MataRakyat: Aplikasi untuk Pantau Pilkada DKI 2017

Dalam waktu kurang dari satu bulan lagi, warga Jakarta akan berpartisipasi memberikan hak suaranya untuk memilih gubernur dan wakil gubernur mereka. Pilkada DKI 2017 ini bisa dibilang sangat menarik untuk diikuti dan mampu menyedot perhatian tidak hanya warga Jakarta sendiri, tetapi juga masyarakat Indonesia lainnya.

Ada banyak cara untuk memantau dan mengawal jalannya Pilkada DKI. Bisa melalui televisi, media online, media sosial, dan masih banyak lagi. Yang lebih praktis, lewat aplikasi di smartphone Android dan iOS.

MataRakyat, bisa diunduh gratissvg%3ESalah satu aplikasi yang bisa diunduh gratis adalah MataRakyat. Aplikasi ini didesain untuk melibatkan penggunanya dalam mengawal hasil pemungutan suara selama Pilkada DKI 2017.

Menurut developer MataRakyat, aplikasi mereka diklaim akan menyediakan informasi hasil Pilkada yang cepat, akurat, dan independen. MataRakyat juga dapat mendidik semua masyarakat untuk memanfaatkan teknologi internet dan saling berpartisipasi untuk kepentingan yang positif.

Lalu, partisipasi seperti apa yang bisa dilakukan oleh pengguna aplikasi MataRakyat? Dengan aplikasi ini, setiap pengguna melalui smartphone mereka dapat mengumpulkan data dari masing-masing TPS dan mengirimkan informasi tersebut kepada semua pengguna lainnya.

svg%3E

User interface yang sederhana

MataRakyat adalah aplikasi garapan Intouch Innovate Indonesia yang bekerja sama dengan Metro TV selaku media partner. User interface-nya dibuat sederhana agar mudah dipahami oleh semua orang.

Pengguna bisa melakukan login dengan memanfaatkan akun Facebook atau Google+. Di halaman terdepan, MataRakyat menyajikan countdown atau hitung mundur menuju jadwal pelaksaan Pilkada DKI.

Pada halaman yang sama, ditampilkan pula Real Quick Count yang dapat ditelusuri berdasarkan kota, kecamatan, keluarahan, maupun TPS. Pengguna bisa dengan mudah mendaftarkan diri sebagai eSaksi setelah membaca syarat dan ketentuan serta mengisi data diri berupa nama sesuai KTP, NIK, dan nomor handphone.

Serunya lagi, pengguna MataRakyat bisa mengajak temannya yang lain di Facebook atau platform lainnya untuk ikut berpartisipasi. Bagaimana? Tertarik untuk ikut memantau dan membagikan informasi perhitungan suara di Pilkada DKI 2017? Langsung saja download MataRakyat di Google Play Store. Versi iOS-nya saat ini belum tersedia di App Store namun dijanjikan akan meluncur dalam waktu dekat.