersikap ramah ke subyek. Jika subyek bertanya jawablah dengan jujur mengapa Anda memotretnya.

2. Dekati subyek
Memotret dengan smartphone tidak seperti menggunakan kamera digital. Kemampuan zoom lensa pada smartphone yang terbatas menjadikan Anda tidak akan leluasa membidik subyek dari jarak jauh secara candid.

Solusinya ada 2 cara yang bisa dilakukan. Pertama, potretlah tanpa menggunakan zoom. Jika ingin mendapatkan hasil foto yang lebih dekat ke subyek, Anda bisa melakukan crop saat menyunting foto tersebut.

IMG_20161217_054318

crop
IMG_20161217_054318 crop

Cara lain yang bisa dilakukan adalah bertanya dan meminta izin kepada subyek sebelum memotret. Huawei P9 dengan kamera gandanya akan sangat mudah menarik rasa penasaran subyek dan bisa menjadi pembuka obrolan agar subyek bisa merasa nyaman. Walau akan mengurangi elemen candid dari foto yang dihasilkan, namun ini bisa menjadi solusi terbaik untuk menghasilkan sebuah foto portrait.

svg%3E

IMG_20161217_061354

3. Gunakan mode Auto
Kami tetap menyarankan memilih pengaturan auto dengan Huawei P9. Tentunya ini berarti mode Auto dari Huawei P9 di mode monokrom atau hitam putihnya dapat diandalkan. Dari pengujian kami, kamera P9 tetap dapat maksimal di dalam dan luar ruangan.

Untuk memotret di kondisi cahaya yang minim juga tidak menjadi masalah. Kemampuan sensor hitam putihnya mengendalikan noise pun patut diacungi jempol. Foto hitam putih yang kami ambil seperti di bawah ini misalnya diambil di kondisi ruangan yang gelap dengan tata cahaya yang hanya berasal dari panggung.

IMG_20161123_062856

4. Tunggu momen yang tepat
IMG_20161123_073449

Momen menjadi salah satu elemen utama di street photography. Menunggu momen yang tepat akan menjadikan foto Anda terlihat lebih menarik dan memiliki makna. Ada banyak faktor yang mempengaruhi momen ini. Selain aktivitas subyek, bermain-main dengan ekspresi serta pencahayaan di sekitar subyek bisa menambah elemen cerita dari foto tersebut.

Dengan Huawei P9, Anda pun tidak perlu cemas kehilangan momen. Kinerja autofocus yang cepat dan hadirnya mode memotret secara manual, ternyata cukup optimal menangkap momen yang ingin diabadikan.

svg%3E

Jika ingin bereksplorasi lebih, memotret dengan mode manual juga boleh dicoba. Di mode manual, Anda bisa mengatur kecepatan rana kamera dan pengaturan ISO menyesuaikan kondisi pemotretan untuk mengejar momen yang diinginkan.

5. Memotret dengan mode RAW dan olah foto
IMG_20161217_061836

Untuk mendapatkan hasil foto hitam putih yang lebih maksimal, memotret dengan hasil RAW juga bisa dilakukkan oleh Huawei P9. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir dengan hasil foto yang dihasilkan kameranya karena format RAW bisa lebih leluasa diolah saat proses penyuntingan.

Aplikasi olah foto untuk smartphone Android juga saat ini sangat mudah dijumpai seperti misalnya Snapseed atau VSCO Cam yang paling banyak digunakan. Walau begitu, Huawei P9 telah menyediakan opsi penyuntingan foto langsung dengan pilihan opsi pengaturan yang cukup komplit.

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Huawei P9, dapat membaca ulasan lengkapnya di tautan berikut.

Verified by MonsterInsights